George Washington (penemu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Iklan pra-Perang Dunia I yang memperlihatkan kopi ciptaan Washington kepada publik. Iklan tersebut berasal dari The New York Times, 23 Februari 1914.

George Constant Louis Washington[I] (Mei 1871 – 29 Maret 1946) adalah penemu dan pengusaha Amerika yang merupakan seorang Inggris-Belgia. Ia paling diingat karena penemuan proses kopi instan awal ciptaannya dan perusahaan yang ia dirikan untuk produksi massalnya, G. Washington Coffee Company.

Sebagai seorang emigran dari tempat asalnya Belgia, ia datang ke wilayah New York pada 1897

Ia mulai menjual kopinya pada 1909 dan mendirikan sebuah perusahaan sampai pabriknya pada 1910.

Produk-produk dari perusahaan tersebut juga diiklankan di surat kabar New York dan di radio. Kesuksesan perusahaan tersebut Washington sejahtera, dan ia tinggal di sebuah mansion di Brooklyn

Washington menikah dan memiliki tiga anakn.

Perusahaan Washington dijual kepada American Home Products pada 1943, tak lama sebelum kematiannya. Meskipun merek kopinya tidak dilanjutkan pada 1961, nama Washington tetap digunakan sampai sekarang pada produk G. Washington's Seasoning & Broth.

Kehidupan awal dan keluarga[sunting | sunting sumber]

George Washington lahir di Kortrijk, Belgia,[1][II] pada Mei 1871,[2] dari seorang ayah Inggris dan ibu Belgia.[2][3] Sesuai dengan hukum kewarganegaraan saat ini, yang menempatkan kewarganegaraan seseorang sesuai dengan kewarganegaraan ayahnya, Washington menjadi warga negara Britania sampai ia dinaturalisasikan sebagai orang Amerika pada Mei 1918.[4] Setidaknya enam saudara dalam keluarganya juga bermukim di bagian-bagian yang berbeda di Amerika Serikat dan Amerika Tengah.[1] Sejumlah catatan mengklaim bahwa ia adalah kerabat dari Presiden AS George Washington, namun kepastiannya tidak jelas.[5]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Paten[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

I^: Ia tidak tampil dengan menggunakan nama lengkapnya di Amerika Serikat—nama tersebut absen dari sensus dan catatan imigrasi, aplikasi patennya dan artikel berita kontemporer mengenai dirinya.
II^: New York Times menyatakan bahwa tempat kelahirannya adalah Kortrijk, sementara The New York Herald Tribune menyatakan bahwa tempat kelahirannya adalah Brussels. Catatan Belgia mengindikasikan bahwa ia setidaknya menikah di Kortrijk.
III^: Pada 1920, former Texas governor James E. Ferguson actually ran under an "American Party" label.
IV^: Rumah Bellport sekarang dikenal sebagao "Washington Lodge". The Morris Plains address at 45 Hanover Avenue is given in a 1928 ad;[6] the plant is described in the New York Times as adjoining the Morristown Line, so the address must be 45 East Hanover Avenue.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "G. Washington, 74; Began Coffee Firm. Head of Refining Company for 33 Years Dies in Jersey. Founded Business in 1910". New York Times. March 30, 1946. 
  2. ^ a b Gambar halaman sensus terdapat nama George Washington; Sensus AS 1900; Pulau Staten; New York City
  3. ^ "G. Washington Is Dead, Made Instant Coffee", The New York Herald Tribune, 29 Maret 1946.
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Presidency_Candidate_Found_in_Brooklyn
  5. ^ The Story of a Pantry Shelf: An Outline History of Grocery Specialties. New York: Butterick Publishing Company. 1925. 
  6. ^ "George Washington's Instant Coffee - picture of advert". Diakses 2012-06-10.