George Foster Peabody

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Foster Peabody

George Foster Peabody (lahir di Columbus, Georgia, 27 Juli 1852 – meninggal di Warm Springs, Arizona, 4 Maret 1938 pada umur 85 tahun) adalah bankir Amerika Serikat. Seusai Perang Saudara Amerika, ia membawa pindah keluarganya ke Brooklyn, New York dan bekerja untuk usaha keluarga di bidang perdagangan. Setelah itu, Peabody bergabung dengan perusahaan investasi Spencer Trask & Company yang mengkhususkan diri pada proyek pekerjaan umum, termasuk jalan kereta api.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Peabody mengundurkan diri dari dunia bisnis pada tahun 1906. Setelah itu, ia mengabdikan dirinya di bidang layanan masyarakat. Selain isu-isu sosial seperti perdagangan bebas, hak suara perempuan dalam pemilu, kepemilikan rel kereta api oleh pemerintah yang menjadi minatnya sejak lama, ia aktif dalam gerakan antiperang. Peabody sangat tertarik dengan pendidikan, terutama pendidikan untuk orang Afrika-Amerika di Amerika Serikat Bagian Selatan. Ia menjabat direktur Dewan Pendidikan Publik, bendahara Dewan Pendidikan Daerah Selatan, dan anggota dewan komisaris American Church Institute for Negroes, Institut Hampton, Institut Tuskegee, Universitas Georgia, dan Institut Politeknik Brooklyn. Sebelum pensiun, ia menjabat bendahara Komite Nasional Partai Demokrat.

Peabody adalah pemilik pusat rehabilitasi penderita polio yang nantinya berganti nama menjadi Institut Rehabilitasi Roosevelt Warm Springs setelah dibeli oleh Franklin Delano Roosevelt.

Pendidikan formal yang dimilikinya sangat terbatas dan tidak memiliki gelar perguruan tinggi. Walaupun demikian, atas jasa-jasanya, Peabody menerima gelar kehormatan dari 3 universitas: Universitas Harvard, Universitas Washington and Lee, dan Universitas Georgia. Ia banyak menyumbangkan uang ke Universitas Georgia, termasuk dana untuk mendirikan gedung tahan api yang dipakai sebagai gedung perpustakaan. Ia juga menyumbangkan tanah untuk membantu reorganisasi Akademi Pertanian Negara Bagian dan mendirikan Fakultas Kehutanan di Universitas Georgia.

Namanya dipakai sebagai nama penghargaan di bidang jurnalistik radio dan televisi. Penghargaan George Foster Peabody diberikan setahun sekali sejak tahun 1941 oleh Sekolah Jurnalisme dan Komunikasi Massa Henry W. Grady.

Peabody meninggal di rumah kediamannya pada tanggal 4 Maret 1938. Ia hampir-hampir tidak menikah sepanjang hidupnya. Janda dari sahabat terdekatnya, Katrina Trask yang dinikahinya pada tahun 1921 meninggal dunia pada tahun berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]