Götheborg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Replika Götheborg di Oslo, tahun 2005
Replika di Tanjung Priok, tahun 2006

Götheborg adalah sebuah kapal layar Swedia milik Svenska Ostindiska Companiet (Serikat Hindia Timur Swedia; SOIC). Kapal ini dibangun di galangan Terra Nova pada tahun 1738 dan karam tepat di pintu pelabuhan Göteborg, Swedia, pada September 12 September 1745. Kapal ini digunakan untuk berlayar dari Swedia ke Tiongkok dan dalam perjalanannya selalu singgah di Batavia untuk mengisi logistik dan menunggu arah angin yang diperlukan untuk melanjutkan perjalanan.

Meskipun karam, namun semua awak kapal tersebut selamat. Sisa-sisa kapal akhirnya ditemukan pada tahun 1985.

Replika[sunting | sunting sumber]

Setelah ditemukan, muncul ide untuk membangun replika kapal tersebut. Pembangunan dimulai pada 11 Juni 1995 dan menggunakan bahan semirip mungkin dengan yang aslinya. Replika dengan skala 1:1 tersebut memulai pelayaran percobaan pada tanggal 18 April 2005.

Kapal tersebut berangkat dari kota Göteborg untuk misi keliling dunia sejak tahun 2005 dan kembali ke Göteborg pada tanggal 2007-06-09, setelah mengunjungi pelabuhan Cadiz (Spanyol), Recife (Brasil), Port Elizabeth (Afrika Selatan), Fremantle (Australia), Tanjung Priok (Indonesia) dan Guangdong (Tiongkok) lalu kembali melalui Singapura, Terusan Suez dan tiba kembali di Göteborg. Rute pelayaran kapal replika ini agak berbeda dari kapal asli.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]