George Benjamin Luks

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari George Luks)

George Benjamin Luks (lahir pada 13 Agustus 1867 di Williamsport, Pennsylvania) adalah salah satu seniman lukis terkemuka di Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dan merupakan anggota dari kelompok seniman Ashcan School yang dikenal karena karya-karya mereka yang menggambarkan kehidupan kota yang kasar dan sosialnya yang beragam.

Luks awalnya belajar seni di Philadelphia, namun pada tahun 1896 ia pergi ke Eropa dan belajar di Académie Julian di Paris. Setelah kembali ke Amerika pada akhir tahun 1890-an, ia bekerja sebagai kartunis untuk berbagai surat kabar.

Luks menjadi terkenal pada awal 1900-an karena karyanya di bidang seni lukis. Ia menjadi anggota kelompok seniman Ashcan School dan karya-karyanya sering kali digambarkan sebagai representasi realistis kehidupan kota New York.

Luks dikenal sebagai seniman yang gesit, energik, dan berkepribadian yang kuat. Karya-karyanya terkenal karena komposisi yang kuat, penggunaan warna yang berani, dan penggambaran karakter yang realistis. George Luks meninggal pada 29 Oktober 1933 di New York City.