Godfrey Harold Hardy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

G. H. Hardy
Lahir(1877-02-07)7 Februari 1877
Cranleigh, Surrey, Inggris
Meninggal1 Desember 1947(1947-12-01) (umur 70)
Cambridge, Cambridgeshire, Inggris
Kebangsaan Britania Raya
AlmamaterUniversity of Cambridge
Karier ilmiah
BidangMatematika
InstitusiTrinity College, Cambridge
Pembimbing doktoralA. E. H. Love
E. T. Whittaker
Mahasiswa doktoralCartwright · Chapman · Good · Morley · Offord · Pitt · Rado · Rankin · Spencer · Titchmarsh · Vijayaraghavan · Wright
TerinspirasiCamille Jordan

Godfrey Harold “G. H.” Hardy FRS (7 Februari 1877 – 1 Desember 1947)[1] adalah matematikawan Inggris terkemuka, dikenal karena pencapaiannya dalam teori bilangan dan analisis matematika.

Dia biasanya dikenal di luar bidang matematika karena esainya yang ditulis pada tahun 1940 tentang estetika matematika, A Mathematician's Apology, yang sering dianggap sebagai salah satu pandangan terbaik ke dalam pikiran seorang matematikawan profesional, yang ditulis untuk orang awam.

Sejak 1914 dia merupakan mentor matematikawan India, Srinivasa Ramanujan. Hubungan mereka kemudian menjadi terkenal. Hardy hampir seketika mengenali kecemerlangan luar biasa tanpa bimbingan Ramanujan, dan mereka kemudian menjadi kolaborator erat. Dalam wawancara oleh Paul Erdős, ketika Hardy ditanyakan apa kontribusi terbesarnya terhadap matematika, Hardy tanpa ragu-ragu menjawab "penemuan Ramanujan". Dia menyebut kolaborasi mereka sebagai "satu kejadian romantis dalam hidup saya."

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GRO Register of Deaths: DEC 1947 4a 204 Cambridge – Godfrey H. Hardy, aged 70