Gin dan tonik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gin dan tonik

Gin dan tonik (bahasa Inggris: Gin and tonic) adalah salah satu jenis koktail highball yang dibuat dari campuran gin dan air tonik ditambah es batu. Hiasan untuk minuman ini adalah seiris jeruk limau atau lemon.

Takaran gin dan air tonik bisa berbeda-beda sesuai selera, mulai dari segelas gin dengan sedikit air tonik, hingga 1 bagian gin untuk 5 bagian tonik.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Koktail ini diperkenalkan oleh tentara Perusahaan Hindia Timur Britania di India. Air tonik mengandung kina yang bisa mencegah penyakit malaria. Pada abad ke-18, air tonik diminum untuk mencegah malaria. Namun rasanya sangat pahit, sehingga dicampur gin agar lebih bisa diminum. Rasa pahit kina dalam air tonik dan aroma buah juniper dalam gin ternyata saling melengkapi, seperti halnya campuran vermouth dan gin dalam Martini.

Walaupun minum air tonik tidak lagi memiliki manfaat bagi kesehatan seperti dulu, gin dan tonik tetap menjadi koktail yang populer. Air tonik zaman sekarang juga tidak lagi pahit karena hanya mengandung sedikit kina dan kadang-kadang diberi pemanis. Di sejumlah negara juga tersedia minuman gin dan tonik dalam kaleng.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]