Gemak loreng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gemak Loreng)
Gemak loreng
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
T. suscitator
Nama binomial
Turnix suscitator

Gemak loreng (Turnix suscitator) atau Puyuh-gemak biasa adalah gemak, satu dari familia kecil burung yang mirip, tetapi tidak berhubungan dengan puyuh sejati. Spesies ini menetap dari India melewati wilayah Asia yang tropis ke selatan China, Indonesia dan Filipina.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Gemak loreng betina memiliki ukuran yang kecil. Bagian kepala, dada, sayap dan penutup sayapnya memiliki pola padat. Kepala disertai dengan bintik keputihan. Bagian leher dan dada atas berwarna hitam. Sementara bagian leher bawah hingga panggul memiliki garis-garis hitam putih. Di bagian sayapnya terdapat garis-garis berkilap berwarna hitam.

Gemak loreng jantan serupa dengan betinanya. Namun, pada pejantannya tidak ditemukan bercak hitam pada bagian leher dan dadanya[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2004). Turnix suscitator. 2006 IUCN Red List of Threatened Species. IUCN 2006. Diakses 11 May 2006. Database entry includes justification for why this species is of least concern
  2. ^ Robson, Craig (2020-02-06). Field Guide to the Birds of South-East Asia (dalam bahasa Inggris). Bloomsbury Publishing. hlm. 32. ISBN 978-1-4729-8139-4. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]