Get Back (lagu Demi Lovato)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Get Back"
Singel oleh Demi Lovato
dari album Don't Forget
Dirilis12 Agustus 2008 (2008-08-12)
Studio
  • Wishbone Studio (North Hollywood, CA)
GenrePunk rock
Durasi3:18
Label
Pencipta
Produser
Kronologi singel Demi Lovato
"This is Me"
(2008)
"Get Back"
(2008)
"La La Land"
(2009)
Video musik
"Get Back" di YouTube

"Get Back" adalah lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato. Lagu Ini ditulis oleh Lovato, Joe Jonas, Kevin Jonas dan Nick Jonas, dan diproduksi oleh Jonas Brothers bersama John Fields, untuk album studio pertama Lovato, Don't Forget (2008). Penulisan awal dari lagu ini terjadi ketika Lovato ingin menulis sebuah lagu tentang mendapatkan kembali pacar lama, sebagai lawan dari menulis lagu patah hati. "Get Back" dirilis sebagai singel utama album pada tanggal 12 Agustus 2008 melalui Hollywood Records. Secara musik, lagu ini merupakan punk rock optimis dengan kekuatan suara arahan gitar.

Lagu ini mendapatkan review positif dari kritikus dan secara komersial, memuncak di nomor empat puluh tiga di Billboard Hot 100 dan sembilan puluh tiga di Canadian Hot 100. Di Australia di nomor sepuluh di chart Hitseekers ARIA. Musik video lagu ini disutradarai oleh Philip Andelman, menampilkan Lovato dan band-nya menyanyikan lagu di atas sebuah bangunan yang ditinggalkan dengan Manhattan Bridge sebagai latar. Lovato telah menyanyikan lagu ini dalam beberapa acara, termasuk pembukaan Disney Channel Games 2008, Good Morning America dan The Ellen DeGeneres Show.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

"Get Back" ditulis oleh Lovato, Joe Jonas, Nick Jonas dan Kevin Jonas, dan diproduksi oleh Jonas Brothers bersama John Fields.[1] Lovato ingin menulis lagu tentang kembali bersama seseorang, karena dia yakin sudah cukup banyak lagu yang kejam dan patah hati yang telah dibuat.[2] Dia berkata, "Ini adalah lagu yang menyenangkan, penuh semangat dan menyenangkan untuk dinyanyikan kepada orang yang saya tuliskan lagu itu."[2] Jonas Brothers mengisi vokal latar dan gitar pada lagu ini.[1] Selain ikut memproduseri lagu ini, Fields juga menyediakan bass, gitar dan keyboard.[1] Jack Lawless memainkan drum John Taylor menyumbangkan vokal latar dan memainkan gitar.[1] Lagu ini dirilis sebagai singel utama Don't Forget pada 12 Agustus 2008 di Amerika Serikat dan Kanada melalui unduhan digital.[3][4]

Komposisi[sunting | sunting sumber]

"Get Back" adalah lagu punk rock yang digerakkan oleh gitar.[5][6] Menurut lembaran musik yang diterbitkan di Musicnotes.com oleh Sony/ATV Music Publishing, lagu ini diatur dalam Tanda Birama dengan tempo 150 detak per menit. Hal ini dilakukan dengan kunci G mixolydian, dan rentang vokal Lovato berkisar dari nada rendah B3 hingga nada tinggi G5.[7] Secara lirik, lagu ini bercerita tentang keinginan untuk kembali bersama dengan pacar lamanya, yang ditunjukkan dalam baris "Aku ingin kembali ke masa lalu", dan "Cium aku seperti kamu bersungguh-sungguh".[5][8]

Musik video[sunting | sunting sumber]

"Get Back" disutradarai oleh Philip Andelman[9] dan syutingnya dalam satu hari.[10] Video ini ditayangkan perdana di Disney Channel pada 22 Agustus 2008, setelah pemutaran perdana The Cheetah Girls: One World.[11] Video ini kemudian tersedia untuk diunduh secara digital di iTunes Store pada 16 September 2008.[12] Video dimulai dengan cuplikan Jembatan Manhattan, Lovato dan bandnya kemudian terlihat di panggung kecil di atas sebuah gedung. Lovato mengenakan pakaian hitam, syal manik-manik dan sarung tangan merah. Sepanjang bait dan chorus pertama, Lovato menari-nari di atas panggung dengan Jembatan Manhattan terlihat di latar belakang. Setelah bagian refrain pertama, matahari terbenam dan cuplikan kehidupan malam kota dari udara ditampilkan. Syair dan refrain kedua dibawakan pada malam hari. Selama reef lagu, gambar Lovato di siang hari ditampilkan sambil duduk sendirian di atap dan memalingkan muka dari kamera. Setelah ini, dia kembali ke panggung dan menampilkan bagian refrain terakhir pada malam hari dengan latar belakang cahaya terang. Video berakhir dengan pertunjukan selesai, dengan Lovato berbalik dan berjalan menuju bandnya.

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Lovato membawakan lagu ini untuk pertama kalinya di Disney Channel Games 2008 pada tanggal 3 Mei 2008. Kemudian, Lovato membawakan lagu ini saat penampilannya di Good Morning America dan The Ellen DeGeneres Show.[13] Pada tanggal 19 Januari 2009, Lovato membawakan lagu ini bersama "La La Land" di acara Kids' Inaugural: "We Are the Future" di Washington, DC, di Verizon Center. Acara tersebut digelar untuk merayakan pelantikan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat.[14] Pada tanggal 24 April 2009, Lovato menampilkan versi akustik "Get Back" di studio jaringan Radio Disney.[15] Juga pada bulan April 2009, lagu ini dibawakan sebagai bagian dari serial iTunes Live from London. Pertunjukan penuhnya dirilis sebagai album mini eksklusif iTunes Store yang menampilkan rekaman versi live pada 17 Mei 2009..[16] Pada Mei 2009, Lovato membawakan lagu ini di konser Walmart, yang dirilis sebagai Demi Lovato: Live: Walmart Soundcheck, menampilkan rekaman versi live dalam CD, dan pertunjukan lengkap dalam DVD.[17]

Lovato menampilkan "Get Back" di Warm Up Tour dan Burnin' Up Tour milik Jonas Brothers di tahun 2008.[18] Kemudian pada tahun 2009 hingga 2010, lagu ini dibawakan saat Demi Lovato Live in Concert.[19][20] Lagu ini dibawakan terakhir, dan Ed Masley dari The Arizona Republic menyebutnya "super-charged".[19] Lovato juga membawakan lagu ini sebagai lagu pembuka untuk setnya saat Jonas Brothers Live in Concert World Tour 2010.[21] Pada tahun 2011, Lovato membawakan lagu ini saat konser An Evening With Demi Lovato dan A Special Night With Demi Lovato.[22]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Lagu ini mendapat ulasan positif dari para kritikus. Judy Coleman dari The Boston Globe menyebut "Get Back" sebagai "hit girl-rock yang disambut baik".[23] Ed Masley dari The Arizona Republic memasukkan lagu ini di nomor delapan dalam daftar "10 Teratas dari gadis-gadis Disney", dan berkata, "Dia menulis ini dengan Jonas Brothers, tapi kedengarannya lebih seperti dari awal tahun 80-an atau hal yang 'Mereka tidak menulisnya seperti itu lagi'".[5] Masley mencatat bahwa lagu ini terdengar lebih baik saat live, begitu pula "hampir semua yang disentuh Lovato". Masley menyimpulkan, menulis, "Saat dia menyanyikan 'Aku ingin kembali ke masa lalu,' yang dia maksud adalah saat dia dan pacarnya bahagia, tapi penggemar power-pop akan mendengarnya sebagai panggilan untuk kembali ke masa lalu yang jauh lebih lama dari hari itu."[5] Stephen Thomas Erlewine dari AllMusic mencatatnya sebagai salah satu lagu terbaik di Don't Forget.[24] Joey Guerra dari Houston Chronicle menyebutnya "sangat menarik, dan Lovato berhasil mengeluarkan beberapa ratapan rock yang sangat kredibel."[25] Ken Barnes dari USA Today menyebutnya sebagai "berbahaya".[26]

Kinerja komersil[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Agustus 2008, "Get Back" memulai debutnya di posisi puncak nomor empat puluh tiga di Billboard Hot 100.[27] Minggu berikutnya, peringkatnya turun lima puluh peringkat menjadi sembilan puluh tiga.[28] Lagu ini menghabiskan total enam minggu di tangga lagu Amerika Serikat.[27] Pada Oktober 2017, telah terjual lebih dari 586.000 salinan digital, menurut Nielsen SoundScan.[29] Di Kanada, lagu ini berada di nomor sembilan puluh tiga di Canadian Hot 100.[30] Di Australia, lagu ini menduduki nomor sepuluh di tangga lagu ARIA Hitseekers pada 11 Mei 2009.[31]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  • Unduhan digital<[3]
  1. "Get Back" – 3:19
  • Radio Disney download[32]
  1. "Get Back" (Radio Disney Version) – 3:19

Kredit dan personil produksi[sunting | sunting sumber]

Rekaman dan manajemen

  • Direkam di Wishbone Studio (North Hollywood, California)
  • Dicampur di Mix LA
  • Diselesaikan di Sterling Sound (New York City)
  • Seven Peaks Music obo dan Demi Lovato Publishing (ASCAP); Jonas Brothers Publishing LLC (BMI)/Sony/ATV Songs LLC dikelola oleh Sony/ATV Music Publishing. Seluruh hak cipta. Digunakan Dengan Izin.

Personil

Kredit diadaptasi dari catatan liner Don't Forget.[33]

Tangga Lagu[sunting | sunting sumber]

Tangga Lagu (2008) Posisi
Australia (ARIA)[34] 141
Australia Hitseekers (ARIA)[31] 10
Canada (Canadian Hot 100)[30] 93
US Billboard Hot 100[27] 43

Sertifikat[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikat Penjualan Ref.
Amerika Serikat (RIAA) Emas 586.000 [35]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Don't Forget (liner notes). Demi Lovato. United States: Hollywood. 2008. 
  2. ^ a b Demi Lovato (September 2008). In Tune with Demi Lovato (TV). Disney Channel. 
  3. ^ a b "Get Back: Demi Lovato". Amazon. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 14, 2013. Diakses tanggal July 18, 2011. 
  4. ^ "Get Back (Radio Disney Version) – Single by Demi Lovato". iTunes Store. Apple Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 16, 2011. Diakses tanggal July 18, 2011. 
  5. ^ a b c d Masley, Ed (September 21, 2009). "Top 10 from the Disney girls". The Arizona Republic. Gannett Company. Diakses tanggal April 24, 2011. 
  6. ^ Slezak, Michael (September 17, 2008). "Don't Forget". Entertainment Weekly. Time Inc. Diakses tanggal April 25, 2011. 
  7. ^ "Demi Lovato – Get Back Sheet Music". Musicnotes.com. Sony/ATV Music Publishing. 
  8. ^ Asay, Paul; Smithouser, Bob. "Don't Forget". Plugged In. Focus on the Family. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 19, 2010. Diakses tanggal April 29, 2011. 
  9. ^ "Demi Lovato – Get Back Music Video". MuchMusic. Bell Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 5, 2008. Diakses tanggal April 24, 2011. 
  10. ^ Lovato, Demi. Making the Video: Get Back (DVD). Don't Forget (Deluxe Edition). 
  11. ^ "Disney Channel to Debut Demi Lovato's New Music Video Friday, August 22" (Siaran pers). Disney Channel Medianet. Diarsipkan dari versi asli (DOC) tanggal April 2, 2012. Diakses tanggal August 14, 2011. 
  12. ^ "Get Back by Demi Lovato (Music video)". iTunes Store. Apple Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 12, 2012. Diakses tanggal July 19, 2011. 
  13. ^ "Episode dated October 1, 2008". The Ellen DeGeneres Show. Episode ke-801. October 1, 2008. NBC. 
  14. ^ Mitovich, Matt (January 16, 2009). ""Ridiculously Nervous" Demi Lovato, Jonas Brothers Honored to Perform at Inauguration Eve Concert". TV Guide. Diakses tanggal July 27, 2011. 
  15. ^ "Demi Lovato's In-studio Acoustic Performance to be Presented Exclusively on Radio Disney, Friday, April 24" (Siaran pers). Disney Channel Medianet. April 21, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 19, 2011. Diakses tanggal August 15, 2011. 
  16. ^ "iTunes Live from London – EP by Demi Lovato". iTunes Store. Apple, Inc. January 2009. Diakses tanggal July 13, 2011. 
  17. ^ "Live-Walmart Soundcheck: Demi Lovato". Amazon. Diakses tanggal August 14, 2011. 
  18. ^ Willmott, Tracey (August 20, 2008). "Jonas Brothers make it a night to remember". The Buffalo News. Berkshire Hathaway. 
  19. ^ a b Masley, Ed (July 10, 2009). "Demi Lovato works magic in Glendale". The Arizona Republic. Gannett Company. Diakses tanggal August 14, 2011. 
  20. ^ Porto, Henrique (May 28, 2010). "Demi Lovato faz show 'interativo' em primeira apresentação solo no Rio". G1 (dalam bahasa Portugis). Organizações Globo. Diakses tanggal August 14, 2011. 
  21. ^ Ruff, Julie (September 11, 2010). "Overnight review: Jonas Brothers". San Antonio Express-News. Hearst Communications. Diakses tanggal August 14, 2011. 
  22. ^ Caramanica, Jon (September 18, 2011). "After Disney, After Rehab, a Singer Tries Growing Up". The New York Times. Diakses tanggal October 8, 2011. 
  23. ^ Coleman, Judy (September 23, 2008). "At sweet 16, Lovato's ready for her close-up". The Boston Globe. The New York Times Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2011. Diakses tanggal April 25, 2011. 
  24. ^ Erlewine, Stephen Thomas. "Don't Forget – Demi Lovato". Allmusic. Rovi Corporation. Diakses tanggal July 18, 2011. [pranala nonaktif permanen]
  25. ^ Guerra, Joey (September 22, 2008). "Fall brings fresh crop of music from female acts". The Houston Chronicle. Hearst Corporation. Diakses tanggal July 19, 2011. 
  26. ^ Barnes, Ken (September 23, 2008). "Listen Up ; Music reviews by USA TODAY critics". USA Today. Gannett Company. 
  27. ^ a b c "Demi Lovato Chart History (Hot 100)". Billboard. Diakses tanggal July 18, 2011.
  28. ^ "Hot 100 – Week of September 06, 2008". Billboard. Prometheus Global Media. Diakses tanggal July 18, 2011. 
  29. ^ "Ask Billboard: Demi Lovato's Career Album & Song Sales". Billboard. October 15, 2017. Diakses tanggal October 15, 2017. 
  30. ^ a b "Canadian Hot 100 – 2008-08-30". Billboard. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-12. Diakses tanggal July 18, 2011. 
  31. ^ a b "The ARIA Report – Chartifacts – 11th May 2009" (PDF). ARIA Charts. Australian Web Archive. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2009-05-19. Diakses tanggal July 24, 2011. 
  32. ^ "Get Back (Radio Disney Version) – Single by Demi Lovato". iTunes Store. Apple, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-25. Diakses tanggal July 18, 2011. 
  33. ^ Don't Forget liner notes [CD] Hollywood Records (2008).
  34. ^ "Response from ARIA re: chart inquiry, received 2017-01-20". imgur.com. Diakses tanggal 2017-01-20. 
  35. ^ "American single certifications – Demi Lovato – Get Back" (dalam bahasa Inggris). Recording Industry Association of America. Diakses tanggal 12 Oktober 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]