Ginekomastia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seorang pria yang mengalami ginekomastia.

Ginekomastia adalah pembengkakan pada jaringan payudara pada laki-laki atau laki-laki, yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon estrogen dan testosteron. Bayi yang baru lahir, anak laki-laki memasuki masa puber dan orang tua sering mengalami ginekomastia sebagai akibat dari perubahan kadar hormon.

Umumnya, ginekomastia bukan masalah serius, tetapi bisa jadi sulit untuk mengatasi. Laki-laki dan anak laki-laki dengan ginekomastia kadang-kadang mengalami nyeri di dada mereka dan mungkin merasa malu.

Tanda dan gejala ginekomastia meliputi:

  • Jaringan kelenjar payudara bengkak
  • Payudara sakit

Kadang-kadang pembesaran payudara pada pria mungkin mendasari gejala kanker payudara.

Meskipun hal ini jarang terjadi pada laki-laki, ginekomastia perlu cukup bekerja sampai mengecualikan kanker.

Kanker payudara harus dicurigai jika ada benjolan payudara perusahaan atau keras terutama di satu sisi, sakit kulit selama benjolan atau darah dan keluar dari puting.

Ginekomastia sendiri mungkin tidak berbahaya. Pubertal dan remaja anak laki-laki itu mungkin bahkan pergi dengan sendirinya.

Namun, mungkin akan memalukan dan mempengaruhi individu psikologis.

Kadang-kadang beberapa individu dapat memilih terapi untuk mengurangi atau mengobati ginekomastia. Ini termasuk terapi hormon yang memblokir hormon wanita atau operasi pengurangan payudara kosmetik.

Dalam tumbuh anak laki-laki ini dapat membantu mencegah masalah psikologis, meningkatkan self esteem dan mencegah Penggertakan dan lain masalah di sekolah.

Ginekomastia bisa hilang dengan sendirinya. Ginekomastia juga dapat diobati dengan obat yang membantu menyeimbangkan kadar hormon. Dalam beberapa kasus, pembedahan untuk mengangkat jaringan payudara juga dapat menjadi pilihan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]