Game Zone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Game Zone
Format Kuis
Pembawa acara Tamara Geraldine
Alex Abbad (2002-2004)
Irfan Hakim (2004-2006)
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Jumlah episode 221
Produksi
Durasi 60 menit (dengan iklan)
Rumah produksi Integrated Broadcast Solution
Siaran
Saluran asli TPI
Penayangan awal 5 Januari 2002 – 25 Maret 2006
Kronologi
Dilanjutkan oleh Super Game (ANTV, 2010-2011)

Game Zone adalah salah satu kuis Indonesia yang ditayangkan di TPI (sekarang MNCTV) sejak tanggal 5 Januari 2002 sampai 25 Maret 2006, setiap Sabtu pukul 19:30-20:30 WIB. Dalam acara ini, 6 kontestan akan saling adu kecepatan, ketepatan, dan kecermatan, dengan hadiah utama berupa uang tunai Rp14.000.000,00. Kuis ini dibawakan oleh Tamara Geraldine dan Alex Abbad yang kemudian digantikan oleh Irfan Hakim.
Sejak tanggal 27 Desember 2010 sampai 3 Mei 2011, kuis ini bereinkarnasi menjadi Super Game yang ditayangkan di Antv.

Aturan permainan[sunting | sunting sumber]

Modal awal untuk setiap kontestan adalah 10 poin.

Apache[sunting | sunting sumber]

Di babak Apache, ke-6 kontestan akan bergantian memperagakan kata petunjuk; setelah menjadi pemeraga, kontestan akan menjadi penjawab. Kontestan penjawab harus dapat menebak kata petunjuk yang tertulis pada helm yang dipakaikan di kepala kontestan penjawab. Waktu yang disediakan hanya 15 detik setiap kata petunjuk. Ada 10 pilihan kata petunjuk. Semakin banyak kata penunjuk yang tertebak, semakin mudah pula ke-6 kontestan menebak penggalan syair sebuah lagu. Waktu yang disediakan kepada ke-6 kontestan untuk berunding menebak penggalan syair lagu tersebut adalah 30 detik.
Jika kata petunjuk tertebak, pemeraga dan penjawabnya akan mendapat tambahan 1 poin. Jika penggalan syair lagu tertebak benar, setiap kontestan akan mendapat tambahan 5 poin lagi.

Tebak Gaya[sunting | sunting sumber]

Di babak tebak gaya, ke-6 kontestan akan diperlihatkan video klip suatu lagu yang memiliki gerakan tari dan diperagakan di lantai dansa. Video klip akan dimainkan 2 kali, penayangan pertama hanya dilihat saja, dan penayangan ke-2 diperagakan. Kontestan yang gerakannya paling mirip dengan gerakan tari di video klip akan menempati posisi terdepan, berhak memilih kategori, dan mendapat poin ekstra sebanyak 1 poin.
Selanjutnya, kontestan terdepan akan memilih 1 dari 10 kategori yang ada, setelah pintu pembatas antarkontestan ditutup. Kemudian, kontestan terdepan akan memperagakan sesuatu yang terdapat dalam kategori pilihannya tersebut kepada kontestan ke-2 selama pintu pembatas I terbuka. Ketika pintu pembatas I ditutup, pintu pembatas II akan terbuka, dan kontestan ke-2 memperagakan sesuatu yang diperagakan kontestan terdepan. Pintu II ditutup, pintu III terbuka, sampai pintu IV ditutup, dan pintu V terbuka. Setelah pintu pembatas V ditutup, kontestan terakhir akan diberikan petunjuk akhir berupa jumlah kata dari sesuatu yang diperagakan tersebut. Waktu berpikir untuk menebak sesuatu yang dimaksud adalah 10 detik. Jika kontestan ke-6 berhasil menebaknya dengan tepat, maka semua kontestan mendapat poin ekstra sebanyak 5 poin. Jika kontestan ke-5 berhasil menebaknya dengan tepat, maka kontestan terdepan sampai ke-5 mendapat poin ekstra sebanyak 4 poin. Demikian seterusnya, jika kontestan ke-2 berhasil menebaknya dengan tepat, maka kontestan terdepan sampai ke-2 mendapat poin ekstra sebanyak 1 poin. Sebaliknya, jika tidak ada satupun dari kontestan ke-2 sampai ke-6 yang dapat menebaknya dengan tepat, semua kontestan tidak mendapat poin ekstra dari peragaan gaya.
Selanjutnya, permainan lantai dansa dimainkan kembali sampai kategori ke-3.

Tebak Bibir[sunting | sunting sumber]

Di babak tebak bibir, ke-6 kontestan akan bermain pesan berantai. Ada 10 pilihan penggalan syair lagu. Peraturan permainan sama dengan babak sebelumnya, tetapi dimankan di dalam ruangan berbentuk silinder transparan berpintu, dan semua kontestan harus memakai headphone. Jika kontestan terakhir dapat menyanyikan kembali penggalan syair lagu tersebut dengan benar, semua kontestan akan mendapatkan poin ekstra sebanyak 3 poin. Sebaliknya, jika kontestan terakhir tidak dapat menyanyikan kembali penggalan syair lagu tersebut dengan benar, maka kontestan "pengacau/biang kerok" akan dikurangi perolehan poinnya sebanyak 1 poin, dan kontestan lainnya yang menjadi korban dari kesalahan kontestan "pengacau/biang kerok" itu tidak akan berubah perolehan poinnya. Hanya 4 dari 10 pilihan penggalan syair lagu yang akan dimainkan.
Setelah babak tebak bibir selesai, skor akhir ke-6 kontestan akan diumumkan. Kontestan dengan skor terbesar akan masuk babak bonus. Jika ada 2 atau lebih kontestan memperoleh skor terbesar, maka akan diadakan babak tie break, yaitu dengan mengambil undian angka 1-9 yang tertutup. Kontestan dengan angka terbesar berhak masuk ke babak bonus.

Babak Bonus[sunting | sunting sumber]

Babak bonus hanya dimainkan oleh kontestan pemenang. Di babak ini, kontestan pemenang akan memilih 3 dari 10 nomor. Tujuh dari 10 nomor tersebut berisi simbol bom di dalamnya dan 3 nomor sisanya berisi simbol Rp. Tiga nomor yang dipilih harus berisi simbol Rp untuk memenangi hadiah bonus Rp10.000.000,00, sehingga total hadiah yang diperoleh kontestan pemenang adalah Rp14.000.000,00. Jika ada nomor pilihan kontestan pemenang berisi simbol bom, maka kontestan pemenang tidak berhak memenangi hadiah bonus Rp10.000.000,00.

Perolehan hadiah[sunting | sunting sumber]

  • Rp2.000.000,00 masing-masing untuk 5 kontestan yang kalah
  • Rp4.000.000,00 untuk kontestan pemenang dan kalah di babak bonus
  • Rp14.000.000,00 untuk kontestan pemenang dan menang di babak bonus