G. Venkatasubbaiah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
G. Venkatasubbaiah
G Venkatasubbaiah.jpg
Prof. Venkatasubbaiah
Lahir 23 Oktober 1913
Mysore
Pekerjaan Guru, peneliti dan penulis
Periode menulis Abad ke 20
Tema Leksikografi

Profesor G. Venkatasubbaiah; Kannada:ಪ್ರೊ ಜಿ.ವೆಂಕಟಸುಬ್ಬಯ್ಯ; (lahir di Mysore, India, 23 Oktober 1913; umur 100 tahun.[1].) adalah leksikografer Bahasa Kannada, yang telah menggabungkan 10 kamus, dan mengedit lebih dari 20 buku dan menerbitkan bahan bacaan. Ia disebut sebagai bapak kamus Kannada modern. [2]

Masa awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Venkata Subbaiah adalah anak dari seorang ilmuwan bahasa Sanskerta dan Kannada, Ganjam Thimmanniah. Dia berhasil mempertahankan gelar Master of Art di Maharaja College di Mysore pada tahun 1932, dan menjadi juara pertama Maharaja College. Kemudian ia menjadi guru Bahasa Kannada di Maharaja College, almamaternya dan di Vijaya College di Bangalore.

Kontribusi sastra[sunting | sunting sumber]

Venkatasubbaiah dikenal kontribusinya dalam sastra Kannada karena telah membuat kamus Bahasa Kannada yang menggabungkan lebih dari 10 kamus terdahulu. Kamus ini juga diterjemahkan ke abjad Braille oleh Pusat Transkripsi Braile Bank Kanara.[3]. Ia juga menulis sebuah kolom "Igo Kannada" di sebuah koran harian berbahasa Kannada yaitu koran Prajavani. Artikel karangannya dipublikasikan di kolom "Igo Kannada" dan digabungkan di sebuah buku. Ia juga memimpin pembuatan sebuah kamus yang berjudul Klishtapada Kosha (kamus kata sulit Kannada) .[4] Dia juga bekerja sebagai Wakil Ketua Asosiasi Leksikografer India selama 17 tahun. Pada tahun 1998, beliau ditunjuk sebagai penasehat pada proyek kamus multibahasa di Institute of Asian Studies di Chennai. Ia juga ditunjuk sebagai anggota penasehat dalam proyek abjad leksikon Telugu oleh Akademi Bahasa Telugu di Andhra Pradesh.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Venkatasubbaiah telah mendapat beberapa penghargaan, diantaranya penghargaan Akademi Kannada Sahitya, Karnataka Rajyotsava dan penghargaan Nadoja, yaitu gelar kehormatan yang sejajar dengan gelar Dokter Literatur (D.Litt)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Venkatasubbaiah deserves Jnanpith: Haranahalli". Online Edition of The Hindu, dated 2003-01-20. Diakses 2007-10-26. 
  2. ^ "G. Venkatasubbaiah given Masti Award". Online Edition of The Hindu, dated 2005-06-20. Diakses 2007-10-26. 
  3. ^ "Braille version of dictionary". Online Edition of The Deccan Herald, dated 2007-03-30. Diakses 2007-10-27. 
  4. ^ K. N. Venkatasubba Rao. "Expert for permanent lexicography section". Online Edition of The Hindu, dated 2007-05-02. Diakses 2007-10-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]