Goalkeeper CIWS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Goalkeeper CIWS

Goalkeeper CIWS di atas Kapal induk kelas Invincible Britania Raya
Jenis Close-in weapon system
Negara asal  Belanda
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 1980–sekarang
Digunakan oleh Lihat Pengguna
Sejarah produksi
Tahun 1975
Produsen Signaal (sekarang Thales Nederland)
Diproduksi 1979
Spesifikasi
Berat 6.372 kg dengan 1.190 peluru (atas dek)
9.902 kg (total)
Tinggi 3,71 m (atas geladak) 6,2 m (termasuk penetrasi geladak)
Awak Otomatis, dengan pengawasan awak

Selongsong peluru 30×173mm TP, HEI, MPDS, atau FMPDS
Kaliber 30 mm
Lop/Laras 7 laras (putaran parabola RH progresif, 14 alur)
Elevasi +85° hingga −25° pada 80°/dtk
Sudut putar Tak terhingga
Rata² tembakan 70 peluru/detik (4.200 peluru/menit)
Kecepatan peluru 1.109 m/dtk (peluru MPDS)
Jarak efektif 350 m hingga antara 1.500 − 2.000 m (tergantung amunisi)

Senjata
utama
1 x Meriam putar GAU-8/A Avenger 30 mm tujuh laras

Goalkeeper CIWS adalah sistem close-in weapon system (CIWS) buatan Belanda yang diperkenalkan pada tahun 1979. Ini adalah sistem senjata otonom dan benar-benar otomatis untuk pertahanan kapal terhadap rudal jarak pendek, pesawat terbang, dan kapal permukaan yang bermanuver tinggi. Setelah diaktifkan, sistem akan secara otomatis melakukan seluruh proses pertahanan udara seluruh dari pengawasan dan pendeteksi untuk dihancurkan, termasuk pemilihan prioritas target berikutnya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pemilihan target[sunting | sunting sumber]

Goalkeeper CIWS dengan laras yang ditutup

Goalkeeper CIWS memiliki dua sub-sistem radar, satu untuk menemukan ancaman dan satu lagi untuk melacak dan menembak mereka, yang beroperasi secara bersamaan untuk mengidentifikasi dan mengutamakan target dan melibatkan prioritas tertinggi.

Radar pencarian 2D I-band, yang dapat mengunci18 target sekaligus menghasilkan gambar ancaman yang digunakan sistem senjata untuk mengidentifikasi dan memprioritaskan ancaman. Sistem ini memiliki fungsi identifikasi teman atau musuh (IFF).[1] Radar penjaluran beroperasi di I-band dan K-band untuk memungkinkan akuisisi cepat terhadap ancaman. Data dari sinyal balik I-band dan K-band menunjukkan jangkauan target dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menanggapi penggunaan penangkal elektronik (ECM). Sistem dual-band juga mengurangi efek clutter, yang dapat mendeteksi target di ketinggian rendah. Sistem kamera pada rakitan memberikan visual fall-back untuk operator sistem.

Penembakan target[sunting | sunting sumber]

Goalkeeper CIWS menembak di atas HMS Illustrious

Meriam GAU-8/A Avenger 30 mm yang juga digunakan oleh pesawat A-10 Thunderbolt II digunakan oleh sistem tersebut. Patrun 30 × 173 mm memiliki massa proyektil yang lebih besar daripada patrun 20 × 102 mm pada M61 Vulcan yang digunakan Phalanx CIWS, sehingga memberikan daya hancur yang jauh lebih besar dan jangkauan yang lebih tinggi secara signifikan dengan kecepatan peluru yang sama.

Patrun MPDS 30 × 173 mm memiliki selongsong nilon buang (sabot) dengan penetrator tungsten sub-kaliber 21 mm. Sabot nilon menyediakan segel antara penetrator dan laras dan mengurangi keausan.

Radar pelacakan mampu memantau garis tembakan dan memerintahkan penyesuaian kecil.

Rudal supersonik yang rusak ditembak CIWS mungkin masih memiliki momentum yang cukup untuk menghantam kapal. Satu-satunya cara untuk memastikan perlindungan kapal adalah dengan meledakkan hulu ledak rudal atau melenyapkan rudal tersebut.

Masa reaksi sistem terhadap peluru kendali sea-skimming Mach 2 seperti SS-N-22 Sunburn Rusia dari pendeteksi otomatis hingga palumpuhan dilaporkan sekitar 5,5 detik dengan penembakan disinkronsiasi untuk memulai penembakan pada jarak 1.500 m dan diakhiri dengan pelumpuhan pada jarak 300 m.[1]

Sejarah operasional[sunting | sunting sumber]

Kemampuan Goalkeeper CIWS telah berkali-kali terbukti selama uji coba pelayaran. Selama latihan penembakan langsung, berbagai target termasuk rudal Harpoon, Exocet, dan drone target berhasil dihancurkan oleh Goalkeeper. Selama operasi anti-pembajakan di lepas pantai Somalia, sistem tersebut menghancurkan beberapa kapal dan perahu perompak yang dikepung oleh Angkatan Laut Kerajaan Belanda.[2]

Pengguna[sunting | sunting sumber]

Pengguna Goalkeeper CIWS (per 2015)

Pengguna saat ini[sunting | sunting sumber]

Mantan pengguna[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Addr.com". kitsune.addr.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-02-18. Diakses tanggal 2023-02-21. 
  2. ^ "Hr.Ms. Tromp ontwapent piraten". marineschepen.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-21. Diakses tanggal 2023-02-21.