Genie In A Bottle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul CD single Genie In A Bottle

Genie In A Bottle adalah single debut pertama Christina Aguilera di album Christina Aguilera. Single tersebut menduduki urutan pertama selama 5 kali berturut-turut sebelum tergeser ke posisi kedua oleh single Bailamos dari Enrique Iglesias di tangga lagu U.S. Billboard 100. Single Genie In A Bottle ini berhasil mengalahkan debut single Britney Spears yaitu ...Baby One More Time yang bertahan di tangga lagu tersebut selama 3 kali.

Albumnya sendiri juga menempati urutan pertama untuk 200 daftar album terlaris versi U.S. Billboard 200 dengan angka penjualan mencapai lebih dari 200.000 keping setelah 1 pekan dirilis. Lagu tersebut juga menduduki posisi teratas di tangga lagu MTV Asia Hit List pada tahun 1999 selama 3 pekan, sebelum tergeser oleh single "Someday" dari Sugar Ray.

Debut single perdananya ini juga membawa Christina Aguilera memperoleh nominasi sebagai Best Female Pop Vocal dan Best New Artist di ajang Grammy Awards pada tahun 2000. Pada ajang tersebut Christina Aguilera memenangkan penghargaan sebagai Best New Artist (Artist Pendatang Baru Terbaik), menyisihkan beberapa saingannya antara lain Britney Spears dan Macy Gray.

Pada tahun 2000, bersamaan dengan dirilisnya album berbahasa latin dari Christina Aguilera yaitu Mi Reflejo, Christina Aguilera juga kembali menggarap video klip Genie In A Bottle versi latin, Genio Atrapado. Kedua video klip tersebut disutradarai oleh Dianne Martel yang juga pernah bekerja sama dengan Celine Dion dan Clay Aiken untuk menggarap beberapa video klip mereka. Video klip tersebut terdapat dalam enhanced CD album Mi Reflejo dan DVD My Reflection.