Girlfriend (lagu Avril Lavigne)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Girlfriend"
Singel oleh Avril Lavigne
dari album The Best Damn Thing
Sisi-B "Alone"
Dirilis 27 Februari 2007 (2007-02-27)
Format CD single, digital download
Direkam 2006
Genre Pop punk, power pop, pop rock
Panjang 3:37 (Album version)
3:25 (Dr. Luke Remix)
Label RCA
Pencipta Avril Lavigne, Lukasz Gottwald; Niatia Kirkland (Dr. Luke Remix only)
Produser Dr. Luke
Kronologi singel Avril Lavigne
"Keep Holding On"
(2006)
"Girlfriend"
(2007)
"When You're Gone"
(2007)
Daftar lagu The Best Damn Thing

Templat:The Best Damn Thing tracks

Sampul alternatif
"Dr. Luke Remix" Cover
Video musik
(Saluran) "Girlfriend" di YouTube

Girlfriend adalah lagu oleh Avril Lavigne, dan merupakan singel utama dari album ketiganya, The Best Damn Thing, yang dirilis pada tahun 2007. Diproduksi oleh Lukasz "Dr. Luke" Gottwald. Girlfriend menjadi singel terbesar baginya di Amerika Serikat, menduduki posisi #1 disana. Di Australia, yang juga berhasil mnduduki posisi #1 untuk enam minggu, dan di Inggris berhasil menduduki posisi ke #2. Versi remix yang dinyanyikan bersama rapper Lil Mama, dirilis pada bulan Juni 2007. Musik video dari lagu ini adalah video yang paling sering dilihat kedua di situs Youtube, lebih dari 80 juta kali per tanggal 17 April 2008.

"Girlfriend (Dr. Luke remix)"[sunting | sunting sumber]

"Girlfriend (Dr. Luke remix)"
Singel oleh Avril Lavigne featuring Lil Mama
dari album The Best Damn Thing Limited Edition and VYP: Voice of the Young People
Dirilis 15 Juni 2007 (Taiwan)
25 Juli 2007 (Amerika Serikat)
Format CD
Direkam 2007
Genre Pop, music rock, rap, R&B, Hip-hop
Panjang 3:25
Pencipta Avril Lavigne, Lukasz "Dr. Luke" Gottwald, Niatia Kirkland
Produser Lukasz "Dr. Luke" Gottwald
Lil Mama singles
"Lip Gloss"
(2007)
"Girlfriend (Dr. Luke Remix)"
(2007)
"G-Slide (Tour Bus)"
(2007)


Gambaran[sunting | sunting sumber]

Lagu ini menceritakan seorang wanita yang merebut pacar seorang wanita lainnya. Avril mengatakan dalam sisi DVD edisi khusus dari The Best Damn Thing bahwa disebuah jembatan saat pendengar mendengar tepukan tangan, terdengar seperti suara seorang anak perempuan.

Lagu "Girlfriend" ada dalam permainan vidio Burnout Dominator di Inggris, Jepang, Spanyol dan China. Lagu ini juga digunakan sebagai lagu tema untuk sebuah acara kartun KAT-TUN di Jepang, dan Avril pernah hadir sebagai bintang tamu dalam sebuah episode acara ini yang disiarkan pada tanggal 2 Mei 2007. Lagu ini juga digunakan dalam acara percobaan live-action film Bratz pada tahun 2007, dan dalam percobaan film I Know Pronounce You and Larry. Avril menampilkan lagu ini secara langsung dalam acara The Tonight Show dengan Jay Leno tanggal 15 Juni 2007.


Perilisan dan Penampilan Dalam Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

"Girlfriend" pertama diputar di satsiun radio Edmonton The Bounce 91.7 sebelum tanggal perilisan resminya. Para penyiar yang memutarnya langsung diamankan beberapa saat setelah siaran. Lagu ini mulai tersedia dan bisa di download di iTunes Store Amerika pada tanggal 23 Februari 2007, tetapi kemudian terjadi kesalahan dan tanggal nya diganti pada satu hari setelahnya. Kemudian bisa di download kembali pada tanggal 27 Februari 2007.

Karena download digital dan penjualannya yang mencapai 122 ribu, lagu ini pertama memasuki tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika pada posisi #5, dan merupakan posisi debut tertingi dalam karier Avril. Selanjutnya, lagu ini menjadi lagu pertama Avril yang menduduki posisi #1 di tangga lagu ini, tanggal 5 Mei 2007. Posisi teringgi Avril sebelumnya di tangga lagu ini adalah "Complicated" pada tahun 2002 yang hanya menduduki posisi #2, dan menduduki posisi top 10 untuk 18 minggu.

Debut "Girlfriend" di tangga lagu ARIA Australia pada posisi #3. Minggu setelahnya lagu ini menduduki posisi #1, dan menduduki posisi ini untuk 6 minggu tak terurut, menyamai lagu Avril sebelumnya yang menduduki posisi ini, "Complicated" pada tahun 2002. Setelah 3 minggu bertahan di tangga lagu, lagu ini mendapat sertifikat gold oleh ARIA, kemudian sertifikat platinum setelah 7 minggu untuk penjualan lebih dari 70 ribu kopi. "Girlfriend" kemudian mendapatkan sertifikat double platinum untuk penjualannya yang mencapai lebih dari 140 ribu kopi. Di tangga lagu Inggris, "Girlfriend" menduduki posisi #2, melebihi posisi lagu Avril tertinggi sebelumnya disana, "Complicated" yang hanya menduduki posisi #3.

Di Amerika Latin, lagu ini menduduki posisi #3. Di Meksiko, lagu ini menjadi lagu dalam bahasa Inggris kedua yang menduduki posisi top 10 pada tahun 2007 ketika lagu ini menanjak naik ke posisi #8, yang kemudian naik lagi ke posisi #2. "Girlfriend" dinominasikan sebagai "Cancion del Ano" atau "Song Of The Year" dalam "Los Promios MTV Latinoamerika 2007" atau "The Latin Amerika MTV Awards". Lagu ini juga dinominasikan sebagai "Monster Single" dalam MTV Video Music Awards 2007. Juga dinominasikan sebagai "Most Addictive Track" untuk MTV Eroupe Music Awards 2007.

"Girlfriend" adalah salah satu dari dua lagu paling sukses pada tahun 2007, lagu keduanya adalah "Umbrella" dari album Good Girl Gone Bad oleh Rihanna, kedua lagu ini memiliki kesamaan dalam kesuksesan posisi tangga lagu, penjualan, dan penghargaan.


Kritik dan Sengketa[sunting | sunting sumber]

Charts[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]