George Argyros

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
George L. Argyros

George Leon Argyros (lahir 1937 di Detroit, Michigan) adalah mantan diplomat yang juga sukses menjadi pengusaha dan pemilik Major League Baseball.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

George Argyros lahir di Detroit, Michigan dan menghabiskan masa kecilnya di Pasadena, California. Kakeknya berasal dari Yunani. Argyros lulus dari Champman University pada tahun 1959 dari jurusan Bisnis dan Ilmu Ekonomi. Ia kemudian menjadi dewan perwakilan di universitas tersebut, dan menjadi ketua dewan pada tahun 1976 hingga 2001. Ia juga menjadi anggota dewan perwakilan di California Institute of Technology.

Ia dan istrinya, Julia, telah menikah selama 40 tahun dan dikaruniai tiga anak dan enam cucu.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Argyros mendapatkan kekayaan dari bisnis real estate yang digelutinya. Ia awalnya menjalani bisnis di bidang toko grosir sebelum ia beralih ke bisnis real estate. Sejak tahun 1981 hingga 1989 ia adalah pemilik dari tim baseball Seattle Mariners.

Saat ini, Argyros menjalankan bisnis lewat perusahaan real estatenya Arnel & Affiliates (DBA "Arnel Property Management Company"), yang mengelola apartemen dan berinvestasi di properti komersial. Arnel & Affiliates menjalankan bisnis terutama di wilayah selatan California. Dari bisnisnya tersebut, Argyros mendapatkan kekayaan total sekitar $1 milyar.[1]

Politik[sunting | sunting sumber]

Argyros pernah menjabat sebagai anggota Advisory Committee for Trade Policy and Negotiations untuk Departemen Perdagangan Amerika Serikat, dan mengundurkan diri pada tahun 1990, ketika Presiden Bush menunjuk ia untuk menjadi dewan di FreddieMac (Federal Home Loan Mortgage Corporation. Ia bertugas hingga akhir masa jabatannya pada tahun 1993.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "George Argyros". Forbes.com. Diakses 2007-09-28. 
Didahului oleh:
Edward L. Romero
Duta Besar Amerika Serikat untuk Spanyol
20012004
Diteruskan oleh:
Eduardo Aguirre