Garamond

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Garamond
Type Garamond.jpg
Kategori Serif
Klasifikasi Old Style
Perancang Claude Garamond
Dibuat 1540

Garamond adalah rupa huruf berkait (serif) dengan gaya old style yang dirancang dan dikembangkan oleh Claude Garamond (14801561). Rupa huruf ini berkembang pada abad pertengahan, terutama setelah ditemukannya nenek moyang mesin cetak oleh Johannes Gutenberg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Claude Garamond

Claude Garamond adalah murid Antoine Augereau, seorang pendidik dan pencetak buku yang lebih menyukai gaya venetian (Italia) daripada gaya blackletter (Jerman). Pada awal karirnya, ia juga sempat bekerja di percetakan Simon de Colines, Geoffroy Tory, dan Robert Estienne di Paris.[1] Majikannya, Robert Estienne adalah pencetak bagi kerajaan Perancis untuk bahasa Yahudi, Latin dan Yunani. Selanjutnya ia memilih untuk bekerja independen dan mendirikan usahanya sendiri.[2]

Pada sekitar tahun 1540-an, Claude Garamond ditunjuk untuk membuat rupa huruf Yunani oleh Raja Perancis Francis I, yang akan digunakan untuk mencetak serangkaian buku karya Robert Estienne. Ia mere-desain kembali rupa huruf Grec du Roi yang juga digunakan oleh Robert Estienne, menjadi tiga ukuran khusus untuk mencetak buku-buku Yunani ini. Selain itu, Lembaga Pengadilan Perancis yang menggunakan rupa huruf ini untuk materi cetakan mereka, sejak itulah Garamond banyak digunakan di Eropa Barat.

Gaya rupa huruf ini mungkin terpengaruh oleh rupa huruf romawi gaya Venetian yang dihasilkan oleh Francesco Griffo untuk percetakan Aldus Manutius. Selain itu huruf kecilnya banyak dipengaruhi oleh tulisan tangan Angelo Vergecio, pustakawan dari Raja Perancis Francis I. Sedangkan untuk teks latinnya, berdasarkan asisten Garamond, Robert Granjon.

Setelah kematiannya tahun 1561, koleksi rupa huruf metal ini dijual ke Christopher Plantin seorang Perancis yang tinggal di Antwerp dan pabrik huruf the Le Bé. Mereka menggunakan Garamond sampai beberapa dekade ke depan. Rupa huruf metal ini masih dapat kita jumpai di Museum Plantin-Moretus. Sedangkan rupa huruf Garamond lainnya dijual ke Egenolff-Berner, sebuah pabrik huruf di Frankfurt. Mereka mengeluarkan specimen pada tahun 1592 yang menjadi dokumentasi penting dalam perkembangan rupa huruf Garamond.

Pada tahun 1961, 60 tahun setelah kematian Garamond, seorang Perancis Jean Janon (1580-1635) membuat specimen rupa huruf yang karakternya memiliki kesamaan design dengan Garamond. Material cetak Jean janon ini sempat hilang selama hampir 200 tahun, tetapi kemudian ditemukan kembali di The French national printing office tahun 1825. Saat itu mereka salah mengidentifikasikan karya Jean Janon ini dengan karya Claude Garamond. Kebenaran akan arsip ini baru terungkap pada tahun 1927 oleh penelitian Beatrice Warde.

Setelah perkembangan teknologi cetak mencetak, beberapa pabrik huruf kembali mere-desain rupa huruf berbasis Garamond. salah satunya adalah Adobe Garamond™ yang didesain oleh Robert Slimbach tahun 1989. Pada versi ini ditambahkan beberapa tambahan karakter seperti small caps, titling caps, expert fonts, and swash caps.

Rupa huruf Garamond dalam beberapa versi[sunting | sunting sumber]

  • Adobe Garamond
  • Stempel Garamond
  • EB Garamond
  • Sabon Next
  • ITC Garamond

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Artikel:"Claude Garamond" di Linotype
  2. ^ From Gutenberg to Opentype; Robin Dodd; Hartley & Marks Publishers; Kanada; 2006; ISBN:0-88179-210-1

Pranala luar[sunting | sunting sumber]