Gelang antistatik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gelang antistatik (bahasa Inggris: antistatic wrist strap, ESD wrist strap, atau ground bracelet) adalah alat yang digunakan untuk mencegah pengosongan elektrostatik (Bahasa Inggris: electrostatic discharge, yang disingkat ESD) dengan membumikan (grounding) seseorang yang sedang mengerjakan alat elektronika. Bagian gelang merupakan tenunan elastis berserat konduktif. Serat biasanya terbuat dari karbon atau karet berisikan karbon, dan gelang dikancingkan dengan sebuah lempengan atau penjepit baja anti karat. Gelang antistatik biasanya digunakan bersama-sama dengan tatakan anti statik di atas meja kerja, atau lapisan plastik penghilang statis di permukaan meja kerja.

Sebuah gelang antistatik berpenjepit buaya

Gelang dihubungkan ke tanah melalui sebuah kabel terlilit yang dapat ditarik kembali dan resistor megaohm, yang membolehkan muatan bertegangan tinggi lewat tapi mencegah bahaya kejutan listrik saat sedang bekerja dengan bagian bertegangan rendah. Dimanapun tegangan tinggi berada, hambatan tambahan (0,75 megaohm per 250V) ditambahkan di dalam jalur ke tanah untuk melindungi sang pemakai dari arus yang berlebihan; ini biasanya berbentuk 4 resistor megaohm di dalam kabel terlilit (atau 2 resistor megaohm di setiap ujung).

Gelang antistatik di dalam industri biasanya dihubungkan ke Earth Bonding Point (bagian dari sistem pentanahan) melalui sumbat 4 mm atau 10 mm press stud, sedangkan gelang antistaik milik pribadi dihubungkan ke tanah melalui sebuah jepitan buaya.

Di samping gelang, industri juga menggunakan gelang pergelangan kaki dan tumit untuk menyalurkan muatan yang terakumulasi dari tubuh pekerja. Piranti-piranti ini biasanya tidak dihubungkan ke permukaan bumi, tapi digabungkan dengan hambatan tinggi di dalam konstruksinya, dan bekerja dengan menghamburkan muatan listrik ke ubin lantai khusus. Karena kabel pentanahan akan mengganggu pergerakan pekerja, gelang digunakan saat pekerja harus bergerak di dalam sebuah wilayah kerja, seperti di dalam ruang bedah.

Tersedia pula kabel nirkabel atau disipatif, walau tingkat keterandalannya masih belum diketahui. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]