Galeria Valeria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Galeria Valeria (wafat 315) merupakan putri Kaisar Romawi Diokletianus dan istri rekan-kaisarnya Galerius.

Potret Galeria Valeria pada salah satu koinnya yang mengandung gelarnya Augusta

Lahir sebagai Valeria dari Diokletianus dan Prisca, ia menikah dengan Galerius pada tahun 293, ketika ayahnya mengangkatnya ke posisi Caesar. Pernikahan ini dengan jelas memperkuat ikatan di antara dua kaisar.

Galeria merasa simpatik terhadap umat Kristiani ketika Galerius menganiaya mereka.

Galeria dinaikkan gelarnya menjadi Augusta dan Mater Castrorum pada bulan November 308. Karena ia tidak dapat memberikan keturunan pada Galerius, Galeria mengangkat anak haram suaminya, Candidianus, sebagai anaknya.

Ketika Galerius wafat pada tahun 311, Licinius dipercayakan untuk merawat Valeria dan ibunya Prisca. Namun kedua wanita tersebut melarikan diri dari Licinius ke Maximinus Daia, yang putrinya dijodohkan dengan Candidianus. Tak lama kemudian, Valeria menolak lamaran Maximinus, yang menangkap dan menyekapnya di Siria dan menyita harta bendanya. Setelah kematian Maximinus, Licinius memerintahkan agar kedua wanita tersebut dihukum mati. Valeria melarikan diri dan bersembunyi selama setahun, sampai ia ditemukan di Thessaloniki. Ia ditangkap oleh massa dan dihukum pancung di pusat kota, jenazahnya kemudian dibuang kelaut. Ia dikanonisasikan sebagai santa dengan ibunya (lihat Santa Aleksandra).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Prisca
-
Eutropia
Permaisuri Romawi
305–311
(dengan Flavia Maximiana Theodora, Valeria Maximilla and Fausta)
Diteruskan oleh:
Fausta