Gertrude Baniszewski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gertrude Baniszewski

Baniszewski di tahun 1985.
Lahir Gertrude Nadine
Van Fossan
19 September 1929
Indianapolis, Indiana, U.S.
Meninggal 16 Juni 1990 (umur 60)
Laurel, Iowa, U.S.
Alias Gertrude Wright
Nadine Van Fossan
Tuduhan Pembunuhan Tingkat Pertama
Alasan Pembunuhan Tingkat Pertama
Hukuman Hukuman Seumur Hidup (Dibebaskan setelah menjalani 14 tahun masa hukuman)
Status Meninggal
Pasangan John Baniszewski Sr.
Edward Guthrie
Orangtua Hugh M. Van Fossan Sr.
Mollie M. Oakley
Anak Paula Baniszewski
Stephanie Baniszewski
John Baniszewski Jr.
Marie Baniszewski
Shirley Baniszewski
James Baniszewski
Dennis Lee Wright Jr.

Gertrude Nadine Baniszewski (lahir 19 September 1929 – meninggal 16 Juni 1990), dikenal juga sebagai Gertrude Wright dan Nadine Van Fossan, adalah pembunuh asal Indiana, yang mengajak sebagian dari anak-anaknya sendiri dan anak-anak di lingkungan sekitarnya, seperti Ricky Hobbs dan Coy Hubbard, lalu mengawasi dan memfasilitasi penyiksaan berkepanjangan, mutilasi dan pada akhirnya pembunuhan pada Sylvia Likens, seorang gadis remaja yang diasuh di rumahnya. Ketika dia didakwa untuk pembunuhan kelas pertama pada tahun 1966, kasusnya disebut sebagai “kasus kejahatan tunggal terburuk yang dilakukan terhadap seorang individu dalam sejarah Indiana”


Kehidupan Awal Sebelum Kasus Sylvia Likens[sunting | sunting sumber]

Terlahir dengan nama Gertrude Nadine Van Fossan pada tanggal 19 September 1929, di Indianapolis, Indiana. Kedua orang tuanya, Mollie Myrtle (née Oakley) dan Hugh Marcus Van Fossan Sr., berasal dari Illinois. Gertrude adalah anak ketiga dari 6 bersaudara. Pada 5 Oktober 1939, Gertrude menyaksikan ayahnnya meninggal akibat serangan jantung mendadak. Ayahnya meninggal pada usia 50 tahun. 6 tahun kemudian, Gertrude keluar dari sekolah di usia 16 tahun karena menikah. Suaminya adalah John Stephan Baniszewski (1926-2007. Suaminya berasal dari Youngsville, Pennsylvania, dan mereka memiliki 5 orang anak. John Baniszewski nantinya mengganti nama menjadi John Blake.

Meskipun John Baniszewski dikenal sering kasar dan meledak-ledak emosinya, pernikahan mereka bertahan selama 10 tahun sebelum akhirnya bercerai juga.

Di usia 34 tahun, Gertrude, tinggal bersama pemuda berusia 18 tahun bernama Dennis Lee Wright, yang juga sering memukulnya. Dia memiliki seorang anak dari Denni, yang diberi nama Dennis Lee Wright Jr. (nama ini berubah menjadi Denny Lee White oleh ibu angkatnya nanti), tapi setelah melahirkan, Wright malah menelantarkan Gertrude.[1]

Sylvia Likens[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 1965, Lester dan Betty Likens, pasangan yang bekerja di karnival keliling, meminta Baniszewski untuk merawat dua orang anak perempuan mereka, Sylvia Marie Likens, 16 tahun, dan Jenny Faye Likens, 15 tahun - sebagai jaminannya mereka akan membayar $20 setiap minggunya untuk kompensasi selama mereka bekerja di luar negara bagian. Kedua bersaudara Likens bersekolah dan publik mengatahui bahwa mereka berdua sebagai anak dari Baniszewski, mereka juga datang ke gereja bersama Gertrude Baniszewski setiap minggunya. Tetapi, ketika pembayaran pertama $20 yang dijanjikan Lester Likens tidak tiba tepat waktu, Baniszewski memukuli para gadis itu. Tidak lama setelah itu berselang, kedua gads muda itu juga dipukuli kembali. Kali ini mereka dituduh mencuri permen. Ini menandai mulainya penyiksaan anak di bawah umur oleh Gertrude Baniszewski.[2]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.