Gerard van Swieten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gerard van Swieten

Patung Gerard van Swieten di monumen peringatan untuk Maria Theresa, Wina
Lahir 7 Mei 1700
Leiden
Meninggal 18 Juni 1772
Wina
Tempat tinggal Austria
Kebangsaan Belanda
Bidang Dokter
Dikenal atas Menyanggah keberadaan hantu dan vampir

Gerard van Swieten (1700-1772) adalah dokter Austria--Belanda.

Van Swieten lahir di Leiden. Dia adalah murid Hermann Boerhaave dan pada tahun 1745 menjadi dokter pribadi kaisar Austria Maria Theresa. Dia melakukan transformasi dalam palayanan kesehatan Austria dan pendidikan kedokteran di Universitas. Dia juga mendirikan kebun raya, laboratorium kimia, dan memperkenalkan instruksi klinis.

Dia sangat giat memerangi takhayul pada Abad Pencerahan, terutama melawan kasus-kasus vampir yang dilaporkan terjadi di desa-desa di Eropa Timur antara tahun 1718 dan 1732. Pada tahun 1755 Gerard van Swieten dikirim oleh Maria Theresa ke Moravia untuk menyelidiki situasi yang berkenaan dengan vampir. Dia menganggap mitos vampir merupakan "barbarisme ketidaktahuan" dan dia bertujuan menghapuskannya.

Dia menyelidiki kasus itu dengan saksama, dan menulis sebuah laporan berjudul Abhandlung des Daseyns der Gespenster (Wacana tentang Keberadaan Hantu). Dalam laporan itu, dia menerangkan penyebab kepercayaan vampir. Dia menjelaskan bahwa proses fermentasi dan kurangnya oksigen bisa menyebabkan mayat lambat membusuk sehingga timbul mitos vampir. Beberapa dokter mendukung teorinya, dan bahkan semakin banyak yang menemukan penyebab lain mitos vampir, misalnya epidemi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hamberger, Klaus: Mortuus non mordet. Dokumente zum Vampirismus 1689-1791. Wien 1992