Gisulfo II dari Benevento

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sekeping solidus yang dicetak oleh Gisulfo dengan nama Yustinianus II

Gisulfo II (wafat di antara tahun 749 dan 753) merupakan Adipati Benevento ketiga yang terakhir sebelum jatuhnya Kerajaan Lombardia. Ia memerintah dari tahun 743, ketika Raja Liutprando turun tangan dan menyingkirkan Godescalco, sampai kematiannya 10 tahun kemudian.[1]

Gisulfo adalah putra Romualdo II dari Benevento dan Gumperga, putri Aurona, saudari Liutprando. Sebagai kerabat raja, ia didukung oleh kekuasaan kerajaan, namun karena masih terlalu kecil setelah kematian ayahnya, Audelais berhasil menyerap wilayah adipati tersebut. Liutprando menyingkirkan Audelais dan, menempatkan keponakan Gregorio yang lain ke atas tahta, membawa Gisulfo kembali untuk dibesarkan di dalam istana kerajaan di Pavia.

Pada tahun 744, Gisulfo menyumbang sebuah wilayah ke Biara Montecassino yang akan menjadi basis Terra Sancti Benedicti.

Namun Benevento (atau Samnite) tetap setia kepada Gisulfo dan dinasti ayahnya, dan setelah kematian Gregorio, Godescalco menyerap tahta wilayah keadipatian, rakyat bangkit dan membunuhnya, mengijinkan Liutprando menempatkan Gisulfo yang sekarang telah dewasa ke atas tahta. menurut Hartmann [1], Gisulfo mengikuti kebijakan-kebijakan Liutprando dengan setia.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Lexikon gives a date of 741 and places the death of Gregory there, making him succeed, not Godescalc, but Gregory. The length of ten years comes from Hodgkin.
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Godescalco
Adipati Benevento
743–749
Diteruskan oleh:
Liutprando