Getting Better

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Getting Better"
Lagu oleh The Beatles
dari album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band
Dirilis1 Juni 1967
Direkam9 Maret 1967
EMI Studio, London
GenrePop psychedelic
Durasi2:47
LabelParlophone
PenciptaLennon-McCartney
ProduserGeorge Martin
Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band track listing

Getting Better adalah judul lagu yang dibawakan oleh The Beatles dalam albumnya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band. Lagu ini ditulis oleh John Lennon dan Paul McCartney dengan ide lagu yang berasal dari McCartney. Adapun lagu ini menceritakan tentang dua kutub yang berbeda, yaitu pasangan penulis lagu dan si penulis lagu. Lirik yang ditulis oleh McCartney penuh dengan optimisme dan semangat, terbukti pada liriknya It's getting better all the time! ('Segalanya terus membaik!'), sedangkan Lennon menulis liriknya dengan sinisme, terbukti pada liriknya It can't get no worse ('Tidak dapat semakin buruk lagi') dan I used to be cruel to my woman ('Aku biasanya kejam pada istriku').[1]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

Lagu ini dapat tercipta karena adanya inspirasi dari kata-kata Jimmy Nicol. Jimmy Nicol merupakan drummer sementara The Beatles saat tur dunia pada tahun 1964. Dalam hal ini Jimmy Nicol menggantikan posisi Ringo Starr yang sedang menjalani operasi. Adapun kata-kata Jimmy Nicol tersebut adalah "semakin baik saja" ketika The Beatles bertanya tentang kabarnya. Dengan jawaban dari pertanyaan The Beatles, yaitu 'Semakin baik saja' maka diciptakanlah lagu yang berjudul Getting Better.

Meskipun judul lagu ini ialah Getting Better, dalam memainkan lagu ini sangatlah sulit sehingga jarang dimainkan atau ditampilkan ketika live. The Beatles memang tidak pernah menampilkan lagu ini secara live. McCartney sendiri pertama kali menyanyikan lagu ini pada turnya ke Amerika Serikat pada tahun 2002.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2022-04-22). "Lirik dan Chord Lagu Getting Better - The Beatles Halaman all". KOMPAS.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-12. Diakses tanggal 2022-12-12.