Gado-gado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gado Gado)
Gado-gado
Gado-gado
Tempat asalIndonesia
DaerahJawa Timur, Surabaya[1]
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pembuatan gado-gado sedang dipersiapkan.
Resep bumbu gado-gado

Gado-gado adalah makanan yang terdiri atas sayur-sayuran, kentang, tempe, tahu, telur rebus, dan lain-lain diberi bumbu sambal kacang dan sebagainya.

Sejarah

Adanya gado-gado bermula pada abad ke-17 (1628-1629), saat Kesultanan Mataram yang dipimpin Sultan Agung melakukan Penyerbuan di Batavia, kehabisan pasokan bahan makanan terutama beras. Selain itu, lumbung-lumbung beras di sekitar Batavia dibakar oleh VOC, sehingga membuat prajurit warok dari Ponorogo yang tergabung dalam pasukan perang membuat sambal bumbu pecel dari kacang tanah, kemudian disiramkan ke berbagai sayuran mentah yang ada di sekitar persawahan untuk bertahan hidup.[2][3] Tindakan ini dalam Bahasa Jawa disebut Gadho yang berarti makan hanya lauk saja atau makan lauk tanpa nasi. Resep gado-gado kemudian diikuti oleh prajurit lainnya untuk memakan sayur seadanya yang disiram cairan bumbu pecel.[4][5][6][7][8] Seiring perkembangan zaman, kini gado-gado ditambahkan lontong yang diiris kecil, telur, tahu dan kerupuk yang disajikan di warung kecil hingga restoran.[9]

Bahan-bahan

Sayuran

Sayur-sayuran yang sering digunakan dapat bervariasi, walau sayuran yang biasa digunakan adalah:

  • Sayuran hijau yang diiris kecil-kecil seperti selada, kubis, bunga kol, kacang panjang, dan taoge
  • Sayuran lainnya seperti pare dan mentimun
  • Kentang rebus yang diiris
  • Telur rebus
  • Tempe
  • Tahu
  • Jagung Pipil

Dengan perkecualian telur dan kentang rebus, sayur-sayuran yang digunakan biasanya masih dalam keadaan mentah. Walau kadang-kadang sayuran seperti kubis dan bunga kol bisa juga direbus air panas. Ada juga sayuran yang kadang-kadang dimasak dengan uap air panas.[10]

Saus kacang

Salah satu perbedaan gado-gado dari selada sayur lainnya adalah saus kacang yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus kacang ini juga dapat bervariasi. Bahan yang biasa digunakan adalah:

Terkadang juga ditambah:

Lihat pula

Referensi

  1. ^ Story, Ayana (2019-06-20). "Fakta Gado-gado, Kuliner Khas indonesia dengan Asal Usul yang Misterius". IDN Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-18. Diakses tanggal 2020-12-19.  (Indonesian)
  2. ^ Asal Usul Gado-Gado, Makanan Perang Prajurit Mataram di Batavia yang Bikin Mesut Ozil Jatuh Cinta[1]
  3. ^ Gado-gado Harus Diaduk, Ini Filosofinya Menurut Ahli Sejarah Kuliner[2]
  4. ^ gadho (gaDo) : K.N. enkel vleesch eten zonder toespijs. Sumber: Javaansch-Nederduitsch Woordenboek, Gericke en Roorda, 1847, #16.
  5. ^ gadho : KN. anggadho, iets dat anders bij de rijst gegeten wordt, zooals vleesch, visch, samběl of lombok, alleen eten, zonder rijst er bij; vrg. ook jambal. Waj. I, 279: kula gadhone atine. — gadhon, de naam v. e. vleeschkost in bladeren gewikkeld en gestoomd Wk., Tj. I, 372, BG. 274. Musiceeren met een onvolledig stel, alleen met de voornaamste deelen v. d. gamlělan [Red. gamělan.] (vgl. klênengan, kêmagan). Sumber: Javaansch-Nederlandsch Handwoordenboek, Gericke en Roorda, 1901, #918.
  6. ^ gadho (gaDo) : ng-[x] kn mangan lawuh iwak lsp. tanpa sêga; ng-[x] ati pr: tansah gawe susahing ati; [x]-[x] kn: bngs. pêcêl. Sumber: Bausastra Jawa, Poerwadarminta, 1939, #75.
  7. ^ gadho : [x]-[x] vegetable salad with peanut-butter sauce. [x]-n 1 steamed beef-and-egg roll. 2. a music program consisting of a minimum selection of gamelan melodies. ng-[x] to eat the accompanying dishes without the rice. Tak ng-[x] iwak pitik bae ya? Is it all right if I have just chicken? ng-[x] ati to cause constant sorrow for smn. Bocah iki tansah ng-[x] ati. I'm always eating my heart out over this child. Sumber: Javanese-English Dictionary, Horne, 1974, #1968.
  8. ^ udap-udapan [Ind] : saèm. gadho-gadho (pêcêl, rujak lsp). Sumber: Bausastra Indonesia-Jawi, Purwadarminta, c. 1939, #1979.
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-06. Diakses tanggal 2022-04-13. 
  10. ^ "Gado Gado salad". BBC Good Food (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-15. Diakses tanggal 2021-11-27. 

Pranala luar

Buku resep Wikibooks memiliki artikel mengenai