George Washington (penemu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
George Constant Louis Washington
Lahir 20 Mei 1871
Kortrijk, Belgia
Meninggal 29 Maret 1946 (umur 74)
Mendham, New Jersey
Pendidikan Universitas Bonn
Dikenal karena G. Washington Coffee Company
Anak George Washington, Jr.
Iklan pra-Perang Dunia I yang memperlihatkan kopi ciptaan Washington kepada publik. Iklan tersebut berasal dari The New York Times, 23 Februari 1914.

George Constant Louis Washington[I] (Mei 1871 – 29 Maret 1946) adalah penemu dan pengusaha Amerika yang merupakan seorang Inggris-Belgia. Ia paling diingat karena penemuan proses kopi instan awal ciptaannya dan perusahaan yang ia dirikan untuk produksi massalnya, G. Washington Coffee Company.

Sebagai seorang emigran dari tempat asalnya Belgia, ia datang ke wilayah New York pada 1897 dan mencoba beberapa bidang teknikal sebelum membuka pabrik kopi instan pada saat sebuah perjalanan di Amerika Tengah pada 1906 atau 1907. Ia mulai menjual kopinya pada 1909 dan mendirikan sebuah perusahaan sampai pabriknya pada 1910. Berbasis di New York dan New Jersey, perusahaannya bertumbuh dan menjadi sebuah penyuplai militer berpengaruh pada Perang Dunia I. Produk-produk dari perusahaan tersebut juga diiklankan di surat kabar New York dan di radio. Kesuksesan perusahaan tersebut Washington sejahtera, dan ia tinggal di sebuah mansion di Brooklyn dan kemudian berpindah ke sebuah estate negara di New Jersey pada 1927. Pada tahun yang sama, ia kalah dalam sebuah persengketaan dengan otoritas perpajakan. Washington telah menikah dan memiliki tiga anak.

Perusahaan Washington dijual kepada American Home Products pada 1943, tak lama sebelum kematiannya. Meskipun merek kopinya tidak dilanjutkan pada 1961, nama Washington tetap digunakan sampai sekarang pada produk G. Washington's Seasoning & Broth.

Kehidupan awal dan keluarga[sunting | sunting sumber]

George Washington lahir di Kortrijk, Belgia,[1][II] pada Mei 1871,[2] dari seorang ayah Inggris dan ibu Belgia.[2][3] Sesuai dengan hukum kewarganegaraan saat ini, yang menempatkan kewarganegaraan seseorang sesuai dengan kewarganegaraan ayahnya, Washington menjadi warga negara Britania sampai ia dinaturalisasikan sebagai orang Amerika pada Mei 1918.[4] Setidaknya enam saudara dalam keluarganya juga bermukim di bagian-bagian yang berbeda di Amerika Serikat dan Amerika Tengah.[1] Sejumlah catatan mengklaim bahwa ia adalah kerabat dari Presiden AS George Washington, namun kepastiannya tidak jelas.[5]

Washington berpindah ke Brussels dan juga meraih sebuah gelar dalam bidang kimia di Universitas Bonn di Jerman.[3] Pada Desember 1895, Washington menikah dengan Angeline Céline Virginie (kemudian disebut "Lina") Van Nieuwenhuyse (kelahiran 1876), yang juga berasal dari Belgia.[2][6] Seperti suaminya, Lina dicatat pada Sensus AS 1900 sebagai keturunan Inggris dan Belgia (ayah Belgia dan ibu Inggris).[2] Kedatangan keluarga Washington ke Amerika Serikat menggunakan sebuah kapal dari Antwerp, Belgia, pada 6 Oktober 1896, dicatat di Pulau Ellis, meskipun Sensus AS 1900 menyatakan bahwa mereka berpindah ke Amerika Serikat pada 1897.[2] Keluarga Washington bermukim di wilayah New York, dimana mereka memiliki tiga anak:[2][7] Louisa Washington (kelahiran Mei 1897),[2] Irene Washington (kelahiran Mei 1898),[2] dan George Washington Jr. (kelahiran Agustus 1899).[2][8]

Washington berusaha untuk mendapatkan sebuah peternakan kerbau[3] di Guatemala pada 1906[9][10] atau 1907[3] ketika, pada waktu itu, mengembangkan pemprosesan kopi instannya. Washington kembali ke New York City setelah sekitar setahun[1] berada di Guatemala dan kemudian memulai bagian utama dari karirnya dalam pabrik kopi. Ayahnya masih di Guatemala dan meninggal disana pada 1912.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Kopi G. Washington tidak dilanjutkan sebagai sebuah merek pada 1961, ketika tempat penanaman di New Jersey milik Washington dijual kepada Tenco, yang kemudian menjadi divisi dari The Coca-Cola Company.[11] Sisa-sisa merek terakhir masih ada di G. Washington's Seasoning & Broth, sebuah perusahaan sambilan yang dikembangkan pada 1938. Merek tersebut dijual oleh American Home Products pada 2000, dan, setelah melewati beberapa perantara, dijalankan oleh Homestat Farm, Ltd. sejak 2001.[12]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Paten[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

I^: Ia tidak tampil dengan menggunakan nama lengkapnya di Amerika Serikat—nama tersebut absen dari sensus dan catatan imigrasi, aplikasi patennya dan artikel berita kontemporer mengenai dirinya.
II^: New York Times menyatakan bahwa tempat kelahirannya adalah Kortrijk, sementara The New York Herald Tribune menyatakan bahwa tempat kelahirannya adalah Brussels. Catatan Belgia mengindikasikan bahwa ia setidaknya menikah di Kortrijk.
III^: Pada 1920, mantan gubernur Texas James E. Ferguson sebenarnya berjalan dibawah label "American Party".
IV^: Rumah Bellport sekarang dikenal dengan nama "Washington Lodge". Alamat Dataran Morris yang diberikan pada iklan 1928 adalah 45 Hanover Avenue;[13] Dalam New York Times, tempat penanaman tersebut berdampingan dengan Jalur Morristown, sehingga seharusnya alamatnya adalah 45 East Hanover Avenue.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "G. Washington, 74; Began Coffee Firm. Head of Refining Company for 33 Years Dies in Jersey. Founded Business in 1910". New York Times. 30 Maret 1946. 
  2. ^ a b c d e f g h i Gambar halaman sensus terdapat nama George Washington; Sensus AS 1900; Pulau Staten; New York City
  3. ^ a b c d "G. Washington Is Dead, Made Instant Coffee", The New York Herald Tribune, 29 Maret 1946.
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Presidency_Candidate_Found_in_Brooklyn
  5. ^ The Story of a Pantry Shelf: An Outline History of Grocery Specialties. New York: Butterick Publishing Company. 1925. 
  6. ^ "Mrs. George Washington" (1876–1952), obituary, The New York Times, 30 Oktober 1952.
  7. ^ Tempat kelahiran putri sulung Washington (kelahiran Mei 1897) yang diberikan dalam Sensus AS 1900 adalah Belgia, meskipun keluarga Washington datang ke Pulau Ellis pada Oktober 1896. Sensus AS juga mencatat bahwa perpindahan mereka ke AS adalah pada tahun 1897. Dua anak lainnya yang dicatat dalam sensus dinyatakan lahir di New York.
  8. ^ George Washington, Jr. lahir pada 6 Agustus 1899 dan meninggal pada 1 Desember 1966 di Morristown, New Jersey; Indeks Kematian Keamanan Sosial.
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama All_about_Coffee
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Uncommon_Grounds
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama The_Struggle_for_Control_of_a_Commodity_Chain
  12. ^ "History – G. Washington's Seasoning & Broth". Homestatfarm.com. Diakses 2012-06-10. 
  13. ^ "George Washington's Instant Coffee - picture of advert". Diakses 2012-06-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]