Godtfred Kirk Christiansen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Godtfred Kirk Christiansen
Pemimpin kedua dari LEGO Group
Masa jabatan
11 Maret 1958 (umur 37) – 13 Juni 1995 (umur 74)
Didahului oleh Ole Kirk Christiansen
Digantikan oleh Kjeld Kirk Kristiansen
Informasi pribadi
Lahir 08 Juli 1919
Meninggal 13 Juni 1995 (umur 74)
Kebangsaan Danish
Suami/istri istri:Edith Kirk Christiansen
Relasi Ayah:Ole Kirk Christiansen
Ibu:Kirstine Sørensen
Adik:Johannes Christiansen
Adik:Karl Georg Kirk Christiansen
Adik:Gerhardt Kirk Christiansen
Kakak: Ulla Skov
Anak Pertama:Gunhild Kirk Johansen
Kedua:Kjeld Kirk Kristiansen
Ketiga:Hanne Christiansen
Pekerjaan Pengusaha/Pebisnis

Godtfred Kirk Christiansen (lahir 8 Juli 1919 – meninggal 13 Juli 1995 pada umur 76 tahun) adalah anak ketiga dari Ole Kirk Christiansen, pendiri The Lego Group.

Ia menikah dengan Edith Kirk Christiansen. Godtfred dan Edith memiliki 3 anak, Gunhild Kirk Johansen, Kjeld Kirk Kristiansen, dan Hanne Christiansen. Desain gambar dari kotak mainan Lego tahun 1950 menampilkan tiga anak mereka bermain dengan lego.

Pada tahun 1950, ia menjadi Wakil Presiden Junior perusahaan pada ulang tahun perusahaan yang ke-31. Dari surat yang ditulis tangan dan ditandatangani oleh seluruh keluarga:

"Semoga semua harapan terwujud pada hari besar ini. Kami ingin Anda tahu bahwa kita menghargai dan berterima kasih atas apa yang telah Anda lakukan bagi perusahaan sejauh ini. Yakinlah bahwa Anda akan terus melakukan yang terbaik untuk kepentingan nama LEGO, kami dengan ini menunjuk hari ini, Sabtu, 8 Juli 1950, direktur pengelolaan junior A/S LEGO dan A/S Kirk Christiansen."

Setelah dipilih sebagai Direktur Pengelolaan Junior dari tahun 1950, ia naik menjadi Direktur Pengelolaan pada tahun 1956. Ketika ayahnya meninggal, ia menjadi presiden dewan direktur, dan pada tahun 1960 ia membawa ketiga saudaranya menjadi pemilik tunggal LEGO Group.

Pada bulan Oktober 1969 Hanne dan Kjeld dalam perjalanan pulang dari sebuah film di kota tetangga Give. Mobil mereka tergelincir dari jalan dan menabrak pohon. Hanne tewas dan Kjeld terluka parah. Tragedi itu begitu mengguncang Godtfred hingga ia mempertimbangkan untuk menjual perusahaan. Putranya, Kjeld Kirk Kristiansen, menjadi presiden dan CEO dari LEGO Group pada tahun 1979.

Referensi[sunting | sunting sumber]