Geek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Geek sering dikaitkan dengan penghargaan untuk matematika. #ALIH Templat:Butuh rujukan Di sini, angka Pi memanjang dari logo pada sebuah mobil.

Kata geek adalah istilah gaul untuk orang aneh atau non-mainstream, dengan konotasi yang berbeda mulai dari "seorang ahli komputer atau antusias" sampai dengan "orang yang sangat tertarik pada hobi", dengan makna peyoratif umum dari" orang aneh atau dislikable, terutama orang yang dianggap terlalu intelektual ".[1]

Kata ini berasal dari dialek bahasa Inggris geek, geck: fool, freak; dari Low German geck, dari Middle Low German. Akar kata geck masih bertahan dalam Bahasa Belanda dan Afrikaans gek: gila, serta beberapa dialek Jerman, dan dalam kata Alsatian Gickeleshut: topi geek, yang digunakan dalam karnaval.[1]

Kata ini muncul dalam pengertian modern dari penggemar sains, matematika, atau teknologi pada cerita pendek Robert Heinlein tahun 1952 berjudul "The Year of the Jackpot".

Sebelumnya, di abad ke-18 di Austria-Hungaria, Gecken adalah orang aneh yang ditunjukkan oleh beberapa sirkus. Pada abad ke-19, di Utara-Amerika, istilah kutu buku disebut aneh di sirkus Sideshow (lihat juga pertunjukan orang aneh). Dalam beberapa kasus, kinerjanya termasuk menggigit kepala off ayam hidup. American Heritage Dictionary edisi 1976 hanya memasukkan definisi mengenai geek show.

Meskipun sering dianggap sebagai merendahkan, istilah ini juga sering digunakan self-referentially tanpa kebencian atau sebagai sumber kebanggaan. Contohnya adalah 'Geek Squad' dari perusahaan Best Buy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Dictionary: Geek". Dictionary.com-Merriam-Webster entry. Diakses 2007-10-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]