Gedung Thomas Jefferson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gedung Thomas Jefferson

Gedung Thomas Jefferson adalah salah satu dari tiga gedung Perpustakaan Kongres Amerika Serikat. Gedung ini mulai dibangun tahun 1890 dan selesai tahun 1897. Sebagai bangunan tertua yang ditempati Perpustakaan Kongres, gedung ini dikenal dengan interior dan muka bangunan yang mendetail. Arsiteknya adalah John L. Smithmeyer yang digantikan oleh asistennya, Paul J. Pelz, dan dilanjutkan oleh Edward Pearce Casey.[1] Gedung ini berada di First Street SE, antara Independence Avenue dan East Capitol Street di Washington, D.C., Amerika Serikat.

Gedung ini telah dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 2008.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ruang baca utama

Pustakawan Perpustakaan Kongres, Ainsworth Rand Spofford mengajukan usul ke Kongres agar dibangun gedung baru untuk Perpustakaan Kongres karena jumlah koleksi terus meningkat. Pada waktu itu, Perpustakaan Kongres masih menempati salah satu bagian di Gedung Capitol. Tidak hanya kebutuhan anggota Kongres semakin meningkat, perpustakaan juga memerlukan gedung baru untuk menjalankan tugasnya sebagai perpustakaan deposit. Berdasarkan Undang-Undang Hak Cipta tahun 1870, pemohon hak cipta diwajibkan menyerahkan 2 buah salinan karya ke Perpustakaan Kongres. Peraturan wajib simpan ini menyebabkan Perpustakaan Kongres dibanjiri oleh buku, pamflet, peta, musik, dan foto.

Pembangunan gedung baru disetujui Kongres pada tahun 1886, dan pembangunannya memakan waktu 11 tahun. Peresmian gedung baru Perpustakaan Kongres dilakukan tanggal 1 November 1897, dan hanya disebut Gedung Perpustakaan Kongres. Pada 13 Juni 1980, nama gedung ini diganti menjadi Gedung Thomas Jefferson unyuk mengenang jasa mantan Presiden Thomas Jefferson yang ikut membantu pendirian Perpustakaan Kongres pada tahun 1800. Jefferson menawarkan koleksi buku pribadinya kepada Kongres, bulan September 1814. Sebulan sebelumnya, tentara Inggris dalam serangan ke Washington, D.C. membakar Gedung Capitol berikut koleksi buku di dalamnya.

Sekolah pesuruh[sunting | sunting sumber]

Aula Utama Gedung Thomas Jefferson

Di bagian loteng aula utama pernah dipakai sebagai sekolah bersama yang disebut Capitol Page School. Sekolah ini mendidik pelajar sekolah menengah atas sebagai Pesuruh Senat, Dewan Perwakilan Amerika Serikat, dan Mahkamah Agung Amerika Serikat. Sekarang tempatnya dipakai sekolah Pesuruh Dewan Perwakilan Amerika Serikat. Pesuruh Senat bersekolah di lantai bawah tanah asrama mereka. Pendidikan untuk masing-masing lembaga sudah dipisah, dan program Pesuruh Mahkamah Agung sudah dihapus.

Auditorium Coolidge[sunting | sunting sumber]

Di gedung ini terdapat aula konser bernama Auditorium Elizabeth Sprague Coolidge. Sejak diresmikan pada tahun 1933, aula ini sudah digunakan untuk lebih dari 2.000 konser musik, terutama musik kamar serta kadang-kadang jazz dan folk. Nama aula ini berasal dari peminat seni bernama Elizabeth Sprague Coolidge dan tidak ada hubungannya dengan Presiden AS Calvin Coolidge.

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Gedung ini dihiasi oleh lebih dari 40 pelukis dan pemahat Amerika Serikat.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Casey adalah putra Brigjen Thomas Lincoln Casey, Kepala Korps Zeni Angkatan Darat Amerika Serikat.
  2. ^ The Thomas Jefferson Building: On These Walls: Inscriptions and Quotations in the Buildings of the Library of Congress - the John Adams Building

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs web berikut ini adalah situs Perpustakaan Kongres yang isinya berstatus domain publik

Wikidata: Thomas Jefferson Building