Gelembung renang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gelembung renang pada ikan

Gelembung renang adalah suatu organ pada ikan yang berupa kantong selaput berisi campuran gas dengan tekanan yang berubah-ubah.[1][2] Gas yang terdapat pada gelembung renang biasanya adalah gas oksigen.[3] Gelembung renang berfungsi untuk mengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air karena dengan alat itu ikan dapat menyesuaikan volume tubuh dan berat jenisnya dengan kedalaman air yang direnanginya sehingga ikan dapat tetap mempertahankan posisinya tanpa harus berenang secara terus-menerus.[2][1] Gelembung renang dapat ditemukan pada hampir semua jenis ikan.[1] Gelembung renang juga berfungsi sebagai ruang untuk beresonansi dalam menghasilkan atau menerima suara.[3] Beberapa spesies gelembung renangnya berisi minyak, bukan gas.[3] Gelembung renang tidak ditemukan pada beberapa ikan bertulang yang berenang pada perairan laut dalam dan pada semua ikan bertulang rawan seperti hiu, sepatu roda, dan sinar.[3] Selain fungsi yang telah disebutkan di atas, pada ikan paru-paru juga berfungsi sebagai alat pernapasan.[4] Gelembung renang terletak pada bagian rongga tubuh ikan.[3] Gelembung ikan dapat mengalami kerusakan atau kelainan yang umum dijumpai adalah luka dalam akibat berkelahi dan kelainan bentuk tubuh.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Kelainan Gelembung Renang". O-Fish. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-03-02. Diakses tanggal 25 Juni 2014. 
  2. ^ a b Van Hoeve. Ensiklopedia Indonesia, Jilid 7. Jakarta: Ichtiar Baru. hlm. 1100. 
  3. ^ a b c d e "Swim Bladder". Encyclopedia of Britannica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-01. Diakses tanggal 25 Juni 2014. 
  4. ^ "Sistem Pernapasan Ikan". Sentra Edukasi. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-19. Diakses tanggal 25 Juni 2014.