Go.com

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Go.com
Halaman utama Go.com
URLwww.go.com
TipePortal web
Perdagangan ?ya
LangueInggris
PemilikWalt Disney Internet Group
PembuatWalt Disney Internet Group
Service entry9 Januari 1998
NegaraAmerika Serikat
Peringkat Alexa40[1]

Go.com (juga dikenal sebagai The Go Network) adalah portal web yang pertama kali diluncurkan oleh Jeff Gold, dan sekarang dikelola oleh Walt Disney Internet Group yang merupakan bagian dari The Walt Disney Company. Portal ini berisi konten dari ABC News, ESPN, dan FamilyFun.com yang semuanya berafiliasi dengan Disney, dan memakai hosting go.com. Sama kasusnya dengan Pathfinder.com milik Time Warner, Go.com terbukti merupakan kegagalan mahal bagi perusahaan induknya. Pengguna web ternyata lebih suka menggunakan mesin pencari untuk mengakses konten secara langsung, bukan memulainya dari portal perusahaan tingkat atas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Go.com diluncurkan pada tahun 1995 oleh pengusaha Jeff Gold (sekarang presiden dan ketua organisasi nirlaba World Environmental Organization). Awalnya diluncurkan sebagai portal hiburan yang menyediakan salah satu ruang chatting berbasis web yang pertama di Internet. Situs ini berafiliasi dengan hampir 3.000 stasiun radio di seluruh dunia, dan hampir 1 juta orang menjadi anggota go.com, sehingga go.com merupakan jaringan chatting berbasis web terbesar nomor dua pada saat itu. Walt Disney Company mengakuisisi Go.com dari Jeff Gold, dan dikembangkan kembali dengan memakai teknologi Infoseek yang dibuat oleh Steve Kirsch. Infoseek kemudian digabung menjadi Go.com pada pada tahun 1998. Situs ini awalnya dimulai sebagai sebuah mesin pencari, memakai logo lampu lalu lintas berwarna hijau yang khas. Namun pada awal tahun 2000 Go.com terpaksa mengubah logonya, karena adanya pengaduan dari Goto.com.[1] Pengadilan kemudian memutuskan bahwa Go.com harus membayar 21,5 juta Dolar Amerika Serikat untuk ganti rugi kepada Goto.com).[2]

Pada tahun 1998, Disney mengembangkan Go.com di luar konsep portal hiburan seperti waktu diluncurkan oleh Gold. Selain menambah dengan konten buatan sendiri, Disney menggunakan situs ini sebagai hub untuk situs-situs terkait Disney, termasuk ABC.com dan Disney.com. Go.com juga menyediakan layanan hosting untuk situs web perorangan. Pada awal tahun 2000, jumlah pengunjung ke situs go.com jatuh, Disney untuk mengubah orientasi go.com dari portal umum menjadi lebih berfokus pada hiburan.[3]

Hampir semua situs Disney/ABC bermigrasi ke domain Go.com, dan nama Go.com disebutkan pada akhir program di jaringan televisi ABC/Disney. Pada akhir program ESPN, misalnya, kata penutup yang diucapkan adalah "Untuk informasi lebih lanjut kunjungi ESPN.com, bagian dari Go Network", sementara logo Go.com ditampilkan di layar. Pada akhir program ABC News juga dinyatakan bahwa "ABCNews.com sekarang menjadi bagian dari Go Network".

Pada Januari 2001, Disney akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan menutup Go.com berikut mesin pencarinya, memberhentikan sekitar 400 karyawan, serta meniadakan saham tracking stock.[4] Pada kesempatan itu, Disney juga mengumumkan direktori Go.com yang disunting oleh editor sukarela. Dengan penutupan ini, direktori yang dibuat sukarelawan dipindhakan ke direktori lain, termasuk JoeAnt.[2]Goguides.org,[3] dan Skaffe.com.[4]

Status saat ini[sunting | sunting sumber]

Meskipun sudah diumumkan akan ditutup, go.com tidak pernah berhenti beroperasi. Sebaliknya, pada Maret 2001, situs ini menutup mesin pencarinya, dan beralih menggunakan mesin pencari yang disediakan oleh goto.com yang perusahaan induknya, Inktomi dibeli oleh Yahoo!.[5] Go.com terus menggunakan mesin pencari Yahoo untuk melakukan permintaan basis data serta fitur konten dan berita dari situs-situs yang masih satu perusahaan.

Stasiun televisi, televisi kabel, dan situs-situs stasiun televisi yang dimiliki dan dioperasikan ABC (kecuali situs jaringan Disney Channel dan ABC Family) terus memakai peladen yang memakai domain go.com, meskipun alamat yang sederhana tetap digunakan untuk branding dan kemudahan, misalnya: ESPN tetap memakai alamat espn.com Diarsipkan 2022-01-08 di Wayback Machine. namun dialihkan ke espn.go.com Diarsipkan 2013-02-03 di Wayback Machine., situs WABC-TV dialihkan dari 7online.com Diarsipkan 2015-08-02 di Wayback Machine. ke abclocal.go.com/wabc/ Diarsipkan 2007-12-29 di Wayback Machine..

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

^January 28, 2000 - Judge bars Disney from using Go.com logo
^February 3, 2000 - Go Going Elsewhere, Loses Logo Diarsipkan 2004-08-03 di Wayback Machine.
^January 29, 2001 - Disney to Discontinue Go.com Portal Diarsipkan 2008-05-31 di Wayback Machine.
^March 15, 2001 - Go.com Becomes GoTo Diarsipkan 2004-08-03 di Wayback Machine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "go.com - Traffic Details from Alexa". Alexa Internet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-21. Diakses tanggal 2009-10-17. 
  2. ^ "Joeant.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-14. Diakses tanggal 2010-07-03. 
  3. ^ "GoGuides.org". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal 2010-07-03. 
  4. ^ "Skaffe.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-23. Diakses tanggal 2010-07-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]