Gianfranco Chiarini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tatang
Nama lahir Gianfranco Chiarini
Lahir 08 Januari 1966
Ferrara Italy
Pekerjaan Executive Chef / Culinary Artist
Pasangan Anna Kinga Jarosławska Chiarini


Gianfranco Chiarini (lahir 8 Januari 1966; umur 48 tahun) ia adalah seorang juru masak Italia, tokoh terkemuka dan pengusaha restoran. Chiarini dikenal sebagai salah satu Juru masak Italia yang paling banyak dikenal diseluruh dunia. Kesan dan gaya memasaknya telah dikenal luas dibeberapa benua, terutama di Negara Timur Tengah yang mayoritasnya berbahasa Arab dan Afrika Utara. Ia juga telah dikenal sebagai Juru masak terkenal pertama di eropa barat dan merupakan duta besar masakan baru Italia untuk negara-negara tersebut ; Keterampilan dan reputasinya sebagai peracik masakan terbaru Italia semakin terus berkembang.

Serangkaian kegiatan multi disiplin seorang juru masak di dalam dunia kuliner membuatnya memiliki ciri khas tersendiri, jika dibandingkan dengan juru masak lain yang sebaya dengannya. Beraneka ragam karier didunia kuliner yang telah ia peroleh memungkinkannya untuk bekerja diberbagai bidang mulai dari restoran Michelin, lalu kapal pesiar, hotel mewah, tempat peristirahatan pribadi, pengelola restoran, konsultan juru masak, juru masak di televisi, juru masak kerajaan, peneliti dan pengembang untuk juru masak di banyak perusahaan manufaktur makanan di sekitar wilayah Eropa, Timur Tengah dan Afrika, ia terrmasuk seorang juru masak pengguna teknologi terapan, guru kuliner dan penulis buku. Sebagai tambahan, Chiarini menguasai tujuh bahasa asing yaitu : Inggris, Italia, Spanyol, Perancis, Jerman dan Arab. Hal inilah yang menjadikannya seorang juru masak lintas budaya (Intercultural), memperbolehkannya untuk melintasi banyak negara dengan gaya kuliner internasionalnya.

Asal Mula[sunting | sunting sumber]

Gianfranco Chiarini lahir di Ferrara, Italia dan dibesarkan di lingkungan multi budaya dengan latar belakang budaya Italia-Kolombia, dibesarkan di antara Italia, Venezuela dan Amerika. Ayahnya, Luciano Chiarini Toselli, adalah seorang pekerja sejati dibidang Periklanan dan Marketing ia bekerja di Young and Rubicam dan sekarang ini sukses dengan perusahaan konsultan marketingnya sendiri. Ibunya, Leonor Gonzales de Chiarini adalah seorang penari balet klasik, dan penari flamengo setelah kecelakaan mobil memupuskana harapannya menjadi seorang penari masa depan, ia menjadi seorang interior disainer. Pada usianya yang ke-16, Gianfranco meninggalkan keluarganya untuk mengejar impiannya sendiri.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 7 September 2010, Chiarini menikah dengan Anna Kinga Jarosławska, yang sekarang Anna Chiarini, ia adalah lulusan dari Media dan Literatur Italia yang lahir di Słupsk, Polandia. Pasangan ini berbagi kemitraan di bidang konsultan kuliner yang telah terbagi menjadi sub-divisi perusahaan ekspor/impor dimana Chiarini ber-urusan dengan kerjasama Italia dan Eropa mengenai D.O.P dan D.O.C barang-barang seperti kopi, pasta, pesto, anggur, keju, dan masih banyak lagi. Sekarang mereka tinggal di Hamburg Jerman. Meskipun rumah ini bukan tempat tinggal tetap, Hamburg berfungsi sebagai kantor pusat dan basis bagi operasi bisnis mereka.

karier Musik[sunting | sunting sumber]

Chiarini telah bermain musik selama bertahun-tahun, awal kariernya dalam bermusik dimulai sebagai penyanyi rock pembuka di pub-pub dan klub malam untuk band-band Amerika. Pada akhirnya Chiarini bosan dengan kariernya di dunia musik rock dan ia memutuskan untuk berganti haluan ke musik tanah kelahirannya yaitu Latin. Ia menjadi seorang penyanyi yang memenangkan penghargaan band salsa Barranco Mix. Band ini begitu terkenal di beberapa Negara yang mayoritasnya berbahasa Spanyol, dan Inggris seperti Amerika dan Eropa.

Band ini telah bermain di acara Johnny Canales di Corpus Christi, Texas bersama-sama dengan Sang Legendaris Queen of Tejano, Selena dan band rock kontemporer Maná. Barranco juga menjadi band pembuka di acara terkenal Feria de Cali di Kolombia dimana banyak selebritis terkemuka dari dunia musik salsa bermain. Pada 1994 Band ini memenangkan tiga penghargaan Ronda, yang setara dengan Latin Grammy. Kelompok ini meraih penghargaan untuk nominasi produksi music terbaik, band muda terbaik, dan band terlaris. Band ini juga meraih penghargaan double platinum untuk penjualan melebihi satu juta kopi di Kolombia, Meksiko dan Venezuela.

Band ini telah menjalin kontrak dengan Polygram Latino di Amerika Serikat dan Amerika Utara. Sonolux di Kolombia, Sonografica di Venezuela dan Tele 5 di Spanyol dan beberapa Negara Eropa lainnya. Chiarini Merupakan salah satu vokalis utama di dalam band sejak tahun 1993-1996, ketika ia memutuskan untuk berhenti dan merasa cukup dengan ketenaran dan gemerlapnya industri musik. Ia pensiun dari karier musiknya dan kembali untuk mengejar karier yang lebih baik yaitu sebagai juru masak; yang membuatnya merasa bahagia.

Awal karier Memasak[sunting | sunting sumber]

Pada 1986, Chiarini muda mendaftarkan diri di Instituto de Alta Gastronomia de Caracas, Venezuela, yang telah ditutup karena alasan politik dalam negeri yang tidak kondusif. Selama waktu tersebut Chiarini belajar dan bekerja di beberapa restoran, dan mendapatkan bahwa semangat memasak yang ada di dalam dirinya tumbuh menjadi salah satu profesi yang ia inginkan.

Dari kesuksesannya di dunia musik latin ia telah mempunyai sumber finansial yang cukup untuk mengembangkan karier kulinernya. Pada 1996, Ia memutuskan untuk pergi ke Amerika dimana ia mendaftarkan diri di Pittsburgh Culinary Institute (yang merupakan cabang dari Culinary Institute of America dan sekarang dikenal dengan nama, Le Cordon Bleu). Disana ia menghabiskan sisa waktunya di antara pengalaman praktisnya selama di restoran dengan pelajaran kulinernya yang telah ia dapatkan selama ini. Selama selang waktu tersebut Chairini bekerja di restoran seperti The Ohio Brewery dan Alberini. Ia bekerja sebagai pelayan dan memasak di Alberini, ia membagi waktu akhir pekannya untuk mempelajari teknik jamuan resmi dibelakang rumah yang letaknya menuju ke ruang makan.

Setelah menyelesaikan studinya dan mendapatkan gelar dari Pittsburgh Culinary Institute, atas dorongan dari lubuk hatinya yang paling dalam, ia pindah ke perancis, karena disana merupakan tempat kuliner yang paling kompetitif di dunia. Kemampuan Chiarini untuk bekerja secara bersamaan dalam membagi waktu, belajar dan menyerap sangatlah cepat, dan semangat ambisiusnya memimpinnya untuk mendaftarkan diri di Le Cordon Bleu Paris yang merupakan salah satu sekolah yang paling ambisius dan bergengsi di Eropa.

Selama berada di Le Cordon Bleu ia bekerja dibawah asuhan seorang ahli seperti Alain Dutournier Juru Masak/Pemilik dari Carré des Feuillants (** Michelin stars), dan setelah itu ketika berada di Roma, Italia ia bekerja di bawah asuhan Eksekutif yang sulit dimengerti Chef Heinz Beck di La Pergola Restaurant (*** Michelin stars), dan di Ferrara, Italia ia bekerja untuk restoran terkenal seperti Antichi Sapori dan Hostaria Savonarola sebagai Juru Masak Sous. Kepindahannya begitu cepat dikarenakan, tawaran yang diberikan oleh restoran Jerman The Pirsch Mühle (* Michelin star), untuk menjalankan dapur bersama-sama Eksekutif Juru Masak dan sekaligus pemilik yaitu S. Leypold.

Professional karier[sunting | sunting sumber]

Awal millennium juru masak Chiarini memutuskan untuk menghadapi tantangan baru dalam proses belajar dan mengajarnya. Ia pindah ke Timur Tengah, dimulai dengan hotel Intercontinental di Oman. Selama masa ini, dedikasi adalah bagian dari waktunya, pada saat itu ia juga menjabat sebagai konsultan bisnis untuk Al Bustan Palace dan Shangri-La Hotels. Selanjutnya ia pindah ke Bahrain, dan mengembangkan konsep kulinernya untuk Mövenpick dan Marriott hotels. Tujuan berikutnya adalah Kuwait, dimana ia telah terlibat secara langsung dibidang kuliner dengan posisi sebagai chef di Marriott Hotels. Disana ia bertanggung jawab sebagai Marriott’s flagship property Courtyard Deluxe Edition. Ia mengembangkan, dan membawanya menuju kerjasama ke tingkat selanjutnya bersama –sama dengan restoran mewah Italia Nord-khas "Il Forno". Sementara di Marriott ia sudah mendirikan dua yang paling terkenal yaitu "Chaines des Rotisseurs"”.

Di Kuwait Chiarini mempunyai hubungan dekat dengan yang mulia Sheikh Jaber Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Dimana ia membuat makan malam eksotis untuk keluarga. Dari sana ia mulai dikenal luas sebagai selebriti Juru Masak di TV, yang ditayangkan oleh stasiun televisi “Al Rai”. Chiarini membintangi lebih dari 50 acara memasak, dimana ia juga sekaligus mengutamakan dan memperkenalkan secara khusus Masakan kuliner Eropa yang sesungguhnya kepada para pemirsanya di Teluk Persia. Hingga saat ini, Kuwait masih termasuk negara teluk yang paling ia cintai.

Chiarini melanjutkan perjalanan kulinernya ke Spanyol, Inggris dan Irlandia sebagai daftar perjalanannya ke Eropa sama seperti Afrika, Asia, Australia, Selandia Baru, dan Oceania. Di Afrika ia telah bekerja untuk Hotel Starwood chain, yang merupakan salah satu hotel dan tempat tinggal mewah di Afrika Timur; Sheraton Addis, adalah bagian dari Koleksi mewah hotel Starwood. Ethiopia juga dikenal sebagai ibukota diplomatik dari Afrika, dan karena hal tersebut tidak dapat terhindarkan maka juru masak Chiarini akhirnya secara tidak langsung mulai mengenal beberapa tokoh politik terkemuka abad ini baik lokal maupun tokoh politik mancanegara. Ia melayani mereka begitu pribadi seperti; Presiden Amerika yang ke-39 Jimmy Carter berserta ibu negara Rosalynn Carter, Presiden Israel Shimon Peres, Presiden persatuan Afrika (AU, African United), termasuk di antaranya Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Selama menghabiskan waktunya di Asia ia bepergian ke berbagai wilayah, yang menjadikannya dan membuatnya makin membenamkan diri di dunia makanan, ia menyerap berbagai macam budaya dan memberikannya begitu banyak apresiasi dan sebuah pengertian yang mendalam mengenai budaya-budaya di Asia. Negara seperti Cina, Korea, Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura dan terutama Filipina yang telah memberikannya sumber pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa bagi dirinya.

Di Australia, Selandia Baru dan Oceania secara tidak terduga ia sudah terkenal, sejak buku pertamanya diterbitkan di benua tersebut; Dimana bukunya tersebut “The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 1.0” yang termasuk buku Emerald telah mencapai tempat pertama dan merupakan konjugsi dengan buku kuliner serupa pada saat itu, yaitu buku masakan dari Noma (Restoran terbaik dunia). Di Australia imbasnya telah terlihat jelas, Australia sebagai sebuah benua membutuhkan dan menghargai sentuhan cita rasa dari seorang artis kuliner terbaik Italia. Makanan nya yang terkenal, Anggur dan biro jasa perjalanan Visitvineyards.com memberikan kedudukan buku juru masak ini pada posisi pertama dari dua belas buku terbaik serupa, dan merupakan buku kuliner terindah pada tahun 2010/2011.

Baru-baru ini pada Januari 2011, Chiarini tampil sebagai bintang juru masak di majalah Arab Saudi, jet set 8 (Thamāniya). Pemilik majalah ini begitu eksklusif yaitu Putri Al Taweel Amira dan Pangeran Al-Waleed bin Talal.

Sebagai tambahan, Chiarini dan bukunya “The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 1.0”, telah tampil sebagai juru masak selebriti di berbagai acara di Timur Tengah.

Buku[sunting | sunting sumber]

Chiarini, “The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 1.0”, berisi resep kuliner Italia yang merupakan perpaduan antara kreatifitas dengan keindahan beberapa kuliner tradisional yang berasal dari negara lain dan pulau-pulau eksotis. Beberapa Negara yang dijadikan sumber acuan di dalam bukunya merupakan perpaduan kuliner yang berasal dari Jepang, Inggris, Perancis, Polandia, Korea, Venezuela, Kolombia, Puerto Rico, Kuwait, Libanon, Afrika Selatan, Ghana dan beberapa di antarannya diambil dari Spanyol.

Dalam Tulisannya “The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 1.0”, Tujuan utama Chiarini adalah untuk menawarkan penghargaannya kepada naik turunnya sebuah aliran perpaduan di antara kuliner Italia dengan kuliner dari seluruh dunia. Ia juga ingin memperkenalkan gaya klasik dari masakan Italia, Chiarini telah menyadari bahwa masakan Italia begitu digemari dan sudah sangat popular selama bertahun-tahun, namun baru-baru ini ia mulai mengalami stagnasi.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Sejak 2011, Juru masak Gianfranco Chiarini telah menulis 2 buku. Total seluruhnya dari 11 buku yang telah ia rencanakan dan akan selesai pada 2021.

  • Chiarini's "The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 1.0" The Emerald Book - Limited deluxe culinary trilogy edition (Nov-2010)
  • Chiarini's "Ferrara the Hidden Culinary Jewel - Ferrara Il Gioiello Culinario Nascosto" Published in English/Italian (Sep-2011)
  • Chiarini's "Ferrara the Hidden Culinary Jewel - Ferrara Il Gioiello Culinario Nascosto" Published in Malay/Italian (Sep-2011)
  • Chiarini's "Ferrara the Hidden Culinary Jewel - Ferrara Il Gioiello Culinario Nascosto" Published in Japanese/Italian (Sep-2011)
  • Chiarini's "Ferrara the Hidden Culinary Jewel - Ferrara Il Gioiello Culinario Nascosto" Published in Russian/Italian (Oct-2011)
  • Chiarini's "The New Renaissance of Italian Fusion Cuisine 2.0" The Pearl Book - Limited deluxe culinary trilogy edition (Nov-2011)

Eksternal links[sunting | sunting sumber]

Tambahan Eksternal Links[sunting | sunting sumber]

Artikel Majalah[sunting | sunting sumber]