Gayus Lumbuun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangGayus Lumbuun
Biografi
Kelahiran19 Januari 1948 (76 tahun)
Kota Manado
  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Indonesia 

1r Oktober 2009 – 30 September 2014
Daerah pemilihan: Jawa Timur V

Data pribadi
AgamaKekristenan
PendidikanUniversitas Indonesia
Kegiatan
PekerjaanPolitikus
Partai politikPartai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Prof. Dr. Topane Gayus Lumbuun, S.H., M.H. (lahir 19 Januari 1948) adalah Pengacara dan Politikus asal indonesia yang mengawali kariernya sebagai seorang advokat dengan membuka Kantor Hukum Gayus Lumbuun & Associates. Sebagai seorang Advokat, Gayus dapat dikategorikan sebagai seorang Advokat yang berhasil, berbagai kasus dan berbagai perusahaan papan atas pernah menjadi kliennya.[1]

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Pengalaman berorganisasi dalam profesi Advokat, Gayus mengawalinya dengan duduk sebagai pengurus di DPC IKADIN Cabang Jakarta Barat, Ketua Bidang Litbang DPP Ikadin dan terakhir sebagai Wakil Ketua Umum DPP IKADIN, sebelum terpilih menjadi anggota Komisi III DPR-RI pada periode 2004-2009 dan 2009-2014 dari PDI Perjuangan, mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

Namun sebelum habis masa jabatannya yang kedua, Gayus Lumbuun yang juga adalah Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang lulus dengan predikat cumlaude pada tahun 2002 dan Guru Besar Hukum Administrasi Negara dari Universitas Krisnadwipayana pada tahun 2006, terpilih sebagai Hakim Agung pada Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2018. Ia sempat juga menjabat sebagai Ketua IKAHI Cabang Mahkamah Agung RI. Selama menjabat sebagai anggota Komisi DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ia pernah duduk sebagai Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR RI (2004-2009) dan Ketua Badan Kehormatan DPR RI (2009-2010), serta berbagai pimpinan Panitia Khusus (Pansus), di antaranya menjadi Wakil Ketua Pansus Hak Angket Bank Century.

Di bidang pendidikan, Gayus Lumbuun juga terkenal aktif mengajar di berbagai universitas dan memiliki sebuah lembaga kajian hukum yang bernama Jakarta Study Centre. Pada tahun 2021 Gayus Lumbuun mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Prof. Gayus Lumbuun di Jakarta.

Pria asal Minahasa ini dikaruniai 3 orang anak: Ciska Chatarina Lumbuun, SH. MH. MKn.; Dr. Ronald Lumbuun, SH. MH. yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum & HAM Sulawesi Utara dan Abraham Sinjal Lumbuun, BA. MBA..dari hasil pernikahannya dengan Sylvia Lumbuun.

Gayus juga terkenal sebaga hakim agung 'spesialisasi' untuk hukuman mati.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Topane Gayus Lumbuun". merdeka.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-07. Diakses tanggal 25 Januari 2023. 
  2. ^ ""Gayus Lumbuun, Hakim Agung 'Spesialis' Hukuman Mati!"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-11-14. Diakses tanggal 2014-11-12.