Gereja rumah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gereja rumah di Dura-Europos, Suriah, sekitar tahun 232, dengan area kapel di sebelah kanan.

Gereja rumah adalah sebuah istilah tidak resmi untuk suatu kelompok kaum Kristen yang berkumpul atau bersekutu bersama-sama baik reguler maupun spontan di sebuah rumah atau tempat atau lapangan yang biasanya bukan untuk tempat ibadah resmi. Dalam bahasa Inggris istilah ini adalah House Church atau Home Church.

Beberapa gereja beribadah di rumah-rumah karena mereka belum atau tidak memiliki gedung gereja konvensional; mereka ini biasanya tidak dianggap sebagai gereja rumah karena pada akhirnya akan berpindah ke tempat yang tetap. Seringkali hal ini dilakukan karena sulitnya mendapatkan izin membangun gedung gereja.

Beberapa lainnya beribadah di rumah-rumah karena mereka lebih suka untuk lebih sering melakukan ibadah secara informal, karena mereka percaya bahwa ini adalah sebuah cara yang efektif untuk membentuk suatu komunitas dan bersekutu di tempat yang belum terjangkau, atau kerena mereka percaya bahwa gereja-gereja yang lebih kecil adalah sebuah pola gereja kerasulan pada abad pertama dan pola inilah yang dimaksudkan oleh Kristus.

Struktur dan Organisasi[sunting | sunting sumber]

Gambaran Umum

Gereja-gereja rumah adalah berbeda dengan gereja-gereja sel. Sebuah gereja rumah biasanya tidak tergabung dalam sebuah organisasi yang lebih besar, walaupun kelompok tersebut mungkin terhubung dengan kaum Kristiani dan gereja-gereja rumah lainnya dalam sebuah jaringan yang setara tanpa hirarki. Mereka yang beribadah di gereja-gereja rumah menganggap diri mereka sendiri sebagai bagian dari Gereja Universal, namun dengan kepemimpinan-sendiri dan independen, pada umumnya tanpa hubungan formal lebih lanjut dengan gereja institusi yang telah berdiri.

Beberapa di dalam "gerakan" gereja rumah karenanya menganggap bahwa istilah "gereja rumah" adalah nama yang salah, karena pokok utama untuk orang-orang yang mempraktekkan iman mereka dengan cara ini bukanlah rumah itu sendiri, tetapi lebih kepada jenis pertemuan ibadahnya. Beberapa istilah lain yang seringkali digunakan untuk menggambarkan gerakan ini secara fungsional adalah "gereja simpel", "gereja relasional", "gereja primitif", "gereja organik", dan istilah mirip lainnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]