Gad (dewa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gad (nama dewa) merupakan salah satu nama dewa.[1][2] Nama ini menunjuk pada dewa di Semit pada zaman dahulu kala.[1] Gad merupakan nama dari dewa keberuntungan.[2] Ia sepadan dengan beberapa dewa, seperti Tyche yaitu dewa dari Yunani dan Fortuna yaitu dewa dari Latin.[2] Bukti bahwa Gad merupakan dewa keberuntungan banyak ditemukan dalam beberapa teks, seperti teks dari Kanaan, teks dari Fenisia, Teks dari Hauran, dan teks dari Arab.[2] Gad juga terdapat dalam tulisan-tulisan dari Yahudi.[2] Dalam tulisan-tulisan tersebut, ia dikaitkan dengan diidentifikasikan dengan planet yang bernama Jupiter.[2] Nama itu juga mempunyai arti yang umum yaitu roh.[2] Nama Gad juga dapat menunjuk kepada nama individu.[2] Hal ini terdapat dalam tulisan-tulisan dari Ugarit, Amori, dan Fenisia.[2] Gad juga dikenal dalam tulisan-tulisan yang berasal dari Palmyrene.[2] Dalam tulisan ini, nama Gada dipakai seperti sebuah gelar, seperti Gad dari Tadmor.[2] Gad membawa keberuntungan yang baik kepada siapa yang memberikan atau mengorbankan seekor kambing baginya.[1]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Gertrude Jobes. 1962. Dictionary of Mythology Folklore and Symbols. New York: The Scarecrow press. Hlm 620.
  2. ^ a b c d e f g h i j k (Inggris) Karel Van Der Toorn et.all. 1999. Dictionary of Deities and Demons in the Bible. Hlm 339-341.