Gepeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gepeng
LahirFreddy Aris
(1950-08-27)27 Agustus 1950
Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
Meninggal16 Juni 1988(1988-06-16) (umur 37)
RS Panti Waluyo, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
MakamTPU Bonoloyo, Surakarta
Pekerjaan
Tahun aktif1980—1988
Suami/istriSupiah
Anak4, termasuk Kris Tatang

Freddy Aris (27 Agustus 1950 – 16 Juni 1988), dikenal sebagai Gepeng adalah pemeran dan pelawak Indonesia.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Gepeng adalah pelawak kelahiran Muntilan, Magelang, Jawa Tengah yang memulai kariernya dari pesuruh pada perkumpulan ketoprak di Surakarta. Ia lalu bergabung ke kelompok lawak Srimulat, di mana kariernya sebagai pelawak melejit dan menjadi sangat populer. Dalam salah satu episode lawakan Srimulat yang ditayangkan di televisi, ada adegan di mana Juju - sang primadona Srimulat - yang berperan sebagai majikan Gepeng sang jongos, terancam dilecehkan secara seksual, tetapi sempat diselamatkan oleh Gepeng. Pada adegan tersebut Gepeng berucap "Untung, ada saya!", sambil membusungkan dada. Ucapan tersebut menjadi terkenal bersamaan dengan melejitnya popularitas Gepeng.

Kasus[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1983, Gepeng tersandung masalah kepemilikan senjata api secara tidak sah atau ilegal. Ia pun dijatuhkan vonis lima bulan penjara sebelum akhirnya mendapat grasi dari Presiden Soeharto.

Meninggal dunia[sunting | sunting sumber]

Komedian dengan slogan yang khas "untung ada saya" ini berpulang pada tanggal 16 Juni 1988 dalam usia 37 tahun karena penyakit liver yang disebabkan oleh kebiasaannya mengonsumsi minuman beralkohol. Almarhum meninggalkan seorang istri dan empat orang anak. Salah satu anaknya yang bernama Kris Tatang saat ini juga mengikuti jejaknya menjadi seorang pelawak dan pernah bergabung dengan Srimulat.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]