Genggang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kain genggang bercorak kotak-kotak hijau dan putih

Genggang (Inggris: gingham) atau ginggang[1][2] adalah kain tenun biasa bercorak kotak-kotak/garis-garis yang dibuat dari benang katun celup atau benang campuran.

Dalam bahasa Melayu, genggang adalah sejenis kain yang bercorak berjalur-jalur atau dam,[3] atau kain corak petak.[4]

Kata genggang diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi gingham melalui bahasa Belanda.[5][6] Meskipun sekarang kain gingham dari Inggris dikenali dari corak kotak-kotaknya yang khas, ketika awalnya diimpor oleh orang Eropa pada abad ke-17, kain ini adalah kain bergaris-garis. Ketika diproduksi oleh pabrik tenun di Manchester, Inggris pada pertengahan abad ke-18, kain ini mulai ditenun menjadi kain berpola kotak-kotak (lazimnya biru dan putih). Kain genggang kotak-kota lalu menjadi lebih umum, meski kain genggang bergaris-garis masih tersedia pada akhir periode Victoria.[7] Kain gingham dibuat menjadi baju anak-anak dan pakaian sehari-hari wanita pada abad ke-19 di Inggris.[7] Pria juga mengenakan jaket setrip-setrip dari kain gingham pada musim panas. Pada zaman Victoria, kain ini juga dipakai sebagai kain pelapis payung. Payung zaman Victoria bahkan disebut gingham.[7]

Kostum bermotif kotak-kotak yang dipakai Manchester United untuk musim 2012-2013 adalah pola kain genggang.[8] AKB48 memakai motif genggang untuk tema utama single ke-27 "Gingham Check".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "kain". The Worshipful Company of Weavers. Diakses 2012-08-20. 
  2. ^ Nieuw Nederlandsch-maleisch Woordenboek. Brill Archive. hlm. 325. 
  3. ^ "Pusat Rujukan Persuratan Melayu" (dalam bahasa Melayu). Kuala Lumpur, Malaysia: Dewan Bahasa dan Pustaka. Diakses 2012-8-20. "genggang: (génggang) sj kain yg bercorak berjalur-jalur atau dam; ~ lapis sj kuih yg dibuat drpd tepung." 
  4. ^ Mohd, Ainon binti; Abdullah bin Hassan. Kamus Inggeris-Melayu untuk perterjemah. Bentong: PTS Professional. hlm. 150. 
  5. ^ Online Etymology Dictionary
  6. ^ American Heritage Dictionary of the English Language
  7. ^ a b c "Did old-fashioned gingham always have checks?". Quezi. Diakses 2012-08-20. 
  8. ^ "Manchester United 12/13 Nike Home Football Shirt". footballshirtculture.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]