Geografi Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Keadaan alam[sunting | sunting sumber]

Irlandia merupakan daerah rendah yang dikelilingi oleh tanah tinggi. daerah rendah itu jarang melebihi tinggi 120 m, kecuali didaerah pegunungan dan dataran tinggi. Pada Umumnya lapisan tanh bawahnya terdiri dari batu gamping. Pantai laut irlandia sangat bervariasi. misalnya, pantai barat memiliki banyak teluk dengan pulau-pulau lepas pantai, seperti Pulau Achil, Pulau Valentia, dan Kepulauan Aran. Sedangkan pantai laut timur lebih teratur reliefnya dan hampir tidak memiliki pulau lepas pantai.

Lapisan Kulit Bumi Irlandia menunjukan tanda-tanda bekas kikisan es. Pada kawasan pegunungan ini banyak sekali terlihat bekas erosi glasial dan bahan fluvioglasial yang tebal tersebar memanjang dari timur ke barat, berselang-seling dan sejajar dengan lembah-lembah yang sabak dan batu gamping. Pada rangkaian pegunungan ini terdapat Pegunungan Mcgillicuddy's Reeks, dengan puncak tertinggi Gunung Carrauntoohill (1041 m). Dataran tinggi yang merupakan bingkai di bagian tepi irlandia, mencakup daerah pegunungan di wilayah Connacht di sebelah barat dan wilayah Donegal di sebelah utara. Dataran tinggi yang paling luas terdapat di sebelah timur , yakni di daerah pegunungan Wicklow. Wilayah Pegunungan Wicklow Memiliki puncak tertinggi di gunung lugnaqualla (926 m). Dengan terdapatnya dataran tinggi di daerah ini maka banyak terdapat sungai, seperti Sungai Erne, Lee, Liffey, dan Sungai Shannon yang merupakan Sungai Terpanjang (385 km) dibendung dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Iklim di Irlandia dipengaruhi dengan adanya lautan dan oleh arus teluk. Hal ini mengakibatkan Irlandia beriklim sejuk dan basah serta mudah berubah akibar udara laut yang bertiup dari samudra atlantik. Suhu rata-rata di irlandia pada bulan januari berkisar 5 C dan pada bulan juli berkisar 15 C. Sebagian Besar wilayah dataran rendah di irlandia menerima curah hujan lebih dari 3000 mm per tahun.