Gad (nabi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gad (artinya "mujur"; disebut "Gad, pelihat itu" atau "Gad sang pelihat"; bahasa Ibrani: גד החוזה, Gāḏ ha·khō·zeh) adalah seorang nabi atau pelihat yang disebut dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Ia hidup pada sekitar akhir abad ke-11 SM sampai awal abad ke-10 SM dan merupakan salah satu nabi pribadi raja Israel, Daud. Sejumlah tulisannya diyakini termasuk ke dalam Kitab Samuel,[1] terutama mengenai riwayat Daud.[2] Pertama kalinya ia disebut pada ayat 1 Samuel 22:5 ketika memberitahu Daud untuk kembali ke tanah Yehuda.

Rujukan terpenting dalam Alkitab mengenai nabi Gad adalah pada 2 Samuel 24:11-13, di mana setelah Daud mengakui dosa kesalahannya karena memerintahkan pelaksanaan sensus atas penduduk Israel dan Yehuda, Allah mengutus nabi Gad untuk memberikan kepada Daud tiga pilihan penghukuman dari Allah.

Gad disebut terakhir kalinya pada 2 Samuel 24:18, pada waktu ia datang kepada Daud dan memberitahukannya untuk mendirikan sebuah mezbah bagi Allah setelah Ia menghentikan tulah yang dipilih oleh Daud.

Sebuah makam yang diyakini merupakan kuburan Gad terdapat pada Halhul, Tepi Barat.

Tawarikh Gad sang Pelihat[sunting | sunting sumber]

Kata-kata, catatan riwayat, atau tawarikh, dari "Gad, pelihat itu", yang disebutkan pada 1 Tawarikh 29:29 dan umumnya dianggap teks yang hilang.

Templat:Nabi dalam Alkitab

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Apologetics Press - The Canon and Extra-Canonical Writings.
  2. ^ 1 Tawarikh 29:29