George Gamow

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

George Gamow (diucapkan "GAM-off") (4 Maret 190419 Agustus 1968) , terlahir Georgiy Antonovich Gamov (Георгий Антонович Гамов) ialah fisikawan dan kosmolog kelahiran Ukraina (yang saat itu masuk Kekaisaran Rusia). Ia bekerja pada bidang inti atom, evolusi bintang, nukleosintesis bintang, nukleosintesis Big Bang, nukleokosmogenesis, dan genetika.

Dididik di Rusia, ia melakukan pekerjaan penting di Göttingen saat ia mengembangkan teori peluruhan alfa yang merupakan penerapan pertama dari mekanika kuantum untuk memecahkan masalah dalam bidang fisika nuklir (Edward U. Condon dan Ronald W. Gurney dengan bekerja sama juga menemukan teori yang sama dengan yang ditemukan Gamow dan pada waktu yang hampir sama).

Setelah bekerja di Kobenhavn, Cambridge, dan Leningrad, Gamow pergi ke Amerika Serikat pada tahun 1934. Semula ia bekerja di Universitas George Washington, kemudian pindah ke Universitas Colorado. Pada tahun 1936 ia bekerja sama dengan Edward Teller untuk mempelajari teori Enrico Fermi dalam peluruhan beta. Setelah itu banyak penemuannya berkaitan dengan astrofisika, terutama mengenai evolusi bintang. Ia menunjukkan bahwa ketika bintang menggunakan unsur hidrogen dalam reaksi termonuklir, maka bintang tersebut menjadi bertambah panas, bukannya dingin. Ia juga melakukan pekerjaan yang penting dalam penelitian asal usul alam semesta dalam pembentukan unsur. Bukunya yang ditulis untuk umum telah menjelaskan fisika modern kepada banyak orang.