G.O (penyanyi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Jung Byung Hee (Hangul: 정병희; Hanja: 鄭丙熙; 6 November 1987 ), juga dikenal dengan nama panggung G.O, adalah vokalis utama dari grup idola dari Korea Selatan MBLAQ. G.O terkenal dengan penampilannya yang tidak biasa sebagai seorang idola, dimana dia adalah idola pertama yang debut dengan kumis dan jenggot.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Jung Byung Hee (정병희) atau G.O adalah vokalis utama dari grup idola Korea Selatan MBLAQ. Dia merupakan anggota tertua kedua dalam grup setelah Leader Yang Seung Ho. Sebelum bergabung dengan MBLAQ, G.O merupakan anggota dari sebuah project group yang beranggotakan tiga orang, TYKEYS, dan debut pada tahun 2007. G.O merupakan anak terakhir di keluarganya dan mempunyai dua orang kakak perempuan. Saat masih SMA, G.O mengikuti sebuah kompetisi menyanyi nasional dimana dia mendapatkan peringkat kedua, sedangkan peringkat pertama didapatkan oleh SNSD Kim Taeyeon yang berumur dua tahun lebih muda darinya. G.O kemudian memutuskan untuk keluar dari sekolah dan merantau untuk mengejar cita-citanya untuk menjadi seorang penyanyi. [1]

Karier musik[sunting | sunting sumber]

TYKEYS (타이키즈)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Jung Byung Hee debut di bawah naungan TY Entertainment bersama grupnya, TYKEYS, dengan nama panggung Jang Goon. TYKEYS merupakan grup trio yang bergenre RnB, terdiri dari dua orang vokalis utama (Baek Soo Kyung dan G.O) serta seorang rapper (Kim Hyun Jung). TYKEYS merilis satu album berjudul TYKEYS Vol.1 - TY Project No.1 pada tanggal 27 Februari 2007 dengan single andalannya "I'm Sorry" serta "Old and Young (연상연하)[2]. TYKEYS bubar ketika perusahaan yang menaungi mereka bangkrut pada tahun yang sama. G.O kemudian mengakhiri kontraknya lewat pengadilan [3].

MBLAQ[sunting | sunting sumber]

Dua tahun kemudian, di 2009, G.O debut kembali sebagai vokalis utama sebuah grup idola beranggotakan lima orang, MBLAQ, yang berada di bawah naungan J. Tune Entertainment. MBLAQ dilatih oleh Rain yang sekaligus menjadi co-producer. Nama panggung G.O diberikan oleh Rain, yang berasal dari kata dalam Bahasa Inggris "Go!" dengan harapan dia akan terus maju ke depan. MBLAQ debut pada tanggal 9 Oktober di konser "Rain's Legend of Rainism" dimana mereka membawakan lagu-lagu dari single album mereka yang belum dirilis "Just BLAQ". Penampilan mereka disambut dengan berbagai pujian oleh para penonton dan fans, sehingga dianggap sebagai TVXQ berikutnya.
Single pertama MBLAQ, "Oh Yeah", dirilis melalui MV pada tanggal 14 Oktober, bersamaan dengan single album debut mereka "Just BLAQ". MBLAQ melakukan debut siaran mereka pertama kalinya di Mnet's M! Countdown dengan single "Oh Yeah". Single kedua mereka "G.O.O.D Luv" menyusul pada tanggal 10 Desember. Tahun 2010, single album kedua mereka "Y" dirilis tanggal 19 Mei dengan lagu andalan berjudul sama "Y".
Dedangkan full-album pertama mereka "Blaq Style" dirilis tanggal 10 Januari 2011 dengan lagu andalan "Cry" dan "Stay". MBLAQ mengeluarkan album debut Jepang mereka pada tanggal 4 Mei, dimana lagu mereka "Your Luv" berhasil menduduki peringkat pertama "Oricon Daily Chart" di hari yang sama, dan berada di posisi kedua "Oricon Weekly Chart" seminggu setelah rilis. Lagu tersebut juga digunakan untuk soundtrack film animasi adaptasi dari komik Marvel "Blade".
Masih pada tahun yang sama, 2011, tanggal 12 Juli, MBLAQ mengeluarkan mini album "Mona Lisa" yang berisi enam lagu baru. Lagu andalannya yang berjudul "Mona Lisa" menduduki peringkat pertama di website musik Jerman "Viva" serta "Popcore TV" Bulgaria. Single baru berbahasa Jepang mereka, "Baby U", menduduki peringkat kedua Oricon Daily Chart di hari yang sama dengan tanggal rilisnya, 26 Oktober, serta digunakan untuk soundtrack opening animasi Jepang Beelzebub.
Tanggal 3 Januari 2012, MBLAQ merilis lagu "Scribble" bersama dengan mini album keempat mereka "100% Ver". Lagu andalannya "This is War (전쟁이야)" dirilis tanggal 10 Januari. Album "100% Ver" berisi lima lagu baru, "Scribble", "This is War (전쟁이야)" , "Run", "아찔한 그녀 (She's Breathtaking)", dan "Hello My Ex".
MBLAQ kemudian mengeluarkan album kompilasi yang berisi beberapa kumpulan lagu mereka dari berbagai album pada tanggal 7 Maret. Tanggal 30 Juli, G.O bersama Mir pertama kali mempertunjukkan lagu sub-unit mereka "Wild" di konser mereka "The Blaq% Tour" di Jakarta.

Solo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2010, G.O berkolaborasi dengan J.Ae dalam lagu "I Can't Tell you This is The End" yang dirilis pada tanggal 10 Februari. G.O kemudian berkolaborasi dengan Jung Yop dalam lagu "You Are My Lady" (23 April), dengan Nassun dalam lagu "O-IWI-O" (rilis 2 Sep) dan "One" (rilis 29 Nov), lalu dengan Brown Eyed Girl JeA dalam lagu "Because You Sting" (rilis 28 Des).
G.O juga berpartisipasi dengan penyanyi dari berbagai grup idola K-Pop untuk menyanyikan lagu tema untuk G20 Seoul Summit 2010. G.O bersama Gyuri (KARA), Seohyun (SNSD), Junsu (2PM), Changmin (2AM), Jaekyung (Rainbow), Jonghyun (SHINee), Sungmin (Super Junior), Kahi (After School), Luna (f(x)), JiEun (SECRET), Junhyung (B2ST), Gayoon (4minute), Min (miss A), Bumkey (2wins), G.NA, Son Dambi, Seo In Kook, IU, dan Anna turut ambil bagian dalam menyanyikan lagu tema berjudul "Let's Go".
Tanggal 3 Juli 2011, G.O merilis single digitalnya "Even In My Dreams 내 꿈에서라도", berkolaborasi dengan Mir dimana G.O menulis lirik dan mengkomposisinya sendiri, disusul dengan "Believe" pada 25 Oktober 2011 yang dijadikan termasuk dalam soundtrack film "Mr. Idol". [4]

Tanggal 16 Oktober 2012, G.O tampil dalam video musik Ailee untuk lagunya yang berjudul "I’ll Show You“. G.O juga menciptakan lagu berjudul "You're the Only One" untuk grup idola baru A-Prince.

Televisi[sunting | sunting sumber]

2009[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 2009, MBLAQ muncul pertama kali dalam program Mnet's MBLAQ -The Art of Seduction- yang mencetak rekor rating. Chanel musik Mnet Jepang memutuskan untuk membuat dokumentasi perjalanan MBLAQ ke Jepang dalam acara fanmeeting Rain, menjadikan mereka bintang tamu pertama untuk acara "2010 K-Pop Star series".Film dokumenter tersebut, yang berjudul "Yo! Tokyo" disiarkan pada awal 2010, bercerita tentang pengalaman mereka bertemu kebudayaan Jepang selama empat hari. Tanggal 15 Desember 2009, diumumkan bahwa MBLAQ akan berpartisipasi dalam Idol Show season ke-lima (Hangul: 아이돌 군단의 떴다! 그녀!, lit. Idol Army, She Has Arrived!), dimana episode pertamanya disiarkan sehari kemudian. Untuk acara ini, MBLAQ menjalani syuting selama 16 episode.

2010[sunting | sunting sumber]

Mulai 18 Februari 2010, G.O. bersama member MBLAQ lainnya, Lee Joon menjadi co-host (MCD Guys) untuk acara musik M! Countdown. Bertepatan dengan FIFA World Cup 2010, MTV Korea membuat acara bernama "Idol United", dimana anggota-anggota boyband membentuk tim sepakbola untuk bertanding satu sama lain. Sebanyak 14 orang turut berpartisipasi, yang merupakan campuran dari boyband U-KISS, ZE:A, F.Cuz, and D-NA Dae Guk Nam Ah), serta anggota MBLAQ lainnya, Seungho, Lee Joon dan Mir. Akhir Mei, MBLAQ berpartisipasi dalam GOMTV's Making the Artist, film dokumenter mini tentang hidup mereka sebagai artis. Sejumlah empat episode didokumentasikan selama promosi untuk "Y". Bersamaan dengan promosi untuk "Y" pula, MBLAQ membintangi seri final M.Net's 'Celebrities Go to School'. Mentor mereka untuk acara ini adalah aktor Kim Soo-Ro. Acara tersebut mulai disiarkan bulan Agustus 2010. MBLAQ menjadi cameo dalam drama Rain tahun 2010 "Fugitive (Korean: 도망자)", dimana proses syuting bertempat di Saitama JEFF Hall. Anggota MBLAQ juga muncul dalam drama Lee Joon "Housewife Kim Kwan Ja's third Activity".

2011[sunting | sunting sumber]

Bulan Maret, MBLAQ berpartisipasi dalam MNet Wide's new corner, Refreshing Interview, membintangi acara mereka sendiri yang berjudul "Sesame Player". Keseluruhan acara berjumlah 13 episode, dan Infinite terpilih untuk membintangi Season 2.

2012[sunting | sunting sumber]

Mereka menjadi ayah dalam acara "Hello Baby season 5" dimana mereka mengasuh tiga anak yang berasal dari latar belakang berbeda. G.O berpartisipasi dalam sebuah drama SBS, berjudul "Ghost" (a.k.a. Phantom) yang akan disiarkan setelah "Rooftop Prince" tamat. G.O juga bergabung dalam MBLAQ sub-unit album bersama Mir, dimana lagu pertama mereka "Wild" pertama kali dinyanyikan dalam konsernya di Indonesia. G.O adalah anggota permanen dalam acara "Immortal Song 2" bersama idola-idola lainnya seperti Junsu 2PM, Changmin 2AM, dll.