Geometri non-Euklides

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dalam matematika, geometri non-Euklides (bahasa Inggris: non-Euclidean geometry) adalah himpunan kecil geometri berdasarkan aksioma yang berkaitan erat dengan geometri Euklides. Jika geometri Euklides terbentang antara geometri metrik dan geometri Affine, geometri non-Euklides muncul saat ruang metrik tidak ada, atau postulat paralel diabaikan.

Perbedaan mendasar dari geometri metrik adalah keadaan garis paralel.

Cara lain untuk menggambarkan perbedaan antara geometri tersebut adalah dengan menggambarkan dua garis lurus dengan panjang tak hingga yang keduanya tegak lurus dengan sebuah garis ketiga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun geometri Euklides, dinamai sesuai matematikawan Yunani Euklides, meliputi beberapa matematika tertua yang terkenal, geometri non-Euklides tidak diterima secara luas dan sah sampai abad ke-19.

Debat yang menjadi permulaan penemuan geometri non-Euklides dimulai segera setelah karya Euklides Elemen ditulis. Dalam Elemen, Euklides memulai dengan asumsi berjumlah terbatas (23 definisi, lima notasi umum, dan lima postulat) dan membuktikan semua hasil lainnya dalam karyanya.