Gerbang di Seoul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sungnyemun

Gerbang di Seoul adalah kumpulan gerbang yang mengelilingi kota Seoul sejak zaman Dinasti Joseon (1392-1910).[1] Pada masa tersebut terdapat 4 buah pintu gerbang besar yang melindungi dan menjadi jalan masuk ke pusat kota Seoul, antara lain: Dongdaemun (disebut juga Heunginjimun) di sebelah timur, Seodaemun (Donuimun) di sebelah barat, Namdaemun (Sungnyemun) di sebelah selatan serta Sukjeongmun di utara. Pada saat ini hanya tersisa 2 buah pintu gerbang, yaitu Dongdaemun dan Namdaemun.

  • Namdaemun (Sungnyemun) atau Pintu Gerbang Besar Selatan adalah pintu gerbang yang menjadi jalan masuk dari selatan. Menjadi struktur terbesar di antara gerbang lainnya, Namdaemun dibangun pada tahun 1396 pada awal pemerintahan Raja Taejo, Dinasti Joseon. Beberapa kali musnah terbakar, seperti pada saat Perang Korea. Diperbaiki pada tahun 1963 dan selanjutnya mengalami beberapa kali renovasi dan perbaikan hingga menjadi bentuknya yang seperti sekarang. Namdaemun dilestarikan sebagai Harta Nasional Korea Selatan Nomor 1.[2]
  • Dongdaemun (Heunginjimun) atau Pintu Gerbang Besar Timur merupakan pintu masuk kota di bagian timur.[3] Didirikan pada tahun 1396. Diperbaiki dan direnovasi tahun 1896. Dibangun di atas fondasi batu granit, terdiri dari 2 tingkat yang disusun dari kayu beratap genteng yang melengkung. Lobang masuk berbentuk bulat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sŏ, Chŏng-su; Bernard Rowan, Yoon-jung Cho (2004). Encyclopedia of Korean culture. Seoul: Hansebon. ISBN 8-9747-6148-3. 
  2. ^ (Inggris)Namdaemun, lifeinkorea. Diakses pada 8-8-2011.
  3. ^ (Inggris)Dongdaemun, lifeinkorea. Diakses pada 8-8-2011.