GMX Mail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

GMX Mail atau Global Mail Exchange adalah layanan e-mail gratis yang merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh United Internet, sebuah perusahaan layanan internet milik Jerman yang mendirikan GMX Mail pada tahun 1997. GMX Mail merupakan sebuah perusahaan saudara dari 1 & 1 Internet dan Fasthosts Internet. Layanan GMX Mail sudah mendukung POP3, IMAP dan SMTP, serta dapat terintegrasi dengan perangkat-perangkat mobile (handphone, smartphone, PDA, tablet). GMX Mail dapat diakses dengan menggunakan browser Firefox, Internet Explorer, Safari maupun Opera. Selain itu GMX Mail bekerja pada system web sehingga tidak memerlukan download dan dapat bekerja di belakang firewall. GMX Mail kompatibel untuk digunakan dengan operating system seperti Windows, Mac OS / Mac OS X, ataupun Linux. [1]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Seperti penyedia jasa layanan webmail lainnya, GMX Mail sudah mampu mendukung versi terbaru dari browser Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, dan Google Chrome. GMX Mail juga mendukung fitur filter, penggantian tema dan warna dasar, signature, penjawab otomatis (autoresponder), mail collector, penyaringan spam, serta virus scanning. Dalam layanannya, GMX Mail memiliki fitur-fitur sebagai berikut.

Perlindungan[sunting | sunting sumber]

GMX Mail memiliki fitur perlindungan dari virus, yang bekerja secara otomatis. Perlindungan tersebut dapat melindungi dari virus, worm, dan trojan, bahkan yang tersimpan dalam format file terkompresi. Mailbox GMX Mail dilindungi dari spam dengan menggunakan tujuh modul anti-spam, sehingga e-mail yang tidak diinginkan menjadi 98% lebih sedikit. GMX Mail juga meiliki fitur perlindungan dari malware dan spam dengan aksesibilitas webmail dijamin lebih dari 99%. Dengan fitur perlindungan yang dimiliki oleh GMX Mail, e-mail spam dapat diminimalisir. Hal ini dikarenakan anti-spam modul memberikan penghalang serta memblokir e-mail masuk yang tidak diinginkan sebelum mencapai kotak masuk. GMX Mail juga menggunakan spam blacklist yang memfasilitasi untuk melakukan pengaturan dan memblokir secara pribadi. Sistem perlindungan yang dimiliki oleh GMX Mail dapat secara otomatis memindai setiap email dan attachment yang mengandung virus dan trojan, baik inbound dan outbound. GMX Mail juga dapat melindungi e-mail yang diambil dari account lain dengan layanan Mail Collector.[2]

Drag and Drop[sunting | sunting sumber]

GMX Mail melakukan pengembangan dalam memudahkan penggunaan layanan webmail mereka yang kemudian diwujudkan dalam fitur fungsionalitas drag and drop. Fitur ini dikembangkan dengan tujuan mempermudah perpindahan pesan dan konten dengan lebih cepat dan mudah. Proses penggunaannya serupa dengan proses pemindahan icon di desktop dengan cara mengklik, menggeser, dan meletakkannya.

Pilihan Domain[sunting | sunting sumber]

GMX Mail memberikan memiliki pilihan domain alamat e-mail karena menganggap pilihan domain sebagai salah satu daya tarik bagi layanan webmail, pilihan tersebut antara lain @GMX.com, @GMX.co.uk, GMX.us, @GMX.fr, @ GMX.it, @ GMX.pt, @ GMX.ph, @ GMX.com.my, @ GMX.sg, @ GMX.es, @ GMX.hk dan pilihan-pilihan lainnya.

Mail Collector[sunting | sunting sumber]

Mail Collector pada GMX Mail memiliki fungsi untuk mengambil dan mengumpulkan pesan dari semua alamat e-mail lain (gmail, hotmail, Yahoo! Mail) yang didaftarkan oleh pengguna dan kemudian menyortirnya. Mail collector juga memungkinkan untuk mengambil catatan dari akun e-mail lainnya dan memindahkannya serta mengaturnya di GMX Mail. Mail Collector berfungsi seperti layaknya Mozilla Thunderbird yang mengefektifkan satu program untuk membuka semua e-mail, hanya saja dalam hal ini Mail Collector berbasis web.

E-Organizer[sunting | sunting sumber]

GMX Mail memiliki fitur untuk membuat dan melacak janji pribadi, mengatur pengingat, dan mencetak berbagai format. Fitur ini juga dapat mengintegrasikan Webstorage dan buku alamat. E-organizer dalam hal ini memiliki fungsi yang mirip dengan Mozilla Sunbird. Hanya saja perbedaannya terletak pada penggunaan web sebagai basis fitur organizer oleh GMX.

GMX On The Go[sunting | sunting sumber]

GMX Mail menawarkan fitur untuk membuka e-mail di telepon genggam dan perangkat mobile lainnya. Fasilitas webmail dapat diakses dengan cara menambahkan POP3 dan klien IMAP, dan kemudian e-mail dapat diakses dari perangkat-perangkat tersebut.

Kapasitas Penerimaan dan Pengiriman[sunting | sunting sumber]

GMX Mail menyediakan layanan pengiriman dan penerimaan email yang besar. Kapasitas yang disediakan tersebut dapat menampung file saat mengirim dan menerima pesan sampai 50 MB atau kira-kira berjumlah sama dengan sekitar 30 foto dengan resolusi tinggi dalam satu kali pengiriman pesan. Fasilitas File Storage yang disediakan oleh GMX Mail dapat dikendalikan secara penuh atas siapa yang dapat melihat file, dan untuk berapa lama. File tersebut dapat diakses dari komputer manapun yang terhubung ke internet atau sebagai hard drive virtual pada desktop dengan huruf drive sendiri.

Penyimpanan Online[sunting | sunting sumber]

GMX Mail menyiapkan kapasitas 5 GB untuk penyimpanan file online [3] yang dapat menyediakan cukup banyak ruang dalam kotak masuk, kapasitas ini kira-kira setara dengan jumlah sekitar 10.000.000 e-mail. Hal ini mempermudah pengarsipan e-mail sehingga tidak perlu memindahkan pesan yang dianggap penting ke hard drive lagi karena kapasitas penyimpanan tersebut sudah mencukupi. Selain dari kapasitas 5 GB yang ditawarkan oleh tempat penyimpanan utama, terdapat tempat penyimpanan dengan kapasitas tambahan. Penyimpanan tambahan tersebut memiliki kapasitas 2 GB ruang untuk penyimpanan gambar dokumen dan media. Selain itu GMX Mail juga menyediakan Traffic Bar yang memungkinkan pengguna untuk melihat jumlah lalu lintas pada ruang penyimpanan yang sedang dialihkan atau digunakan sendiri ataupun digunakan oleh tamu.

GMX Mail menyiapkan fasilitas keamanan dalam melakukan transfer file dengan kapasitas besar melalui File Storage. Dengan layanan koneksi SSL yang ditawarkan oleh GMX Mail, keamanan penggunaan dapat terjamin dengan baik. Untuk mencegah kehilangan data, fitur penyimpanan data yang disediakan oleh GMX Mail dirancang untuk mampu menyimpan data pada beberapa sistem backup yang berbeda, sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu backup storage, data tetap dapat diakses dari backup data lainnya.

Layanan Pengguna (User Lab)[sunting | sunting sumber]

GMX Mail mengembangkan layanan dengan cara menerima masukan dan keluhan dari para pengguna layanan mereka. Pada tampilan halaman utama GMX.com terdapat pilihan User Lab yaitu fasilitas yang dikhususkan bagi para pengguna layanan untuk turut serta dalam pengembangan layanan GMX Mail. Dalam fasilitas User Lab ini terdapat forum diskusi yang memfasilitasi pengguna untuk saling berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Selain itu pada fasilitas UserLab juga disediakan tempat untuk memberikan keluhan dan saran untuk mendukung pengembangan layanan GMX Mail. Pada layanan ini juga ditampilkan ide-ide dari pengguna yang dianggap bagus atau yang telah diproses utuk kemudian diterapkan sebagai salah satu fitur oleh GMX Mail.

Pada fasilitas UserLab juga terdapat tempat bagi provider GMX Mail untuk melakukan uji coba fitur terbaru mereka. Pada fasilitas uji coba ini provider GMX Mail meletakkan fitur yang akan diuji coba sehingga para pengguna layanan dapat mencobanya dan memberikan respon. Kemudian pihak GMX Mail akan memutuskan apakah akan mengembangkan fitur tersebut atau menghentikannya berdasarkan voting dari para pengguna tersebut.

Program Energi Ramah Lingkungan[sunting | sunting sumber]

United Internet selaku perusahaan pengembang GMX Mail telah bermitra dengan Bonneville Environmental Foundation [4] (BEF) untuk mengimbangi 100% dari penggunaan energi pusat data GMX Mail di Lenexa, Kansas, dengan membeli Sertifikat Energi Terbarukan. Mayoritas energi terbarukan tersebut akan bersumber dari Mills Bowersock dan fasilitas tenaga air Power Company di Lawrence, Kansas. Fasilitas listrik tenaga air digunakan karena dinilai memiliki dampak lingkungan yang rendah oleh Low Impact Hydro Institute (LIHI).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.gmx.com/features.html About GMX Mail diakses pada 17-03-2011
  2. ^ http://www.gmx.com/AH_1006762360.html About GMX Mail diakses pada 17-03-2011
  3. ^ http://email.about.com/od/freeemailreviews/gr/gmx_mail.htm diakses pada 17-03-2011
  4. ^ http://www.b-e-f.org/, Bonneville Environtmental Foundation, diakses pada 17-03-2011