Gare d'Austerlitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk Gare d'Austerlitz.
Rel menuju Gare d'Austerlitz (dengan sebuah kereta suburban) membentang ke selatan Bibliothèque nationale de France`.

Gare d'Austerlitz (Stasiun Austerlitz) merupakan satu dari stasiun kereta api besar di Paris. Stasiun ini terletak di tepi kiri sungai Seine di tenggara kota, yaitu arrondissement XIIIe. Stasiun ini menjadi asal jalur utama Paris-Bordeaux dan Paris-Toulouse, tetapi sejak pengenalan TGV Atlantique—yang dilayani oleh Gare Montparnasse—Austerlitz telah kehilangan banyak layanan jarak jauhnya menuju baratdaya Prancis. Austerlitz digunakan oleh 25 juta penumpang per tahun, sekitar setengah jumlah penumpang di Montparnasse.

Namanya berasal dari kota Ceko, Slavkov u Brna (Bahasa Jerman: Austerlitz). Napoleon Bonaparte mengalahkan Koalisi Ketiga dalam jumlah besar pada 2 Desember 1805 pada Pertempuran Austerlitz.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gare d'Austerlitz dibangun pada 1840 dengantujuan untuk melayani Paris-Corbeil, kemudian Paris-Orleans. Sebuah perpanjangan 1865-1868 dirancang oleh arsitek Pierre-Louis Renaud.

Masa depan[sunting | sunting sumber]

Sebuah proyek rehabilitasi besar Gare d'Austerlitz sedang berlangsung. Empat rel baru sedang dalam konstruksi dan semua rel yang sudah ada juga dipasang. Interior stasiun juga akan dibangun ulang untuk menerima TGV Sud-Est dan TGV Atlantique, dipindahkan dari Gare de Lyon dan Gare Montparnasse. Semua pekerjaan direncanakan akan terwujud pada 2020, melibatkan penggandaan aktivitas stasiun.

Stasiun terdekat[sunting | sunting sumber]

Jalur lainnya yang melayani stasiun ini[sunting | sunting sumber]

Gare d'Austerlitz juga mengelola stasiun Métro de Paris dan RER.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

48°50′32″N 2°21′57″E / 48.84222°N 2.36583°E / 48.84222; 2.36583