Gaius Claudius Glaber

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gaius Claudius Glaber adalah komandan militer Romawi. Dia menjabat sebagai praetor dan legatus pada tahun 73 SM dan terkenal karena dikalahkan oleh Spartacus dalam pertempuran di Gunung Vesuvius pada Perang Budak Ketiga.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Glaber disebutkan sebagai salah satu komandan yang dikirim oleh Senat Romawi untuk menghentikan pemberontakan Spartacus. Sebagai satu dari delapan praetor, dia termasuk pejabat tingkat tinggi, hanya berada di bawah dua konsul. Tidak banyak yang diketahui mengenainya. Sebagai anggota keluarga pleb dengan hubungan jauh dengan keluarga Claudius yang terkenal, dia tidak pernah menjadi konsul dan tidak memiliki keturunan. Menurut Barry S. Strauss, "ketidakjelasannya merupakan tanda lainnya bahwa betapa sedikitnya perhatian Romawi terhadap Spartacus" pada tahun 73 SM.[1]

Glaber mengumpulkan pasukan sebanyak 3.000 orang, bukan legiun Romawi, melainkan milisi "yang dikumpulkan dengan terburu-buru dan acak, karena Romawi belum menganggap ini sebagai perang, melainkan hanya penjarahan, seperti serangan perampokan."[2] Pasukan Glaber mengepung para budak di Gunung Vesuvius, menghalangi satu-satunya jalan keluar dari gunung itu. Dengan keadaan seperti itu, Glaber merasa puas dan menunggu hingga para budak kelaparan dan menyerah.

Meskipun para budak tidak terlatih secara militer, mereka ternyata menunjukkan kecerdasan dalam memanfaatkan benda di sekitarnya.[3] Dalam keadaan terkepung, pasukan Spartacus membuat tali dari tanaman merambat yang tumbuh di sana lalu menggunakannya untuk menuruni tebing di sisi lain gunung. Mereka berjalan memutari kaki gunung dan berbalik mengepung pasukan Glaber lalu mengalahkannya.[4] Nama Glaber tidak disebutkan lagi setelah pertempuran itu.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Strauss, p. 52
  2. ^ Appian, Civil Wars, 1:116.
  3. ^ Frontinus, Stratagems, Book I, 5:20–22 and Book VII:6.
  4. ^ Plutarch, Crassus, 9:1–3; Frontinus, Stratagems, Book I, 5:20–22; Appian, Civil Wars, 1:116; Broughton, Magistrates of the Roman Republic, p. 109. Note: Plutarch and Frontinus write of expeditions under the command of "Clodius the praetor" and "Publius Varinus", while Appian writes of "Varinius Glaber" and "Publius Valerius".