Gérard Latortue

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gerard Latortue (lahir 19 Juni 1934) di Gonaives) adalah Perdana Menteri Haiti saat ini. Ia pernah menjadi seorang pejabat di PBB selama bertahun-tahun dan pernah untuk waktu singkat menjadi menteri luar negeri Haiti selama masa pemerintahan Leslie Manigat yang berumur pendek (1988).

Pada Februari 2004, Haiti mengalami kudeta, yang mengakibatkan disingkirkannya Jean-Bertrand Aristide sebagai penguasa, hingga kemudian hidup di pembuangan. Setelah itu, Latortue ditunjuk sebagai kepala pemerintahan sementara pada 9 Maret 2004 sementara ia masih tinggal di Amerika Serikat. Ia dilantik pada 12 Maret 2004.

Namun, pemerintahan Latortue tidak mendapatkan pengakuan dari sejumlah negara asing, termasuk pemerintah Jamaika dan St. Kitts dan Nevis, maupun dari Uni Afrika. Lebih jauh, pemerintahannya dilanda oleh oposisi dari kelompok-kelompok hak-hak asasi manusia internasional dan partai politik Fanmi Lavalas; larinya modal asing dan sumber daya manusia yang terus-menerus terjadi (khususnya oleh elit ekonomi negara itu, yang, melalui Kelompok 184, telah gigih mendukung kudeta terhadap Aristide dan telah memberikan sumbangan yang besar berupa personalia bagi pemerintahan penggantinya); dan kekerasan oleh dan di antara geng, kaum pemberontak, dan militan (khususnya di Port-au-Prince dan wilayah metropolitannya), banyak di antaranya adalah bekas anggota Angkatan Bersenjata Haiti (dibubarkan oleh Aristide) dan FRAPH atau yang didukung oleh Fanmi Lavalas.


Didahului oleh:
Yvon Neptune
Perdana Menteri Haiti
9 Maret 200417 Mei 2006
Diteruskan oleh:
Jacques-Edouard Alexis