GameFAQs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
GameFAQs
Logo GameFAQs saat ini.
The GameFAQs home page during Character Battle V.
Halaman utama GameFAQs pada Oktober 2006.
URLhttp://www.gamefaqs.com/
TipePermainan video
Perdagangan ?Ya
Registration (en)Tidak diperlukan (diperlukan untuk berkontribusi dan menuliskan buletin)
LangueInggris
PemilikCNET Networks, Inc.
PembuatJeff "CJayC" Veasey
Service entry (en)5 November, 1995
NegaraAmerika Serikat
Peringkat Alexa390 (28 November 2017)

GameFAQs adalah sebuah situs web yang menyediakan pertanyaan yang sering diajukan (dalam bahasa Inggris disebut frequently asked questions sehingga disingkat FAQs) dan petunjuk untuk permainan video. Situs web ini dibentuk pada bulan November 1995 oleh Jeff "CJayC" Veasey dan saat ini dimiliki oleh CNET Networks sejak bulan Mei 2003. Situs web ini menyediakan banyak informasi permainan video, kode curang, tinjauan, berkas penyimpanan permainan, dan cuplikan layar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

GameFAQs dimulai dengan nama Video Game FAQ Archive pada 5 November, 1995. Awalnya situs ini adalah halaman peralihan dari Arsip FTP Andy Eddy's. Versi awal di situs tersebut menyediakan kurang lebih 10 halaman dan 100 FAQ. Pada 1996, situs ini berpindah ke situs sekarang yaitu Gamefaqs.com dan berubah menjadi GameFAQs.

Pada bulan berikutnya, desain dan isinya telah berkembang situs ini, yaitu dua gaya baru diperkenalkan pada awal 1997 untuk mendukung penggunaan tabel pada penjelajah web. Dua fitur lainnya yang ditambahkan adalah enjin pencarian permainan dan halaman yang dapat dibuat oleh kontributor.

Kerjasama dengan IGN[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1997, setengah GameFAQs dimiliki oleh Imagine Games Network (IGN), diikuti dengan kerjasama di Halaman Utama. Kontes yang pertama mulai diadakan, kontes pada bulan pertama, yang dimulai pada 1998, menerima 253 pendaftaran. Saat itu GameFAQs telah mengubah latar dari situsnya, termasuk warna merah jambu, sebelum akhirnya menggunakan warna biru tua pada tahun 2004.

Pada bulan November 1999, terdapat beberapa perubahan pada situs tersebut. Pada 5 November, kotak pencarian ditambahkan pada semua halaman, saat itu situs ini merayakan hari ulang tahunnya ke-4. Pada 7 November, papan pesan dibuka dengan mode BETA. "Poll of the Day" (Jajak pendapat) diperkenalkan pada akhir bulan. Perubahan ini membuat Veasey meningkatkan konsentrasinya pada situs tersebut, dan saat itulah GameFAQs menjadi pekerjaannya seumur hidup. Sampai saat ini, ia telah bekerja sebagai programmer. Pada 9 Agustus, 2000, situs ini telah diakses sebanyak satu juta kali untuk pertama kalinya. Pada tahun 2001, "GameFAQs Chat" (sebuah peladen obrolan IRC) telah diluncurkan, tetapi, telah dihilangkan pada Mei 2001.