GNOME

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gnome)
GNOME
GNOME logo
GNOME Shell
TipeLingkungan desktop
Versi pertama3 Maret 1999; 25 tahun lalu (1999-03-03)
Versi stabil
46.0 (20 Maret 2024)
GenreLingkungan desktop
LisensiGPL dan LGPL
Bahasa
Daftar bahasa

lebih dari 50 bahasa[1]

Karakteristik teknis
Sistem operasiMirip Unix dengan X11 atau Wayland
Bahasa pemrogramanC, C++, C#, HyperText markup language, Javascript, Vala (en), Perl dan Python
Antarmuka BibliotecaGTK
Informasi pengembang
PengembangGNOME Project
Informasi tambahan
Situs webgnome.org
Free Software DirectoryGnome
Subredditgnome
Twitter: gnome Mastodon: gnome@floss.social
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela.

GNOME dikembangkan oleh GNOME Project, yang terdiri dari sukarelawan dan kontributor berbayar, perusahaan kontributor terbesar adalah Red Hat. Ini adalah proyek internasional yang bertujuan untuk mengembangkan kerangka kerja perangkat lunak untuk pengembangan perangkat lunak, memprogram aplikasi pengguna akhir berdasarkan kerangka kerja ini, dan untuk mengkoordinasikan upaya internasionalisasi dan lokalisasi dan aksesibilitas perangkat lunak tersebut.

GNOME adalah bagian dari proyek GNU dan dapat digunakan di kebanyakan sistem operasi mirip Unix, kebanyakan Linux dan OpenSolaris desktop.

Nama[sunting | sunting sumber]

Awalnya "GNOME" merupakan akronim dari GNU Network Object Model Environment, sesuai dengan rencana awalnya untuk mendistribuskikan kerangka objek yang mirip dengan Microsoft's OLE;[5] namun akronim ini sudah tidak dipakai[6] karena sudah tidak sesuai dengan visi proyek GNOME.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

GNOME 1, Maret 1999

GNOME dimulai pada Agustus 1997 oleh Miguel de Icaza dan Federico Mena[7] sebagai proyek perangkat lunak bebas untuk mengembangkan lingkungan desktop dan aplikasinya.[8] GNOME dimulai karena KDE, proyek lingkungan desktop (yang juga merupakan perangkat lunak bebas), bergantung pada Qt toolkit yang pada waktu itu memakai lisensi Proprietari.[9] Sebagai ganti dari Qt, GNOME memilih kerangka GTK+. Lisensi GTK+ adalah GNU Lesser General Public License (LGPL), lisensi perangkat lunak bebas yang mengizinkan pemakaian ke lisensi lain seperti lisensi Proprietary.[10] GNOME sendiri dilisensi di bawah LGPL untuk datanya dan Lisensi Publik Umum GNU (GNU GPL) untuk aplikasinya.

Perusahaan perangkat lunak California, Eazel mengembangkan pengatur file Nautilus dari 1999 sampai 2001. De Icaza dan Nat Friedman kemudian menemukan kode helix (selanjutnya disebut Ximian) pada 1999 di Massachusetts. Perusahaan itu mengembangkan infrastruktur dan aplikasi GNOME, dan pada 2003 perusahaan itu dibeli Novell.

GNOME 2.x (rilis GNOME sebelumnya) sangat mirip dengan lingkungan desktop konvensional, menyajikan desktop yang simpel di mana pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual, seperti jendela, ikon, dan file. GNOME 2.x menggunakan Metacity sebagai pengatur jendela standarnya. Pengaturan jendela, aplikasi dan file dalam GNOME 2 mirip dengan kebanyakan sistem operasi desktop. Pada pengaturan standar GNOME 2, desktop memiliki menu peluncur untuk akses cepat ke are program untuk menampilkan program dan lokasi file; jendela terbuka dapat diakses dari taskbar di bawah layar, dan di atas kanan tersedia area notifikasi bagi program yang berjalan di latar belakang. Namun posisi itu dapat diubah pengguna ke mana saja atau diganti dengan fungsi lain atau ditiadakan.

GNOME 2[sunting | sunting sumber]

GNOME 2 sangat mirip dengan antarmuka desktop konvensional, yang menampilkan desktop sederhana tempat pengguna dapat berinteraksi dengan objek virtual, seperti jendela, ikon, dan file. GNOME 2 menggunakan Metacity sebagai window manager default-nya. Penanganan jendela, aplikasi, dan file di GNOME 2 serupa dengan sistem operasi desktop tradisional. Dalam konfigurasi default GNOME 2, desktop memiliki menu peluncur untuk akses cepat ke lokasi program dan arsip yang terinstal; Jendela yang terbuka dapat diakses oleh taskbar di sepanjang bagian bawah layar, dan pojok kanan atas menampilkan area notifikasi untuk menampilkan pemberitahuan saat berjalan di latar belakang. Namun, fitur ini dapat dipindahkan ke hampir semua posisi atau orientasi yang diinginkan pengguna, diganti dengan fungsi lain atau dihapus sama sekali.

GNOME 3[sunting | sunting sumber]

Sebelumnya GNOME menggunakan metafora desktop tradisional, tetapi di GNOME 3 ini diganti dengan GNOME Shell, sebuah metafora yang lebih abstrak dimana beralih antara berbagai tugas dan ruang kerja virtual terjadi di area terpisah yang disebut Overview. Juga, karena Mutter menggantikan Metacity sebagai window manager default, tombol minimize dan maximize tidak lagi muncul pada titlebar secara default. Adwaita menggantikan Clearlooks sebagai tema default. Banyak Aplikasi Core GNOME juga melakukan desain ulang untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Perubahan besar ini pada awalnya menimbulkan kritik luas. Lingkungan desktop MATE Diarsipkan 2021-05-06 di Wayback Machine. bercabang dari basis kode GNOME 2 dengan maksud mempertahankan antarmuka GNOME 2 tradisional sambil tetap kompatibel dengan teknologi Linux modern, seperti GTK+ 3. Tim Linux Mint membahas masalah ini dengan cara lain dengan mengembangkan "GNOME Mint GNOME Shell Extensions "yang berjalan di atas GNOME 3 dan memungkinkannya digunakan melalui metafora desktop tradisional. Hal ini pada akhirnya menyebabkan terciptanya antarmuka pengguna Cinnamon, yang bercabang dari basis kode GNOME 3.

Pada tahun 2005, di milis pengembangan GNOME resmi, Linus Torvalds mendorong pengguna untuk beralih ke KDE 3 daripada menggunakan GNOME. Pada tahun 2009, dia mencoba GNOME lagi namun, yang tidak puas dengan kehilangan produktivitas yang dirasakannya, dia beralih ke Xfce, membuat posting keras lainnya melawan GNOME. Pada tahun 2013, dia kembali ke GNOME 3 yang menyatakan bahwa "semakin tidak menyakitkan" dan "semuanya lebih baik dari setahun yang lalu".

Pada tahun 2015, penerimaan kritis jauh lebih positif. Sebagai contoh, Debian, sebuah distribusi Linux yang secara historis menggunakan GNOME 2, beralih ke Xfce ketika GNOME 3 dirilis namun membuka GNOME 3 pada waktunya untuk merilis Debian 8 "Jessie". [63] [64]

Pada bulan Maret 2017, Proyek GNOME merilis GNOME 3.24, memberikan perbaikan bug dan juga fitur utama baru. [65]

Kontroversi pada Platform yang Didukung[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2011 Lennart Poettering mengusulkan systemd sebagai kerangka utama dalam perilisan GNOME selanjutnya.[11] Systemd hanya tersedia di Linux, pembicaraan selanjutnya mengarah kepada kemungkinan dicabutnya dukungan pada beberapa platform. Usulan itu menuai kritik yang sangat banyak,[12][13] beberapa orang lebih suka GNOME didirikan di atas Kernel Linux.[14]

Diskusi tersebut diakhiri tanpa kesimpulan, tetapi pada peluncuran GNOME 3.2, diumumkan bahwa GNOME 3.4 akan diliris dengan systemd.[15]

Tujuan Proyek GNOME[sunting | sunting sumber]

Menurut website GNOME[16]

Proyek GNOME menyediakan 2 hal: Lingkungan desktop GNOME, desktop yang intuitif dan menarik bagi pengguna, dan platform pengembangan GNOME, sebuah kerangka lanjutan untuk membuat aplikasi yang terintegrasi dengan desktop dan antarmuka ponsel pengguna.

Proyek GNOME berfokus pada kesimpelan, ketersediagunaan, dan membuat segala hal "bekerja". Sasaran lain proyek adalah:

  • Kebebasan - untuk menciptakan lingkungan desktop yang siap menyediakan source code untuk penggunaan ulang lisensi perangkat lunak.
  • Aksesibilitas - untuk memastikan desktop dapat digunakan oleh setiap orang, walaupun memiliki keterbatasan teknis atau fisik.
  • Internasionalisasi dan Lokalisasi - untuk menyediakan desktop dalam berbagai bahasa. Saat ini, GNOME sedang diterjemahkan ke 175 bahasa.[17]
  • Kecocokan Pengembangan - untuk memastikan perangkat lunak yang mudah ditulis dan diintegrasikan dengan desktop, dan menawarkan developer piliham bahasa pemrograman secara bebas.
  • Organisasi - untuk mengeluarkan siklus rilis yang teratur dan menjaga disiplin struktur komunitas.
  • Dukungan - untuk memastikan dukungan dari institusi lain di komunitas GNOME.

Desain[sunting | sunting sumber]

Antarmuka[sunting | sunting sumber]

GNOME 2.6, Maret 2004
GNOME 40 mode overview
GNOME dengan mode Klasik

Sejak GNOME 2, produktivitas menjadi fokus utama GNOME. Untuk tujuan ini, GNOME Human Interface Guidelines (HIG) diciptakan. Semua program GNOME berbagi gaya antarmuka pengguna grafis yang koheren (GUI) namun tidak terbatas pada penggunaan widget GUI yang sama. Sebaliknya, desain GUI GNOME dipandu oleh konsep yang dijelaskan di dalam GNOME HIG, sendiri mengandalkan wawasan dari ergonomi kognitif. Setelah HIG, pengembang dapat membuat program GUI berkualitas tinggi, konsisten, dan dapat digunakan, karena semuanya menangani segala hal mulai dari desain GUI hingga layout widget berbasis pixel yang direkomendasikan.

Sampai perilisan GNOME 3.x, GNOME didesain dengan komputasi desktop tradisional metaphor. Pengguna dapat mengganti penampilan desktop lewat tema, yang biasanya terdiri dari set ikon, manajemen ujung jendela dan generator parameter GTK+. Tema standar sekarang adalah Adwaita. Panduan antarmuka membantu pengembang menciptakan aplikasi yang terlihat dan berinteraksi mirip dengan aplikasi lain, yang menghasilkan pengalaman kohesi GNOME.

GNOME telah berevoliso dari desktop tradisional menjadi sebuah antarmuka di mana penggantian antara tugas dan ruang kerja virtual berbeda dilakukan di area baru yang disebut overview. GNOME yang telah didesain ulang telah menghasilkan perubahan yang signifikan: dirilis sebagai antarmuka baru bagi GNOME, GNOME Shell menggantikan GNOME Panel; Mutter atau Compiz menggantikan Metacity sebagai manajer jendela standar; tombol minimize dan maximize ditiadakan secara standar. Banyak program standar GNOME juga ditiadakan kare pendesainan ulang untuk menyajikan pengalaman pengguna yang konsisten dan tersatukan,

Pada konfigurasi standar GNOME, panel atas desktop memiliki (dari kiri ke kanan) tombol aktivitas, jam, area status sistem dan menu pengguna. Mengklik pada tombol aktivitas atau menggerakkan tetikus pada ujung kiri atas akan membuat desktop ke mode overview. Area status sistem memiliki indikator sistem seperti suara, Bluetooth, Network Manager, status baterai, dan aksesibilitas. Menu pengguna dapat menjadi indikator obrolan, pintasan ke konfigurasi sistem, dan manajer sesi seperti menukar pengguna, log out, mengunci layar, atau suspend komputer. Mode overview (yang diakses dengan menekan tombol aplikasi atau menggerakkan mouse ke pojok kiri atas) menampilkan pilihan jendela, pengganti tempat kerja di kanan, dan pilihan aplikasi (dash) di kiri, tombol jendela, tombol aplikasi, dan bar pencarian. Pemilih jendela menyediakan cara untuk berpindah ke jendela lain; cara mudah untuk menutup beberapa jendela sekaligus dengan mudah; dan memberikan pengguna informasi cepat tentang aktivitas saat ini. Panel aplikasi memberikan cara cepat untuk meluncurkan aplikasi. Pintasan dash memberikan tempat untuk aplikasi favorit dan jendela yang sedang terbuka. Dan juga pada antarmuka standar, ada notifikasi sistem baru. Dalam GNOME 3, notifikasi keluar dari bawah layar, tidak di kanan atas layar seperti pada GNOME 2.x.[18]

Dimulai dengan GNOME 3.8, GNOME menyediakan Mode Klasik untuk mereka yang menyukai pengalaman desktop tradisional (mirip dengan GNOME 2).

Aksesibilitas[sunting | sunting sumber]

Semenjak GNOME 2.0, salah satu fokus GNOME adalah aksesibilitas. Salah satunya dengan membuat GNOME Human Interface Guidelines (HIG). Dengan mengikuti panduan, pengembang dapat membuat program antarmuka grafik yang berkualitas tinggi, konsisten dan aksesibel, seperti yang diusulkan untuk membuat antarmuka grafik pixel-based layout of widget.

Selama revisi GNOME 2.0, banyak konfigurasi yang dinilai tidak bernilai bagi kebanyakan pengguna ditiadakan. Contohnya, panel pada sesi preferensi dikurangkan dari enam dialog menjadi hanya satu dengan 2 tab. Havoc Pennington menjelaskan kerja aksesibilitas dalam essainya pada 2002 "Free Software UI", menekankan ide bahwa semua preferensi memiliki biaya, dan lebih baik untuk merekatkan perangkat lunak ketimbang menambahkan antarmuka pengguna dan untuk itu"

Perangkat lunak tradisional dapat dikonfigurasi sehingga perangkat lunak tersebut memili semua fitur yang dimiliki semua aplikasi yang ekuivalen dalam sejarah platfform yang lain. Atau bahkan dapat dikonfigurasi menjadi bersatu untuk semua aplikasi yang semua orang pernah lihat dalam sejarah (Emacs *uhuk*) Apakah ini menyakitkan semuanya? Ya. Ini menunjukkan bahwa preferensi mempunyai biaya. Tentu saja, beberapa preferensi memiliki keuntungan yang penting - dan antarmuka fitur yang krusial, Tapi semuanya punya biaya, dan anda harus memikirkan bayarannya. Kebanyakan pengguna dan pengembang tidak mengerti ini, dan berakhir dengan biaya yang tinggi dengan keuntungan yang rendah untuk preferensi mereka.

Semenjak perilisan GNOME 3, desktop tradisional metaphor telah ditinggalkan dan digantikan oleh GNOME Shell. Penggantian ini mendapatkan reaksi yang beragam dari komunitas, dan hasilnya belum jelas sampai saat ini. Desktop MATE telah ditonjolkan dari GNOME 2, dan bertujuan untuk menampilkan antarmuka GNOME 2 yang tradisional dan menjaga kompatibilitas dengan GNOME 3.

GNOME berjalan di Wayland dan X Window System. Dukungan Wayland diperkenalkan di GNOME 3.10 dan dianggap "untuk sebagian besar pengguna [...] pengalaman hari ke hari yang dapat diupayakan" pada 3,20 dan memprioritaskan mereka melalui sesi X. GNOME 3.24 akan memperpanjang kompatibilitas Wayland dengan driver NVIDIA.

Versi GNOME tersedia di sebagian besar distribusi Linux baik sebagai lingkungan desktop default atau sebagai opsi yang dapat diinstal dan juga di koleksi port kebanyakan BSD.

Pada bulan Mei 2011, Lennart Poettering mengusulkan sistem sebagai ketergantungan GNOME. Karena systemd hanya tersedia di Linux, proposal tersebut mengarah pada diskusi tentang kemungkinan menjatuhkan dukungan untuk platform lain dalam rilis GNOME di masa depan. Karena dukungan GNOME 3.2 multiseat hanya tersedia pada sistem yang menggunakan sistemd. Pada bulan November 2012, tim peluncur GNOME menyimpulkan bahwa sistem dapat diandalkan untuk fungsionalitas non-dasar.

Adopsi[sunting | sunting sumber]

GNOME tersedia dalam hampir semua distribusi Linux dan BSD dan menjadi lingkungan desktop standar bagi beberapa distribusi Linux (seperti Ubuntu dan Fedora). Juga dipasang di Solaris sebagai bagian dari desktop OpenSolaris (sebelumnya dikenal dengan Java Desktop System) sampai Solaris Express 10/04 dirilis.[20]

GNOME 3 tersedia untuk dipasang melalui sebagian besar distribusi GNU / Linux:

Fedora - Fedora menyediakan GNOME 3 secara bawaan - cukup instal atau coba dulu.Fedora Workstation 25 sekarang tersedia dan mengirimkan GNOME 3.22.

OpenSUSE - GNOME 3 dapat dipilih saat menginstal versi terbaru openSUSE. Versi stabil adalah openSUSE Leap 42.2 dan ini termasuk GNOME 3.20.

Ubuntu GNOME - Ubuntu GNOME adalah varian resmi Ubuntu yang menyediakan pengalaman GNOME 3 yang lengkap. Ubuntu GNOME 17.04 menyertakan GNOME 3.24.

Banyak distro lain yang menyediakan GNOME 3, termasuk Arch Linux (GNOME 3.24), Debian (GNOME 3.14) dan Gentoo (GNOME 3.22).

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

GNOME dikembangkan oleh The GNOME Project dan menyediakan GNOME Desktop Environment, antarmuka pengguna grafis dan satu set aplikasi inti, dan GNOME Development Platform, sebuah kerangka kerja untuk membangun aplikasi yang terintegrasi dengan desktop.

Seperti kebanyakan proyek perangkat lunak bebas lainnya, pengembangan GNOME dikelola secara longgar. Diskusi terutama terjadi pada sejumlah mailing list publik.Pengembang dan pengguna GNOME berkumpul di pertemuan GUADEC tahunan untuk membahas keadaan saat ini dan arah masa depan GNOME. GNOME menggabungkan standar dan program dari freedesktop.org agar bisa beroperasi lebih baik dengan komputer desktop lain.

GNOME terutama ditulis dalam bahasa C, C ++, Vala, Python dan JavaScript.Sejumlah binding bahasa tersedia.

Seperti kebanyakan proyek perangkat lunak bebas, proyek GNOME diatur secara longgar. Diskusi terjadi secara berkala pada beberapa mailing list umum.[21] Pengembang dan pengguna GNOME berkumpul pada pertemuan GUADEC untuk mendiskusikan keadaan proyek dan arah masa depan.

GNOME sering menggabungkan standar dengan freedesktop.org untuk membuat aplikasi GNOME menjadi lebih cocok dengan desktop lain, menambahkan kooperasi dan kompetisi.

Subproject[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan dan perpustakaan utilitas GLib, sistem objek dan tipe GObject dan toolkit widget GTK + terdiri dari bagian utama platform pengembangan GNOME.Yayasan ini diperluas dengan kerangka kerja D-Bus IPC, perpustakaan gambar berbasis vektor 2D Kairo, perpustakaan grafis bergerigi Clutter, perpustakaan rendering teks Pango internasional, API audio tingkat rendah PulseAudio, kerangka multimedia GStreamer, dan beberapa perpustakaan khusus termasuk NetworkManager, PackageKit, Telepathy (instant messaging) dan WebKit.

GNOME memiliki banyak proyek-proyek, berikut adalah proyek major GNOME:

  • GNOME Display Manager (GDM) - yang mengelola sesi pengguna, X dan Wayland.
  • GNOME Shell - antarmuka pengguna GNOME 3.
  • GSettings - sistem penyimpanan konfigurasi. (menggantikan GConf)
  • GVFS - sistem file virtual.
  • GNOME Keyring - bersama Seahorse menjadi tempat penyimpanan kunci enkripsi dan informasi keamanan.
  • GNOME Translation project - bertujuan menerjemahkan dokumen dan aplikasi ke bahasa lain.
  • GTK+ - sebuah kerangka untuk membuat aplikasi grafik. GTK+ adalah kerangka dasar GNOME, sehingga GNOME mendapatkan beberapa keuntungan seperti penggantian tema dan grafik yang teranti-alias. Subproyek dari GTK+ adalah untuk menyediakan object-orientated programming support (GObject), dukungan ekstensif karakter internasional dan susunan text (Pango) dan aksesibilitas (ATK). GTK+ membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk menjalankan GNOME di platform lain seperti Windows dan Mac.
  • Tracker secara otomatis mencari direktori yang ditentukan untuk file dan menyimpan indeksnya untuk memberikan pencarian cepat; Sangat terintegrasi ke dalam GNOME Shell dan GNOME Files
  • Mutter - komposer Wayland dan X Windows Manager
  • Evolution Data Server - bertanggung jawab mengelola surat, kalender, buku alamat, tugas dan informasi memo
  • Meson - menggantikan GNU Build System (autotools) sebagai alat bantu pembuatan otomasi pilihan
  • Human Interface Guidelines(HIG) - riset dan dokumentasi dalam menciptakan aplikasi GNOME yang aksesibel.
  • LibXML - library XML.
  • Manajemen warna Linux, udev, dll.

Lingkungan desktop GNOME tidak hanya terdiri dari library kontrol elemen grafis GTK + dan aplikasi inti yang memanfaatkannya. Ada beberapa paket perangkat lunak tambahan yang membentuk lingkungan desktop GNOME, seperti di atas.

Banyak bahasa pemrogramam tersedia untuk penggembangan, sehingga aplikasi GNOME ditulis dalam bahasa yang beragam, seperti C++ (gtkmm), Java (java-gnome), Ruby (ruby-gnome2), C# (Gtk#), Perl (gtk2-perl), Tcl (Gnocl), dan masih banyak lagi. Bahasa yang sekarang digunakan dalam aplikasi resmi GNOME adalah C, C++, C#, python, dan Vala.[22]

Siklus Rilis[sunting | sunting sumber]

Masing-masing komponen produk perangkat lunak di proyek GNOME memiliki nomor versinya sendiri dan jadwal rilis. Namun, masing-masing pengelola modul mengkoordinasikan usaha mereka untuk membuat rilis stabil GNOME secara keseluruhan pada jadwal sekitar enam bulan, di samping perpustakaannya yang mendasarinya seperti GTK + dan GLib. Beberapa proyek eksperimental dikecualikan dari rilis ini.

Nomor versi GNOME mengikuti skema v.xx.yy. Di sini, v adalah versi utama, yang dapat mencakup perubahan besar seperti kerusakan ABI(Application binary interface/Antarmuka biner aplikasi); Ini tidak memiliki jadwal reguler dan terjadi sebagai respons terhadap persyaratan untuk perubahan skala besar. Xx adalah versi minor, yang dilepaskan pada jadwal di atas kira-kira setiap 6 bulan, di mana angka paritas 1- atau 2 digit menunjukkan jenis pelepasan: jika xx genap (misal 3,20) pelepasannya dianggap stabil, sedangkan jika Xx aneh itu mewakili snapshot pengembangan saat ini (misalnya 3.21) yang pada akhirnya akan berevolusi menjadi rilis stabil berikutnya. Anda menunjukkan rilis titik, misalnya. 3.20.6; Ini dibuat pada frekuensi berminggu-minggu untuk memperbaiki masalah, menambahkan perangkat tambahan tanpa henti, dll.

Perilisan GNOME berupa server FTP utama dalam bentuk source code dengan skrip konfigurasi, yang dikompilasi oleh sistem operasi dan diintegrasikan dengan sistem operasi sebelum didistribusikan. Biasanya sistem operasi hanya memakai versi stabil dan telah dites, dan menyediakannya dalam bentuk siap diinstall. Source code setiap versi stabil GNOME disimpan di GNOME Git source code repository. Pengguna yang berminat selalu dapat memperoleh cuplikan cabang pengembangan _master_ atau cabang / tag lainnya dan membuat versi mutakhir untuk mereka gunakan sendiri.

Sejumlah build-scripts (seperti JHBuild atau sebelumnya GARNOME) tersedia untuk membantu mengotomatisasi proses penyusunan kode sumber.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi Inti[sunting | sunting sumber]

Ada sejumlah besar program berbasis GTK + - dan Clutter yang ditulis oleh berbagai penulis. Sejak diluncurkannya GNOME 3.0, Proyek GNOME berkonsentrasi untuk mengembangkan seperangkat program yang menyumbang Aplikasi Inti GNOME.Kesamaan dari Aplikasi Inti GNOME adalah kepatuhan terhadap pedoman GNOME HUD saat ini dan juga integrasi yang ketat dengan lapisan GNOME yang mendasari seperti GVfs dan juga satu sama lain misalnya Setelan GOA (gnome-online-accounts) dan GNOME Files dengan Google Drive dan GNOME Photos dengan Google Photos. Beberapa program hanya mengganti nama program yang ada dengan antarmuka pengguna yang diubah, sementara yang lain telah ditulis dari awal.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Game GNOME memiliki tampilan dan nuansa Aplikasi Core GNOME dan dirilis bersamaan dengan GNOME. Semua telah ditulis ulang sesuai dengan Pedoman Antarmuka GNOME saat ini.

Alat pengembangan[sunting | sunting sumber]

Perangkat lunak telah ditulis untuk menyediakan alat pengembangan yang sesuai dengan desktop GNOME dan untuk memfasilitasi pengembangan perangkat lunak GNOME:

GNOME Builder adalah lingkungan pengembangan terpadu yang baru, Anjuta adalah yang lebih tua. Glade Interface Designer adalah perangkat lunak untuk membangun antarmuka grafis dengan menggunakan elemen kontrol grafis di GTK +. Devhelp adalah browser API, Accerciser sebagai penjelajah aksesibilitas, dan ada beberapa alat debugging, termasuk Nemiver, GtkInspector dan Alleyoop, juga telah disediakan untuk memfasilitasi pengembangan perangkat lunak GNOME.

Pilihan integrasi untuk alat pengembangan pihak ketiga (misalnya NoFlo) juga ada.

Sejarah Perilisan[sunting | sunting sumber]

Versi Tanggal Informasi
Agustus 1997 Pengembangan GNOME diumumkan[23]
1.0 Maret 1999 Perilisan GNOME pertama[24]
1.2 Mei 2000 "Bongo"[25]
1.4 April 2001 "Tranquility"[26]
GNOME 2
2.0 Juni 2002 Peningkatan berdasarkan GTK2. Perkenalan Human Interface Guidelines.[27]
2.2 Februari 2003 Peningkatan multimedia dan file manager.[28]
2.4 September 2003 "Temujin": Epiphany, dukungan aksesibilitas.[29]
2.6 Maret 2004 Nautilus berubah menjadi spatial file manager, dan GTK+ file dialog yang baru diperkenalkan. Distro GNOME yang berumur pendek, GoneME, diciptakan sebagai respon dari perilisan.[30]
2.8 September 2004 Peningkatan dukungan removable media, penambahan Evolution.[31]
2.10 Maret 2005 Kebutuhan memori yang lebih rendah dan peningkatan performa. Penambahan panel (modem control, drive mounter and trashcan); dan aplikasi Totem dan Sound Juicer.[32]
2.12 September 2005 Peningkatan Nautilus. Penambahan: Evince pembuka PDF; tema standar baru: Clearlooks; editor menu; manajer kunci dan peralaatan admin. Berdasarkan GTK+ 2.8.[33]
2.14 Maret 2006 Peningkatan performa (samapai 100% pada beberapa kasus); peningkatan aksesibilitas; GStreamer 0.10 multimedia framework. penambahan: Ekiga video conferencing aplikasi; Deskbar search tool; Pessulus lockdown editor; Fast user switching; Sabayon system administration tool.[34]
2.16 September 2006 Peningkatan performa. Penambahan: Tomboy aplikasi catatan; Baobab penganalisis disk; Orca pembaca layar; GNOME Power Manager (menambah daya tahan baterai); peningkatan pada Totem, Nautilus; compositing dukungan untuk Metacity; Tema ikon baru berdasarkan GTK+ 2.10.[35]
2.18 Maret 2007 Peningkatan performa. Penambahan: Seahorse GPG aplikasi sekuriti, pengenkripsi e-mail dan file; Baobab disk usage analyser ditingkatkan; Orca screen reader; peningkatan pada Evince, Epiphany and GNOME Power Manager, Volume control; dua game baru, GNOME Sudoku dan glchess. MP3 dan AAC audio encoding.[36]
2.20 September 2007 Rilis 10 tahun. Penambahan fungsi backup Evolution; peningkatan pada Epiphany, EOG, GNOME Power Manager; password keyring manajemen di Seahorse. Penambahan: pengeditan PDF di Evince;installer multimedia otomatis.[37]
2.22 March 2008 Penambahan Cheese, program untuk mengambil foto dari webcam dan Remote Desktop Viewer; dukungan jendela komposit Metacity; pengenalan of GVFS; dukungan tambahan untuk DVDs dan YouTube, MythTVdukungan pada Totem; (software)|Evolution]]; peningkatan pada Evince, Tomboy, Sound Juicer and Calculator.[38]
2.24 September 2008 Penambahan Empathy instant messenger, Ekiga 3.0, menjelajah bertab Nautilus,dukungan untuk layar multiple.[39]
2.26 March 2009 Program disc burning baru Brasero, file sharing simpel, peningkatan media player, dukungan untuk multiple monitors dan fingerprint reader.[40]
2.28 September 2009 Penambahan modul Bluetooth. Peningkatan pada Epiphany web browser, Empathy instant messenger, Time Tracker, dan accessibility. Peningkatan ke GTK+ version 2.18.[41]
2.30 March 2010 Peningkatan pada Nautilus file manager, Empathy IM client, Tomboy, Evince, Time Tracker, Epiphany, dan Vinagre. Menggunakan GTK+ 2.20.[42]
2.32 September 2010 Penambahan Rygel dan GNOME Color Manager. Peningkatan pada Empathy IM client, Evince, Nautilus file manager .[43]
GNOME 3
3.0 April 2011 Pengenalan GNOME Shell. Kerangka yang didesain dengan lebih simpel dan terfokus. Tema baru. Adopsi GTK 3.0. Pencabutan APIs.[44]
3.2 September 2011 Dukungan Online Accounts, Web Applications, Contacts manager, Documents and Files manager. Peningkatan Integrasi. Peningkatan tampilan dan performa.[45]
3.4 Maret 2012 Perubahan tampilan aplikasi GNOME 3. Documents, Epiphany (sekarang disebut Web), dan GNOME Contacts. Mencari dokumen dari ikhtisar kegiatan. Dukungan menu aplikasi Komponen antarmuka yang disegarkan: Pemilih warna baru, scrollbar yang didesain ulang, lebih mudah menggunakan tombol spin, dan bar judul yang dapat disembunyikan. Dukungan bergulir halus. Latar belakang animasi baru Pengaturan sistem yang ditingkatkan dengan panel Wacom baru. Pengelolaan ekstensi yang lebih mudah. Dukungan hardware yang lebih baik. Dokumentasi berorientasi topik Panggilan video dan dukungan Live Messenger di Empathy. Aksesibilitas yang lebih baik: Peningkatan integrasi Orca, mode kontras tinggi yang lebih baik, dan pengaturan zoom baru. Ditambah banyak perangkat tambahan aplikasi dan detail lebih kecil.[46]
3.6 September 2012 Komponen Inti yang disegarkan: Tombol aplikasi baru dan tata letak yang disempurnakan dalam Ikhtisar Kegiatan. Layar masuk dan kunci baru. Ikon Trey Pesan yang didesain ulang Pemberitahuan sekarang lebih cerdas, lebih terlihat, lebih mudah dihentikan. Antarmuka dan pengaturan yang ditingkatkan untuk Pengaturan Sistem. Menu pengguna sekarang menampilkan Power Off secara default. Metode Masukan Terpadu. Aksesibilitas selalu menyala. Aplikasi baru: Boxes, yang diperkenalkan sebagai versi preview di GNOME 3.4, dan Clocks, sebuah aplikasi untuk mengatur waktu. Perubahan tampilan Disk Usage Analyzer, Empathy dan Font Viewer. Peningkatan dukungan braille di Orca. Di Web, halaman awal yang kosong sebelumnya digantikan oleh kotak yang menampung halaman Anda yang paling banyak dikunjungi, ditambah mode layar penuh dan WebKit2 beta yang lebih baik. Evolution membuat email menggunakan WebKit. Perbaikan besar pada Disk. Aplikasi yang diubah File (juga dikenal sebagai Nautilus), dengan fitur baru seperti file dan pencarian Terbaru.[47]
3.8 Maret 2013 Komponen inti yang disegarkan: Tampilan aplikasi baru dengan aplikasi yang sering digunakan dan semua aplikasi. Tata letak jendela yang dirombak. Metode input baru switcher OSD. Ikon tray Pemberitahuan & Pesan sekarang bereaksi terhadap gaya penekan yang ditekan pada tepi layar. Ditambahkan mode Classic bagi mereka yang lebih memilih pengalaman desktop yang lebih tradisional. Aplikasi GNOME Settings dilengkapi dengan desain toolbar yang diperbarui. Asisten Setup Awal yang baru. Akun Online GNOME terintegrasi dengan lebih banyak layanan. Web telah diupgrade untuk menggunakan mesin WebKit2. Web memiliki mode penjelajahan pribadi yang baru. Dokumen telah mendapatkan mode halaman ganda baru & integrasi Google Documents. Peningkatan antarmuka pengguna Kontak. File GNOME, GNOME Boxes dan GNOME Disks telah menerima sejumlah perbaikan. Integrasi ownCloud. Aplikasi GNOME Core Baru: GNOME Clocks dan GNOME Weather.[48]
3.10 September 2013 Area status sistem dikerjakan ulang, yang memberikan gambaran sistem yang lebih fokus. Kumpulan aplikasi baru, termasuk GNOME Maps, GNOME Notes, GNOME Music dan GNOME Photos. Fitur geolokasi baru, seperti zona waktu otomatis dan jam dunia. Dukungan HiDPI dan dukungan smart card. Aktivasi D-Bus dimungkinkan dengan GLib 2,38.[49]
3.12 Maret 2014 Peningkatan navigasi keyboard dan pemilihan jendela di Ikhtisar. Mengubah utilitas set-up pertama berdasarkan uji kegunaan. Jaringan kabel ditambahkan kembali ke area status sistem. Folder aplikasi yang dapat disesuaikan dalam tampilan Aplikasi. Pengenalan widget GTK + baru seperti popovers di banyak aplikasi. Gaya tab baru di GTK +. GNOME Videos, GNOME Terminal dan gedit diberi tampilan segar, lebih konsisten dengan HIG. Penyedia pencarian emulator terminal disertakan dalam GNOME Shell. Perbaikan Perangkat Lunak GNOME dan dukungan tampilan dengan kerapatan tinggi. Aplikasi perekam suara yang baru. API notifikasi desktop baru, kemajuan memporting Wayland telah mencapai keadaan yang dapat digunakan dan dapat dipratinjau secara opsional.[50]
3.14 September 2014 Animasi lingkungan desktop yang ditingkatkan. Dukungan touchscreen yang disempurnakan. Perangkat Lunak GNOME mendukung pengelolaan add-on yang diinstal. GNOME Photos menambahkan dukungan untuk Google. Mendesain ulang UI untuk Evince, Sudoku, Mines and Weather. Hitori ditambahkan sebagai bagian dari GNOME Games.[51]
3.16 Maret 2015 Perubahan utama meliputi skema warna UI yang beralih dari hitam ke arang. Overlay scrollbars ditambahkan. Perbaikan pemberitahuan termasuk integrasi dengan applet Kalender. Tweak ke berbagai aplikasi termasuk Files, Image Viewer, dan Maps. Akses ke Pratinjau Apps. Terus memporting dari X11 ke Wayland.[52]
3.18 September 2015 Perubahan utama mencakup integrasi Google Drive di Files. Pembaruan firmware melalui Software. Kecerahan layar otomatis. Gerakan touchpad. Beberapa aplikasi baru: GNOME Calendar dan GNOME Character Map. Perbaikan signifikan pada Files, Boxes dan Polari. Perubahan dan perbaikan bug yang lebih kecil.[53]
3.20 Maret 2016 Perbaikan yang signifikan terhadap banyak aplikasi inti, seperti upgrade dan ulasan sistem di Perangkat Lunak, pengeditan foto sederhana di Foto dan pencarian yang lebih baik di File. Perbaikan platform mencakup jendela bantuan pintas yang tersedia di banyak aplikasi, font halus, dan kontrol yang lebih baik terhadap layanan lokasi.[54]
3.22 September 2016 Wayland sekarang default. Dukungan Flatpak Komprehensif. GNOME Software dapat menginstal dan memperbarui Flatpaks, GNOME Builder dapat membuatnya, dan desktop menyediakan penerapan portal untuk mengaktifkan aplikasi sandboxed. Perbaikan aplikasi GNOME Core mencakup dukungan untuk penggantian nama batch di File, mendukung berbagi di GNOME Photos, tampilan terbaru untuk GNOME Software, panel pengaturan keyboard yang didesain ulang, dan banyak lagi.[55]
3.24 Maret 2017 GNOME 3.24 dirilis pada Kamis, 23 Maret 2017, merupakan versi terbaru dalam siklus rilis Gnome setelah 6 bulan pengembangan. Di versi ini membawa banyak perubahan dan fitur baru, serta perbaikan-perbaikan kecil. Secara total membawa 28459 perbaikan yang dibuat oleh 723 orang kontributor. Portland dipilih sebagai nama versi ini sebagai pengakuan atas LAS Gnome Summit 2016 di Portland, Oregon.

Perubahan terbesar pada rilis Gnome 3.24 adalah membawa fitur Night Light, yaitu fitur untuk merudupkan layar pada saat-saat tertentu, perubahan lainnya adalah membawa aplikasi baru, yaitu Gnome Recipes, aplikasi yang berisi kumpulan resep masakan, ditulis oleh anggota komunitas GNOME. Juga membawa perubahan pada aplikasi Epiphany (Web), Polari, Calendar, Games, Gnome Software, Nautilus (Files), Calculator, Logs, Maps. Serta pembaruan tampilan Settings Users, Printers, dan Online Accounts, pembaruan notifikasi, dan pembaruan ikon, dan masih banyak lagi. Ada juga peningkatan dukungan Flatpak dan perangkat tablet grafis Wacom.[56]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GNOME 3.2 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-23. Diakses tanggal 2011-12-09. 
  2. ^ Catanzaro, Michael (29 Januari 2021). "GNOME 3.38.3 released!". https://mail.gnome.org/archives/desktop-devel-list/2021-January/msg00033.html. Diakses pada 11 Februari 2021. 
  3. ^ Petridis, Jordan (26 Januari 2021). "GNOME 40.alpha Released". https://mail.gnome.org/archives/desktop-devel-list/2021-January/msg00032.html. Diakses pada 11 Februari 2021. 
  4. ^ Owen Taylor. "Implementing the next GNOME shell « fishsoup". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-26. Diakses tanggal 2011-12-09. 
  5. ^ Pennington, Havoc (1999), "What is Gnome?", GTK+ / Gnome Application Development, diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-24, diakses tanggal 2011-12-23 
  6. ^ "Re: GNOME -> Gnome". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-06. Diakses tanggal 2011-12-10. 
  7. ^ "About Us | GNOME". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-16. Diakses tanggal 2011-12-09. 
  8. ^ "The GNOME Desktop project (fwd)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal 2011-12-10. 
  9. ^ Stallman, Richard (2000-09-05), Stallman on Qt, the GPL, KDE, and GNOME, diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-19, diakses tanggal 2005-09-09 
  10. ^ "Why you shouldn't use the Lesser GPL for your next library", Free Software Foundation, diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-03, diakses tanggal 2008-01-20 
  11. ^ Poettering, Lennart (2011-05-18). "systemd as external dependency". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-10. Diakses tanggal 2011-10-05. 
  12. ^ Mouette, Josselin (2011-05-18). "Re: systemd as external dependency". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-22. Diakses tanggal 2011-10-05. 
  13. ^ Neary, Dave (2011-05-18). "Re: systemd as external dependency". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-31. Diakses tanggal 2011-10-05. 
  14. ^ McCann, William Jon (2011-05-18). "Re: systemd as external dependency". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-30. Diakses tanggal 2011-10-05. 
  15. ^ Vitters, Olav; Klapper, André; Day, Allan, "GNOME 3.2 Release Notes", The GNOME Project, diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-23, diakses tanggal 2011-10-05 
  16. ^ "GNOME Quick SWOT Analysis". The GNOME Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-18. Diakses tanggal 2011-06-03. 
  17. ^ "GNOME Languages", The GNOME Project, Canonical Ltd., diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-16, diakses tanggal 2011-12-03 
  18. ^ "GNOME Shell Design", The GNOME Project, diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-11-26, diakses tanggal 2011-12-03 
  19. ^ Pennington, Havoc (2002), Free Software UI, diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-25, diakses tanggal 2011-12-04 
  20. ^ "Desktop Enhancements", Solaris 10 What's New, Sun Microsystems, 2009, diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-03, diakses tanggal 2011-12-04 
  21. ^ "GTK+ and GNOME Mailing Lists", The GNOME Project, diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26, diakses tanggal 2011-12-04 
  22. ^ Newren, Elijah (2006-04-20). "Mono bindings a blessed dependency? [Was: Tomboy in 2.16]". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-13. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  23. ^ de Icaza, Miguel. "The story of the GNOME project". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-23. Diakses tanggal 2011-12-23. 
  24. ^ "GNOME press release for version 1.0". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  25. ^ "GNOME press release for version 1.2". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  26. ^ "GNOME press release for version 1.4". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  27. ^ Waugh, Jeff (2002-06-27). "GNOME 2.0 Desktop and Developer Platform Released!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  28. ^ "GNOME press release for version 2.2". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  29. ^ Waugh, Jeff (2003-09-11). "Announcing the GNOME 2.4.0 Desktop & Developer Platform". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  30. ^ Sobala, Andrew (2004-03-31). "Announcing the GNOME 2.6.0 Desktop & Developer Platform". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  31. ^ "GNOME press release for version 2.8". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  32. ^ "GNOME press release for version 2.10". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-15. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  33. ^ "GNOME 2.12 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-22. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  34. ^ "GNOME 2.14 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-11-02. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  35. ^ Newren, Elijah (2006-09-06). "Celebrating the release of GNOME 2.16!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  36. ^ Newren, Elijah (2007-03-14). "Celebrating the release of GNOME 2.18!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-05. Diakses tanggal 2007-09-20. 
  37. ^ Ryan, Paul (2007-09-19), "GNOME 2.20 officially released", Ars Technica, diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-09-18, diakses tanggal 2007-09-20 
  38. ^ Untz, Vincent (2008-03-12). "Celebrating the release of GNOME 2.22!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-28. Diakses tanggal 2008-03-12. 
  39. ^ Untz, Vincent (2008-09-24). "Celebrating the release of GNOME 2.24!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-28. Diakses tanggal 2008-09-27. 
  40. ^ Untz, Vincent (2009-03-18). "Celebrating the release of GNOME 2.26!". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-28. Diakses tanggal 2009-03-18. 
  41. ^ Holwerda, Thom (2009-09-24). "GNOME 2.28 Released". OSNews. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-06. Diakses tanggal 2009-04-05. 
  42. ^ Holwerda, Thom (2010-03-31). "GNOME 2.30 Released". OSNews. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-06. Diakses tanggal 2010-04-04. 
  43. ^ "GNOME 2.32 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-22. Diakses tanggal October 31, 2010. 
  44. ^ "GNOME 3.0 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-19. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  45. ^ "GNOME 3.2 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-23. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  46. ^ "GNOME 3.4 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-08. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  47. ^ "GNOME 3.6 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-19. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  48. ^ "GNOME 3.8 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-21. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  49. ^ "GNOME 3.10 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-25. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  50. ^ "GNOME 3.12 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-29. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  51. ^ "GNOME 3.14 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-21. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  52. ^ "GNOME 3.16 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-05. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  53. ^ "GNOME 3.18 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-02. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  54. ^ "GNOME 3.20 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-26. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  55. ^ "GNOME 3.22 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-19. Diakses tanggal 25 April 2017. 
  56. ^ "GNOME 3.24 Release Notes". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-11-20. Diakses tanggal 25 April 2017.