George Earl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George Earl
No portrait.svg
Lahir 1824
Wafat 1908
Kewarganegaraan Inggris
Bidang melukis
Karya terkenal "The Field Trial Meeting"
Mempengaruhi Maud Earl

George Earl (1824–1908) ialah seorang pelukis, terutama tentang anjing-anjing sport dan hewan-hewan lainnya. Dia juga adalah ayah dari Maud Earl dan Percy Earl, diapun saudara dari Thomas Earl, ketiga-tiganya adalah pelukis hewan.

Earl adalah pecinta sport (bukan sekadar olahraga)[1] dan ini tercermin di dalam karya dan nama baiknya sebagai pelukis anjing. Dia juga anggota perintis The Kennel Club. Kendati dikenang sebagai seniman kanin oleh karena keberhasilannya melukis, namun dari 19 lukisan Earl yang dipamerkan di Royal Academy antara 1857 dan 1882 hanya dua adalah lukisan anjing[1].

Karya berharga[sunting | sunting sumber]

  • The Field Trial Meeting - Pelukisan percobaan medan mitos yang berlatarkan Bala, North Wales. Earl melibatkan banyak wajah-wajah percobaan anjing yang terkenal sepanjang hari bersama hewan-hewan itu. Salah satunya adalah 'Plunkett', satu-satunya Irish Setter yang dilukis[2]
  • Going North dan Coming South - Dua lukisan yang didanai oleh Sir Andrew Barclay Walker dari Perusahaan Minuman Keras Walker, lukisan-lukisan itu adalah karya naratif yang melukiskan kehidupan di stasiun kereta api. Kini dipelihara oleh National Railway Museum mereka diselamatkan pada 1990 dari sebuah pub Liverpool (The Vines in Lime Street). Going North mengisahkan sekelompok sahabat yang bertualang dari Kings Cross sampai ke Skotlandia pada musim panas. Karya mitranya Coming South menunjukkan kelompok itu sebulan kemudian di Stasiun Perth, ketika akan pulang dari petualangan.[3] Karya-karya itu menunjukkan banyak menit kehidupan stasiun Victoria dan juga menyertakan minat paten sport Earl di dalam bentuk anjing dan grouse.
  • Champions of England - Sederetan pengkajian gambar kepala anjing yang dilukis pada 1870-an, karya-karya itu diilustrasi di dalam sebuah buku dengan judul yang sama.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b George Earl biography Biography on Burlington gallery website
  2. ^ The Irish Setter in Sport and Field Trials John Nash
  3. ^ National Railway Museum Press release on acquisition of Going North and Coming South (18 March 2002)
  4. ^ George Earl biography Biography on Burlington gallery website

Pranala luar[sunting | sunting sumber]