G-14

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

G-14 adalah sebuah organisasi dari klub sepak bola Eropa yang eksis dari tahun 2000 hingga 2008. Organisasi ini didirikan pada tahun 2000 oleh 14 klub papan atas Eropa dengan tujuan untuk memberikan satu suara dalam negosiasi dengan UEFA dan FIFA. Anggota baru hanya dapat bergabung berdasarkan undangan saja. Pada Agustus 2002, empat anggota baru bergabung sehingga jumlah anggota menjadi 18. Walaupun demikian, nama organisasi tidaklah berubah.

G-14 intinya merupakan kelompok yang dibentuk untuk menyeimbangi keputusan-keputusan dari UEFA atau FIFA yang diindikasikan sering mengambil keputusan yang berkaitan dengan liga sepak bola Eropa tanpa berkonsultasi dengan klub-klub partisipannya.

Klub-klub yang tergabung dalam G-14 tersebar di tujuh negara yang telah memenangkan sekitar 250 gelar juara nasional secara total. Tiga klub masing-masing datang dari liga utama Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol dan dua dari Belanda – liga utama dari enam negara ini umum dianggap sebagai liga utama dari sepak bola Eropa. Anggota lainnya adalah FC Porto dari Portugal. Sampai dengan tahun 2006 klub-klub anggota G-14 telah memenangi 40 gelar Liga Champions dari 51 musim yang telah diselenggarakan.

Sebanyak 22% dari keseluruhan pemain yang berpartisipasi di Piala Dunia FIFA 2006 bermain di klub-klub G-14.

Pada 15 Februari 2008, UEFA dan G-14 mencapai kesepakatan yang menyatakan bahwa UEFA dan FIFA akan memberikan kompensasi kepada klub-klub yang pemainnya terpilih dalam skuat yang mengikuti Piala Eropa atau Piala Dunia FIFA serta bagi kecederaan yang dialami pemain setelah kejuaraan tersebut. Sebagai gantinya, G-14 dibubarkan pada tanggal tersebut juga.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Anggota pendiri, 2000
Anggota baru, 2002

Pranala luar[sunting | sunting sumber]