Ganden Tripa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ganden Tripa atau Gaden Tripa (Wylie: dGa’-ldan Khri-pa) ("Holder of the Ganden Throne") adalah gelar pemimpin spiritual Agama Buddha di Tibet mazhab Gelug (Wylie:Dge-lugs) mulai dari pertengahan tahun 1600 sampai dengan tahun 1950. Ia sangat mirip dengan Bhikkhu Kepala bhikkhu yang dihormati dari Vihara Ganden. Mazhab Gelug untuk sementara waktu dipimpin oleh Dalai Lama, sebuah posisi yang memiliki kekuasaan politik tertinggi akan tetapi sebaliknya pada peringkat kerohanian.

Ganden Tripa merupakan kantor yang ditunjuk, bukan merupakan garis reinkarnasi. Ia diberikan peringkat berdasarkan ujian kemampuan. Posisi ini bukan merupakan posisi seumur-hidup, hingga saat ini telah terdapat lebih banyak Ganden Tripa daripada Dalai Lama (101 berbanding 14).

Tsongkapa (Wylie: Tsong-ka-pa) (1357-1419), yang mendirikan sekte Gelug, atau penerusnya, Gyaltasab Je (Wylie: Rgyal-tshab-rje), salah-satunya dianggap sebagai Ganden Tripa pertama. (Setelah Tsongkhapa meninggal dunia, pengajarannya dipegang dan dijaga oleh Gylatsab Je dan Khedrub Je yang merupakan bhikkhu kepala di Vihara Ganden. Silsilah ini dipegang oleh Ganden Tripa; pemegang tampuk kepemimpinan Vihara Ganden)

Pada Januari 2003, Pemerintahan Tibet dalam Pengungsian mengumumkan pencalonan Ganden Tripa yang ke-101. Kutipan dari jumpa pers memberikan sedikit latar-belakang-nya:

Ganden Trip yang ke-101, Yang Mulia Khensur Lungri Namgye rinpoche dilahirkan pada tahun 1927 di Kham, bagian Timur Tibet. Ditabhiskan pada usia delapan tahun, dan setelah lima puluh tahun melakukan pelaksanaan dan pembelajaran meditasi, ia diangkat oleh Y.M. Dalai Lama sebagai penerus bhikkhu kepala dari Sekolah Tantra Gyutö (pada tahun 1983), dan sebagai bhikkhu kepala dari Universitas Monastik Ganden Shartse (pada tahun 1992). Pada tahun 1986, ia merupakan utusan khusus dari Y.M. Dalai Lama untuk pertemuan ekumenis Asisi di Itali yang diadakan oleh Y.M. Paus Yohanes Paulus II. Ia adalah warga negara Perancis dan telah tinggal lebih dari 20 tahun di Paris, Perancis. Ia mengajarkan Agama Buddha dari garis mazhabnya di sebuah pusat Dharma bernama Thar Deu Ling[1] yang ia dirikan pada tahun 1980.[2]

Ganden Tripa ke-101 sekarang ini adalah Khensur Lungri Namgyal (dan bukan Dalai Lama, seperti yang seringkali disalah artikan).

Y.M. Lobsang Nyingma Rinpoche, Ganden Trip ke-100[3] sekarang ini menjalani masa pensiun dan bertempat tinggal di Dharamsala bersama-sama dengan Dalai Lama ke 14.

Daftar Ganden Tripa[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Perancis)Thar Deu Ling Official Website
  2. ^ (Inggris) Nomination of the 101st Ganden Tripa, supreme head of the Gelugpa lineage, World Tibet Network News, Wednesday, January 22, 2003
  3. ^ (Inggris) His Eminence Lobsang Nyima, the 100th Gaden Throne Holder
  4. ^ (Inggris) Brief History of Ganden Monastery The Buddhist Archives of Dr. Alexander Berzin
  5. ^ (Inggris) Kagyu Office website