Suluk Gatoloco

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gatoloco)
Langsung ke: navigasi, cari

Suluk Gatoloco (bahasa Jawa: gatholoco, IPA: /gaʈoloco/) merupakan sebentuk suluk mistisisme Jawa yang diperkirakan berasal dari awal abad ke-19, berbahasa Jawa Baru. Sejak pertama kali dikaji oleh orang Belanda, suluk ini sudah mengejutkan karena gaya penulisannya yang sangat terbuka dan di beberapa bagian vulgar, jauh berbeda dengan karya-karya semasanya.[1] Sebagai karya sastra tampaknya suluk ini dibuat sebagai "serangan balik" dari pihak-pihak yang tidak setuju dengan aplikasi aturan-aturan fiqh yang ketat, yang dicoba diterapkan pada masa itu. Oleh kalangan Islam revivalis Indonesia masa kini, kitab ini sering kali digunakan sebagai contoh gerakan menentang penerapan fiqh.[2]

Gatoloco merupakan nama tokoh utama dalam kitab ini, yang digambarkan sebagai orang yang berpenampilan buruk, berbau busuk, bermulut kotor, penghisap candu, pembantah, filosofis, dan berpikiran seksual.[3] Ia ditemani oleh bujangnya yang bernama Darmogandul.[4] Adanya tokoh Darmogandul ini menimbulkan spekulasi keterkaitan antara suluk ini dengan Serat Darmagandhul, kitab yang juga kritis terhadap penyebaran Islam di Jawa. Arti kata gatholoco dalam bahasa Jawa (gatho: barang tersembunyi, loco: mengocok, mengelus) sudah berasosiasi ke penis karena memang dimaksudkan sebagai simbol seksual kelelakian.

Penggunaan lain[sunting | sunting sumber]

Terdapat aliran kebatinan yang menggunakan nama Gatholoco.

Nama gatoloco juga digunakan sebagai nama kesenian rakyat daerah Kedu.[5] Nama itu dipakai sebagai singkatan dari "digathuk-gathuke dadine lucu", memanfaatkan kepopuleran nama Gatoloco yang dipakai sebagai judul suluk populer ini. Kesenian ini tidak ada hubungan dengan suluk, kecuali kesamaan nama.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anderson, Benedict. 1981. The Suluk Gaṭoloco: Translated and with an Introduction. JSTOR 32:109-150.
  2. ^ Misalnya di situs swaramuslim.net ini.
  3. ^ Anderson, Benedict. 1998. The Spectre of Comparisons: Nationalism, Southeast Asia, and the World, Londres, Verso, pp. 126. ISBN 1859841848. Diakses 8 Mei 2011.
  4. ^ Sambodja, Asep S. Tebaran seks dari Gatoloco hingga Lady Chatterley's Lover. Suatu esei dalam blog.
  5. ^ Sholahuddin, Kembalinya Gatoloco ke Bumi Magelang, 10 Nopember 2006. Artikel Suara Merdeka online. Diakses 4 Oktober 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]